Comscore Tracker

5 Alasan Logis Pentingnya Menjadi Sosok Pendengar yang Baik!

Semuanya demi kebaikan dirimu sendiri kok!

Pada dasarnya kebanyakan manusia dilahirkan egois. Mereka lebih suka didengarkan daripada mendengarkan. Padahal, dengan berusaha menjadi seorang pendengar yang baik, kamu akan mendapatkan banyak manfaat.

Percaya deh, gak cuma disukai banyak orang kamu juga bakal mendapat segudang manfaat untuk pengembangan karaktermu. Berikut 5 alasan logisnya, kamu sama sekali gak akan rugi menjadi sosok yang mau mendengarkan!

1. Kamu akan menjadi sosok yang kritis

5 Alasan Logis Pentingnya Menjadi Sosok Pendengar yang Baik!Pexels.com/Andrew

Mau mendengarkan orang lain akan membuatmu menjadi sosok yang berpikir kritis. Kamu pun sadar jika sesuatu yang kamu anggap benar belum tentu orang lain setuju. Dengan begitu kamu akan menjadi sosok yang lebih bijak dalam menghadapi perkara apa pun karena kamu menjadi sosok pendengar yang baik.

2. Lebih dipercaya

5 Alasan Logis Pentingnya Menjadi Sosok Pendengar yang Baik!Pexels.com/Andrea

Mau mendengarkan saat orang lain berbicara akan memberikan dampak yang positif untuk dirimu sendiri. Salah satunya adalah kamu akan lebih mudah dipercaya oleh lawan bicaramu karena kamu tidak menunjukkan sisi egoismu dan lebih menghargai orang lain. Seringkali kepercayaan lawan bicara adalah hal yang sangat penting lho terlebih lawan bicaramu ini adalah atasanmu.

3. Kemampuan empati lebih besar

5 Alasan Logis Pentingnya Menjadi Sosok Pendengar yang Baik!Pexels.com/Andrea

Empati pada dasarnya dimiliki setiap manusia namun semua itu perlu diasah. Dengan kamu mau menjadi pendengar yang baik tentu empati yang ada dalam dirimu akan pelan-pelan terasah. Kamu pun kini menjadi sosok yang lebih peduli pada orang lain dan lebih peka karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.

Baca Juga: Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!

4. Relasi menjadi banyak

5 Alasan Logis Pentingnya Menjadi Sosok Pendengar yang Baik!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Menjadi pendengar yang baik memang banyak manfaatnya, salah satunya adalah relasimu menjadi lebih luas. Siapa tahu di masa depan kamu membutuhkan relasi yang akan membantu masalahmu. Selain itu, dengan banyak bergaul kamu akan banyak belajar karakter setiap orang yang berbeda-beda. Gak ada ruginya kok!

5. Lebih mudah ambil keputusan terbaik

5 Alasan Logis Pentingnya Menjadi Sosok Pendengar yang Baik!Pexels.com/Andrea

Tentunya dengan menjadi sosok pendengar kamu akan lebih mudah mengambil keputusan yang terbaik dalam hidupmu. Hal ini karena kamu akan berpikir dahulu sebelum berucap dan memikirkan dengan bijak apa keputusan yang harus kamu pilih untuk masa depanmu sendiri.

Karena mau mendengarkan sama sekali bukan hal yang buruk. Justru kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang tak terduga dan semuanya untuk kebaikanmu sendiri.

Baca Juga: 5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya