Comscore Tracker

Jaga Privasi, 5 Hal Ini Tak Perlu Kamu Tanyakan Saat Baru Kenal!

Hargai privasi orang yang baru saja kamu kenal

Berkenalan dengan orang baru merupakan hal yang menyenangkan. Namun, alangkah baiknya jika kamu tidak bertanya hal-hal yang dianggap privasi olehnya.

Hal ini karena beberapa orang merasa tak nyaman atau sungkan jika ditanyai beberapa hal yang sangat menyangkut tentang dirinya. Berikut lima hal yang sebaiknya tidak kamu tanyakan pada orang yang baru kamu kenal. Apa saja?

1. Status menikah

Jaga Privasi, 5 Hal Ini Tak Perlu Kamu Tanyakan Saat Baru Kenal!ilustrasi menikah (pexels.com/Emma Bauso)

Banyak yang menganggap menanyakan status pernikahan pada orang lain merupakan hal yang lumrah. Padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang sensitif dan tidak bisa ditanyakan sembarangan

Bisa jadi lawan bicaramu merasa tersinggung atau tak nyaman saat kamu bertanya soal status pernikahannya. Baiknya kamu tanyakan saat sudah dekat dengan lawan bicara. Jika tidak, kamu hanya akan membuat lawan bicaramu menjauh terlebih kalian baru saja kenal.

2. Usia

Jaga Privasi, 5 Hal Ini Tak Perlu Kamu Tanyakan Saat Baru Kenal!ilustrasi usia 20 tahun (pexels.com/APHOTOX)

Usia merupakan hal yang krusial dan tidak semua orang mau berbagi. Bahkan beberapa orang merasa usia merupakan sebuah privasi dan tidak sembarangan orang bisa tahu.

Jika kamu baru berkenalan dengan seseorang, jangan menanyakan usianya dahulu sebelum mereka memang sudah nyaman dan sama-sama mengenalmu. Sebab, semakin bertambah usia biasanya mereka akan merasa malu untuk mengungkapkan. Entah karena takut dianggap terlalu tua atau alasan-alasan lainnya.

Baca Juga: 5 Sisi Tersembunyi Seorang Ekstrovert, Yakin Sudah Kenal?

3. Pekerjaan dan uang

Jaga Privasi, 5 Hal Ini Tak Perlu Kamu Tanyakan Saat Baru Kenal!ilustrasi uang (pexels.com/cottonbro)

Di masa pandemik ini, tampaknya semakin banyak pengangguran merajalela di Indonesia. Bahkan dengan menanyakan tentang pekerjaan dan pendapatan, mereka bisa saja tersinggung, apalagi jika hal itu ditanyakan oleh orang baru.

Oleh karena itu, baiknya kamu tak perlu bertanya soal ini apalagi baru sebatas jadi kenalan. Sebab, mungkin beberapa orang akan merasa tak nyaman apalagi statusnya masih menganggur atau tak punya pekerjaan.

4. Agama

Jaga Privasi, 5 Hal Ini Tak Perlu Kamu Tanyakan Saat Baru Kenal!ilustrasi beribadah (pexels.com/Thirdman)

Agama merupakan hal yang juga sensitif. Jika kamu baru kenal dengan seseorang, tak perlu kamu menanyakan apa agama yang lawan bicaramu anut. Kalaupun kamu ingin tahu, cukup mencari tahu dari penampilan dan gaya lawan bicaramu saja.

Ini karena agama merupakan hal privasi dan semua orang bebas memeluk agama atau memiliki kepercayaan apa pun. Bukan tidak mau memberi tahu, tapi bagi sebagian orang agama bukanlah hal penting yang harus diketahui orang lain. Toh, jika berbeda pun bukan masalah bagi mereka untuk tetap berkomunikasi dan menjalin pertemanan.

5. Keluarga

Jaga Privasi, 5 Hal Ini Tak Perlu Kamu Tanyakan Saat Baru Kenal!ilustrasi keluarga bahagia (pexels.com/Emma Bauso)

Ternyata keluarga merupakan sebuah privasi yang tidak semua orang harus tahu. Oleh sebab itu, jika kamu baru kenal dengan seseorang tak perlu menanyakan padanya tentang keluarganya, entah itu berapa anak yang dimilikinya atau apa pekerjaan orang tuanya.

Cukuplah kamu hargai privasinya dan tanya hal-hal yang umum saja. Sebab, seiring berjalannya waktu jika kamu sudah dekat pastinya lawan bicaramu akan lebih nyaman dan terbuka padamu.

Kelima hal tadi bisa dipandang buruk oleh lawan bicara yang baru saja mengenalmu. Baginya, hal-hal yang sifatnya privasi tidak seharusnya ditanyakan secara detail hanya untuk bisa saling mengenal satu sama lain.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Berkenalan dengan Cewek yang Belum Dikenal

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya