Comscore Tracker

Jangan Lepas Kendali, Lakukan 5 Cara Ini Saat Emosimu Meledak-ledak

#GoodLife Karena kamu masih bisa berpikir logis saat emosi!

Ketika sedang emosi, terkadang akal sehat kita hilang sesaat. Namun jika kita sering berlatih, kita pasti masih bisa menahan emosi dan berpikir jernih dalam keadaan marah sekalipun. Saat emosimu tak tertahankan, cobalah lakukan 5 hal di bawah ini agar amarahmu reda!

1. Saat kamu emosi tak tertahankan cobalah tersenyum lebar

Jangan Lepas Kendali, Lakukan 5 Cara Ini Saat Emosimu Meledak-ledakPexels/ Đàm Quân

Saat marah dan pikiranmu kusut cobalah tersenyum lebar karena dengan tersenyum amarahmu akan sedikit mereda. Lakukan hal ini saat kamu tengah emosi dan akal sehatmu hampir hilang karena tersenyum mampu membuat perasaanmu lebih baik.

2. Ambil nafas panjang dan buat tubuhmu rileks

Jangan Lepas Kendali, Lakukan 5 Cara Ini Saat Emosimu Meledak-ledakPexels/Catherine

Kamu juga bisa ambil nafas panjang dan tahan sejenak agar emosimu stabil. Dengan teknik ini biasanya emosi akan mengendur dan amarah pun akan mereda.

3. Carilah tempat yang tenang agar kamu bisa sedikit berpikir jernih

Jangan Lepas Kendali, Lakukan 5 Cara Ini Saat Emosimu Meledak-ledakPexels/Olexandr

Bila amarahmu meledak-ledak cobalah kamu mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Biasanya dengan begitu hatimu akan merasa lebih baik dan kekesalan pun reda. Nah, lakukan hal ini saat kamu tak mampu membendung emosimu ya!

4. Saat sedang marah dalam keadaan berdiri maka cobalah duduk dan saat marah dalam keadaan duduk cobalah sejenak berbaring

Jangan Lepas Kendali, Lakukan 5 Cara Ini Saat Emosimu Meledak-ledakPexels/Austin Guevara

Saat amarahmu meronta minta dilepaskan, cobalah tetap tenang. Bila kamu marah dalam keadaan berdiri cobalah untuk duduk dan bila kamu marah dalam keadaan duduk cobalah berbaring. Dengan begitu kamu akan jauh lebih tenang dan amarahmu mereda.

5. Bila emosimu masih tak bisa tertahankan juga cobalah untuk mencuci muka

Jangan Lepas Kendali, Lakukan 5 Cara Ini Saat Emosimu Meledak-ledakPexels/Pixabay

Nah, kamu juga bisa mencuci muka atau berwudu saat amarahmu memuncak. Marah berasal dari api sehingga dengan membasuh air amarahmu akan mereda dan kamu akan tenang, karena api akan kalah bila melawan air. Jangan biarkan amarah menguasai dirimu dan tetaplah tenang karena marah hanya akan menyulitkan dirimu

Baca Juga: Salut Banget, 5 Zodiak Ini Paling Sabar dan Pandai Mengatur Emosi

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You