Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!

Nah lho!

Self-harm atau kebiasaan menyakiti diri-sendiri bisa saja selama ini kita lakukan hanya saja seringnya kita tak menyadari dan menganggap remeh. Bahkan sebagian dari kita menyangka bahwa hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan takkan berdampak apa-apa pada kehidupan kita, padahal nyatanya tak seperti itu. Berikut 5 kebiasaan kurang baik yang tergolong self-harm, apa saja ya kira-kira?

1. Boros

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!Pexels/Bruce Mars

Seringkali kita menganggap bila boros bukanlah suatu masalah dan seringnya kita menganggap ini suatu hal remeh. Padahal boros juga termasuk self-harm karena ujung-ujungnya kamu merasa tersiksa dan sengsara menunggu waktu gajian yang lama.

Bahkan boros bisa membuatmu menyusahkan orang lain contohnya orang tua yaitu tetap meminta uang kepada mereka padahal kamu sudah bekerja. So, hilangkan kebiasaan satu ini ya karena kamu sendiri yang rugi.

2. Memisahkan diri dari kehidupan sosial

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!Pexels/Dương Nhân

Manusia merupakan mahluk sosial yang tentu setiap hari membutuhkan komunikasi dengan orang lain. Saat kamu memutuskan untuk memisahkan diri dari kehidupan sosialmu sebenarnya kamu telah melakukan self-harm karena tak ada satupun orang yang sanggup hidup sendiri tanpa orang lain.

Meski kamu merupakan orang yang introvert dan kadang tak nyaman dengan orang yang baru kamu kenal bukan berarti kamu bisa mengisolasi dirimu sendiri.

3. Selalu mendahulukan orang lain

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!Pexels/Rawpixel

Meski seringnya sikap ini adalah hal yang biasa namun pada kenyataannya tetap saja masuk kategori self-harm karena kadang selalu mendahulukan orang lain itu akan merugikan diri-sendiri.

Sama sekali gak salah kok kalau kamu sesekali mementingkan dirimu sendiri atau egois karena toh kamu sendiri juga yang menjalani hidup bukan orang lain. Justru sesuatu yang salah bila kamu selalu mementingkan urusan orang lain di kala kamu membutuhkannya untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: Jadi Diri Sendiri? 5 Hal Baik Ini Akan Kamu Dapatkan

4. Membiarkan orang-orang toxic berada di sekitarmu

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!Pexels/marlene lepanen

Kebiasaan yang masuk kategori self-harm lainnya adalah kamu selalu membiarkan orang-orang toxic masuk ke kehidupanmu. Padahal orang-orang toxic pada hakikatnya selalu merugikanmu karena dia selalu memberikan pandangan negatif akan hidupmu.

Padahal kamu harus menikmati hidup dengan bahagia, kalau kamu terus membiarkan mereka berada di sekitarmu tentu kamu takkan merasa tenang. Tinggalkan saja teman-teman toxic mu untuk kepentinganmu sendiri.

5. Selalu tenggelam dalam emosi

Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!Pexels/Artem Bali

Terakhir kebiasaan remeh yang masuk dalam kategori self-harm adalah kamu selalu saja tenggelam dalam emosi. Sesekali sih boleh tetapi bila terus-menerus mendrama dan tenggelam dalam emosi kan hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

Bisa saja kamu bahagia ketika menjalani hidup tanpa emosi yang berlebihan. Tetapi bila kamu terus-menerus membiarkan dirimu dalam emosi tentunya kamu hanya menyakiti perasanmu saja.

Nah hentikan kebiasaan di atas ya!

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Menghadapi Pergantian Tahun

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You