Comscore Tracker

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh Kreativitasmu

Perlu ditinggalkan sekarang juga!

Sekalipun kamu gak bergerak di bidang kreatif, kamu pasti sadar betapa pentingnya daya kreativitas di zaman sekarang ini. Kreativitas sangat dibutuhkan dan dihargai untuk berinovasi di bidang apa pun.

Kalau kamu berpikir kamu bukan orang yang kreatif, kamu salah besar. Tiap orang punya potensi kreativitas, kok. Tinggal bagaimana kamu mau mengasah dan melatihnya.

Selain jarang diasah, ada beberapa sikap dan pola pikir yang bisa membunuh kreativitasmu tanpa disadari. Segera tinggalkan kalau kamu menemukan satu atau beberapa sikap dan pola pikir di bawah ini pada dirimu sendiri.

1. Mendambakan kesempurnaan

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuFreepik/freepik

Mengharapkan kesempurnaan hanya akan membuat kreativitasmu jadi mandek. Belum-belum, kamu sudah menghakimi ide-idemu sendiri. Kamu terus berkutat pada satu hal dan gak berhenti sampai ia jadi sempurna. Kamu juga takut melakukan sesuatu yang bisa mencederai karyamu. Padahal, kreativitas membutuhkan kebebasan berpikir. Sikap perfeksionis hanya akan membuatnya terhambat.

2. Takut gagal

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuFreepik/yanalya

Keberanianmu untuk mengejar ide-ide besar sudah kalau duluan oleh rasa takutmu akan kegagalan. Rasa takut ini akan menahanmu dari menelurkan ide-ide luar biasa. Kamu dibuat ragu oleh risiko-risiko besar yang mengikuti. Menjadi kreatif harus berani mengambil risiko dan kesempatan. Kamu perlu lebih pede dan berani dari rasa takutmu.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Kreativitas Anak sebelum Terlambat

3. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuFreepik/teksomolika

Ketika kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tanpa kamu sadari kamu membutakan dirimu sendiri dari hal-hal yang membuatmu unik. Kamu dibuat mengejar standar kreativitas orang lain dibandingkan milikmu sendiri. Tiap orang punya keunikannya masing-masing. Fokuslah pada kreativitasmu sendiri dan jadikan keunikan orang lain sebagai inspirasi.

4. Gak meluangkan waktu untuk mencari inspirasi

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuUnsplash/maltewingen

Kesibukan berlebihan membuatmu gak punya waktu untuk mengisi energi dan mencari inspirasi. Setiap detik hidupmu terkuras oleh kesibukan dan stres yang datang darinya. Kamu gak sempat membiarkan pikiranmu bebas untuk mengasah kreativitas dan berpikir secara inovatif. Hal ini akan membuat daya kreativitasmu terhambat.

Selalu sempatkan waktu untuk sekadar mendengarkan lagu, membaca buku, dan lain-lain.

5. Berpikir kalau kamu orangnya gak kreatif

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuFreepik/freepik

Pernahkah kamu menahan diri tidak melakukan sesuatu yang kreatif karena kamu pikir kamu bukan orang yang kreatif? Ini bisa jadi pembunuh kreativitas nomor satu, lho. Berpikir kalau kamu gak kreatif membuatmu gak mau mencoba berpikir kreatif sama sekali. Padahal, tiap orang punya potensi kreativitasnya masing-masing, termasuk kamu.

Menjadi kreatif adalah pilihan, apakah kamu mau menggunakan dan mengasahnya atau tidak.

6. Berpuas diri

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuUnsplash/Warren Wong

Merasa puas oleh karya kerja sendiri memang penting, tapi cepat berpuas diri sudah masuk perkara lain. Kamu gak ada dorongan untuk melakukan sesuatu yang lebih atau mencoba sesuatu yang baru. Jadinya kamu stuck ke hal-hal itu saja. Alhasil, kamu gak memberi ruang bagi daya kreativitasmu. Jangan kaget kalau kamu jadi sulit berinovasi.

7. Bersikap pesimis

7 Sikap dan Pola Pikir yang Bisa Membunuh KreativitasmuFreepik/freepik

Orang pesimis cenderung ‘jatuh’ lebih parah kalau ada yang salah. Kebiasaannya untuk menyalahkan diri sendiri membuat mereka enggan mencoba lagi dan mencari amannya saja lain kali. Sikap ini membuatmu gak sadar benar akan potensi dirimu sendiri. Kamu juga gak akan berkembang dengan cara ini, termasuk daya kreativitasmu.

Kalau kamu menemukan satu atau beberapa sikap dan pola pikir di atas pada dirimu sendiri, segera tinggalkan! Kamu tentu gak mau daya kreativitasmu menurun atau malah gak menggunakannya sama sekali. Terus asah dan latih daya kreativitasmu. Gunakan untuk hal-hal positif dan perkembangan diri.

Baca Juga: 9 Hal ini Bikin Kamu Banjir Ide Kreatif, Bukan Sekadar Sok Tahu

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya