Comscore Tracker

5 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Kamar Kosmu Gak Pengap dan Gelap!

Biar kamu betah!

Ketika kita memutuskan untuk merantau dengan tujuan kuliah atau kerja tentunya kita perlu menyewa kamar kos untuk istirahat. Kamar kosan bisa dibilang merupakan second home kita karena di tempat itu kita isirahat dan melindungi diri dari panas dan hujan. Namun seringkali kamar kos kita selalu tampak gelap dan pengap yang akhirnya membuat tak betah. Jangan biarkan kamar kosmu menjadi pengap dan ikuti 5 tips berikut ini, yuk simak!

1. Pakai perabot serba putih agar kamar kosmu lebih terang

5 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Kamar Kosmu Gak Pengap dan Gelap!Pexels/Burst

Percaya atau tidak warna putih sebenarnya merupakan pantulan semua warna oleh sebab itu ketika melihat warna putih kita akan merasa lebih bercahaya dan terang. Oleh sebab itu ada baiknya gunakan semua perabotan dengan warna putih agar kamar kosmu bisa lebih terang dan bebas pengap. Warna putih pun akan membuatmu merasa rileks dan nyaman.

2. Simpan cermin besar agar memberikan cahaya

5 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Kamar Kosmu Gak Pengap dan Gelap!Pexels/Pixabay

Jika masih ada space kosong maka tak ada salahnya untuk meletakan cermin besar di kamarmu. Hal ini bertujuan agar kamarmu lebih bercahaya dan terang sehingga tidak ada kesan gelap lagi. Namun pastikan bila di kamarmu tidak terlalu banyak barang karena hanya akan membuatnya semakin sempit bila kamu menambahkan cermin di dalamnya.

Baca Juga: 7 DIY Simple untuk Kamar Kos, Cuma Modal Bohlam Bekas Sampai Kardus

3. Ganti gorden dengan yang tipis

5 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Kamar Kosmu Gak Pengap dan Gelap!Pexels/Inga

Salah satu alasan kenapa kamar kosmu terasa gelap dan pengap adalah karena kamu memasang gorden yang tebal sehingga cahaya matahari hanya masuk sedikit saja. Oleh sebab itu ganti saja gordenmu dengan yang tipis atau tidak gunakan gorden sama sekali. Jika kamu memutuskan tidak menggunakan gorden maka gantilah kaca jendelamu agar tidak terlihat tembus pandang dari luar.

4. Pakai walpaper dinding namun jangan terlalu ramai

5 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Kamar Kosmu Gak Pengap dan Gelap!Pexels/Inga

Hanya karena kamu ingin kamar terlihat lebih cerah bukan berarti kamu mengecat dinding dengan warna putih saja tanpa adanya wallpaper. Hiasi dindingmu dengan wallpaper agar terlihat lebih cerah dan tidak membosankan. Hanya pastikan wallpaper yang kamu pasang tidak terlalu ramai agar kamu tetap merasa betah dalam kamar.

5. Simpan tanaman dalam kamar

5 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Kamar Kosmu Gak Pengap dan Gelap!Pexels/daria shetsova

Dengan meletakan tanaman dalam kamar maka sirkulasi udaramu bisa berjalan dengan baik apalagi bila tanaman yang kamu letakkan dalam kamar adalah tanaman antipolutan. Tanaman akan membuat kamarmu terlihat lebih cerah berkat warna hijau yang dihadirkan. Namun pastikan untuk menyimpannya dekat jendela kamar ya agar tetap tersinari oleh matahari karena tanaman butuh proses fotosintesis agar tetap makan.

Yuk dibikin betah!

Baca Juga: 8 DIY Hiasan Ruangan Berbentuk Kaktus, Bikin Kamar Kos Estetis Nih!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You