Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Puasa Kamu Makin Sempurna

Puasanya maksimalkan yuk!

Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari, segenap umat muslim tengah mempersiapkan segalanya guna menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Seyogyanya, puasa di sambut antusias oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Puasa ialah ibadah yang bersifat rahasia antara makhluk dan Sang Pencipta, baiknya berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan suci ini. Namun ada hal-hal yang harus kita perhatikan guna puasa kita sempurna dan menjadi puasanya golongan orang-orang solihin, tentunya bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar. Apa saja?

1. Menundukkan mata dari hal-hal yang tercela menurut agama

5 Hal yang Membuat Puasa Kamu Makin Sempurnainstagram.com/kisahhijrahid

Di era modernisasi ini tentunya menundukkan mata hal yang sulit, begitu banyak poto wanita cantik nan seksi di berbagai sosial media. Namun, ketika kamu mampu menundukkan pandangan akan menjadi nilai plus bagi puasamu. Tidak mau kan puasanya sia-sia?

2. Memelihara lisan dari ghibah, dusta, adu-domba, dan sumpah palsu

5 Hal yang Membuat Puasa Kamu Makin Sempurnainstagram.com/zahra0212_

Kadangkala puasa pun memang tidak menjadi penghalang bagi kita membicarakan orang lain, seyogyanya agar ibadah puasa kita sempurna jangan melakukan hal-hal yang mengurangi pahala puasa kamu. Jaga selalu lisan kamu ya saat puasa nanti!

Baca Juga: 7 Menu Utama Berbuka Puasa Khas Negara Arab, Nikmatnya Menggoda Iman!

3. Memelihara telinga dari hal-hal yang dibenci oleh agama

5 Hal yang Membuat Puasa Kamu Makin Sempurnainstagram.com/welsisti

Dari berbagai sudut setan menggoda manusia, namun sebagai seorang yang berpuasa tentu harus bisa melawan godaan tersebut dari jalan manapun datangnya. Telinga kamu lebih baik mendengarkan sholawat, lantunan ayat suci Al-Qur'an dsb.

4. Memelihara tubuh dari hal-hal yang dibenci agama

5 Hal yang Membuat Puasa Kamu Makin SempurnaIlustrasi salat Tarawih. IDN Times/Prayugo Utomo

Makna berpuasa tentu bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar, lebih dari itu kamu harus menjaga syahwat dan hawa nafsu. Bagi yang sudah berumahtangga, tentunya tidak diperbolehkan behubungan intim sebelum waktu berbuka puasa.

5. Tidak berbuka puasa secara berlebihan

5 Hal yang Membuat Puasa Kamu Makin Sempurnayoutube.com/GONGSAM TABLE 이공삼

Nah, berbuka puasa adalah hal yang di tunggu-tunggu. Serba-serbi makanan kamu persiapkan guna menyambut berbuka ketika adzan Maghrib berkumandang. Namun puasa yang baik tentu harus bisa menjaga asupan makanan ketika berbuka juga, jangan berlebihan serba di makan hingga perut kekenyangan, hal tersebut dapat mengurangi pahala puasa kamu juga lho. Hindari makan berlebihan saat berbuka, ya!

Bagaimana sudah siap menyambut bulan suci Ramadan? Yuk maksimalkan ibadah puasa nya dengan melakukan hal-hal positif dan hindari juga semua hal yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa kita berkurang.

Selamat berpuasa!

Baca Juga: 5 Tips Tetap Semangat Beribadah di Bulan Ramadan Meski Sedang Haid

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

سم الله الرحمن الرحيم

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya