Comscore Tracker

Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!

Jangan terbawa emosi!

Copycat atau kebiasaan suka meniru seseorang memang kerap menyebalkan. Apalagi bila seorang copycat merupakan temanmu sendiri.

Memang sih copycat tidak melakukan suatu kejahatan seperti mencuri misalnya. Namun tingkahnya pasti membuat gerah karena dia ingin selalu tampak 'sama' denganmu padahal kamu tentunya sesekali ingin tampak beda dari yang lain.

Meski menyebalkan jangan terbawa emosi dan lakukan 5 hal berikut ini ya!

1. Pastikan kalau dia memang seorang copycat

Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!Pexels/Adrien

Hanya karena dia pernah meniru dirimu bukan berarti kamu seketika itu juga langsung men-judge-nya copycat. Pastikan dulu kalau dia memang sering meniru dirimu baik dari segi kebiasaan, perilaku bahkan style. Kalau memang dia betulan ingin terlihat sama denganmu dari segala aspek itu tandanya dia memang seorang copycat.

2. Cobalah mengabaikan

Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!Pexels/Tirachard Kumtanom

Siapa sih yang gak sebal saat ada seseorang yang selalu ikut-ikutan? Bahkan tanpa kamu sadari dia pun membeli baju yang persis sama dengan yang kamu punya misalnya. Namun jangan langsung emosi dan cobalah mengabaikan. Mungkin positifnya dia memang menjadikanmu role model dan mengagumi semua yang ada pada dirimu.

Yah, meniru bukanlah sebuah kejahatan dan pelakunya harus masuk penjara kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Bersama Teman Saat Libur Semester

3. Jangan memberi banyak informasi padanya

Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!Pexels/Rawpixel

Kalau sudah begini ada baiknya gak usah terlalu terbuka pada temanmu yang seorang copycat itu. Sesekali bersikaplah tertutup agar dia tak menirumu terus.

Kalau kamu sedang bergabung dengan komunitas fotografer misalnya lebih baik tak usah diceritakan padanya. Begitu pun jika kamu sedang ikut program diet dan gym di suatu tempat ada baiknya kamu gak usah cerita padanya karena dia kemungkinan besar akan mengekormu lagi.

4. Eksplorasi diri jangan terpaku padanya

Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!Pexels/Liam Anderson

Jangan buang-buang waktu untuk mengurusi dirinya. Lebih baik kamu eksplorasi diri dan cari hal-hal yang menyenangkan dan belum sempat kamu tahu.

Kalau kamu hobi menulis mungkin sudah saatnya untuk menuangkan tulisanmu menjadi suatu karya. Begitu pula jika kamu memiliki hobi memasak misalnya jangan ragu untuk meningkatkan kemampuanmu atau mengikuti suatu komunitas para chef agar kemampuanmu makin terasah.

5. Jauhi kalau memang perlu

Lakukan 5 Cara Elegan Ini untuk Hadapi Temanmu yang Suka Copycat!Pexels/Karyme

Cara terakhir hanya boleh kamu lakukan saat kamu sudah tak sanggup lagi berteman dengannya. Jangan dipaksakan kalau memang kamu merasa gerah dengan tingkahnya karena menjauh lebih baik daripada kamu harus berpura-pura bersikap baik dan seolah tidak ada apa-apa. Terkadang memang tak selamanya kamu mendapatkan teman yang membuatmu nyaman bukan?

Jadi, kamu lagi bingung bagaimana cara menghadapi teman yang suka copycat? Kamu bisa mencoba cara di atas.

Baca Juga: Jangan Asal Main Blokir, Ini 6 Hal Baik Saat Teman Sosmed Suka Nyinyir

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You