Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup dari Lagu "That's Life" Karya Frank Sinatra

Sarana introspeksi diri sekaligus pemberi semangat hidup

Siapa yang tidak kenal Frank Sinatra? Lagunya yang berjudul "Fly Me to the Moon" akhir-akhir ini telah sukses memikat telinga para generasi millenial dan generasi Z lewat cover yang dibawakan di dalam serial Netflix berjudul Squid Game.

Frank Sinatra adalah salah seorang musisi ternama di abad ke-20. Ia sukses membawakan lagu-lagunya hingga siapa pun dan kapan pun karyanya dapat dinikmati. Karena di setiap karyanya, kita selalu dapat memetik sesuatu yang berharga di dalamnya.

Salah satu lagu Frank Sinatra yang berjudul "That's Life" memiliki makna dan filosofi tentang kehidupan. Liriknya bisa memberi inspirasi dan motivasi, serta bisa menyadarkan kita tentang arti kehidupan. Berikut lima pelajaran hidup yang bisa kita petik dari lagunya tersebut.

1. Ada momen kehidupan berada di atas maupun di bawah, hal itu wajar karena 'begitulah hidup'

https://www.youtube.com/embed/TnlPtaPxXfc

That's life (That's life), that's what all the people say
You're riding high in April, shot down in May
But I know I'm gonna change that tune
When I'm back on top, back on top in June

Di awal pembuka lagu, Frank Sinatra menegaskan sebuah kalimat, yaitu "that's life" yang berarti 'begitulah hidup'. Kalimat yang diucapkan oleh banyak orang tersebut ternyata bukan hanya sekadar kalimat kosong tanpa makna, melainkan sebuah dasar filosofi kehidupan.

Dalam kehidupan, terkadang kita menemukan karir atau momen berada di atas. Sedangkan di lain waktu, kita berada di bawah. Hal ini merupakan wajar karena begitulah hidup. 

Dari sana kita bisa belajar untuk mengintrospeksi diri, menerima perspektif baru, belajar bersyukur dan bangkit kembali. Kita perlu terbiasa dengan hal itu, karena itulah normalnya kehidupan, baik bagi Frank Sinatra maupun kita.

2. Jangan jadikan cemoohan orang lain sebagai alasan untuk kita jatuh dan putus asa

5 Pelajaran Hidup dari Lagu That's Life Karya Frank Sinatrailustrasi putus asa (unsplash.com/Jackson Simmer)

Some people get their kicks stompin' on a dream
But I don't let it, let it get me down
'cause this fine old world, it keeps spinnin' around

Dari lirik ini, Frank Sinatra hendak menyampaikan bahwa, terkadang kita menemukan orang-orang yang berusaha menjatuhkan dan mencemooh ketika kita sedang berada di bawah. Tapi hendaklah kita tidak memasukkan hal-hal negatif tersebut ke dalam hati dan pikiran, karena sejatinya perasaan kita adalah tanggung jawab diri sendiri.

Seperti halnya yang dikatakan oleh Mahatma Gandhi, "Mereka tidak dapat merenggut harga diri kita jika kita tidak memberikannya kepada mereka." Oleh karena itu, kita berhak dan mampu untuk tidak menerima cemoohan mereka tersebut ke dalam diri kita, mampu untuk tidak putus asa atas perkataan orang lain. Walau bagaimana pun, dunia ini tetap berputar, ada saatnya kita perlu belajar dari hal-hal buruk, karena begitulah hidup.

3. Teruslah mencoba hal baru dan tetap bangkit di kala kita terjatuh

5 Pelajaran Hidup dari Lagu That's Life Karya Frank Sinatrailustrasi bangkit (unsplash.com/Alex Radelich)

I've been a puppet, a pauper, a pirate, a poet, a pawn and a king
I've been up and down and over and out and I know one thing
Each time I find myself flat on my face
I pick myself up and get back in the race

Di bagian chorus ini, Frank Sinatra berpesan bahwa dalam mencari jati diri, terkadang kita perlu untuk mencoba hal baru, keluar dari zona nyaman, dan menemukan suatu hal yang bisa dikejar dan diperjuangkan. Ada kalanya dalam kehidupan pun kita akan menjadi 'sengsara', berada di titik terendah, tidak selalu menjadi seorang raja.

Ada kalanya ketika kita mengejar apa yang kita harapkan, tidak selalu berbuah manis. Ada saatnya kita jenuh, malas, tidak termotivasi, dijatuhkan, dan putus asa. Tetapi kita perlu ingat, apa pun yang terjadi, seberapa buruk hal tersebut, seberapa sering kita terjatuh, kita harus bangun dan berjuang mencari jalan dan solusinya. Karena begitulah hidup.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Lagu yang Bikin Kamu Paham Arti Perpisahan

4. Maksimalkan kemampuan, tapi perlu diingat, terkadang suatu hal memang perlu direlakan

5 Pelajaran Hidup dari Lagu That's Life Karya Frank Sinatrailustrasi merelakan (unsplash.com/Kristopher Roller)

I thought of quitting, baby
But my heart just ain't gonna buy it
And if I didn't think it was worth one single try
I'd jump right on a big bird and then I'd fly

Di bagian verse ini menggambarkan sosok Frank Sinatra yang berpikiran untuk berhenti. Akan tetapi secara tidak langsung, Sinatra ingin menyampaikan bahwa, jika pada suatu waktu kamu berpikir untuk menyerah dan berhenti meninggalkan apa yang sedang kamu perjuangkan dalam hidup. Maka hal yang hanya perlu kamu lakukan ialah memberi dorongan lebih atas apa yang menjadi nilai positif di dalam diri kamu dan push your limit. Tidak peduli seberapa kuat dorongan untuk menyerah. 

Akan tetapi, jika kamu terus menerus mendapati kegagalan dan terjatuh, dan kamu merasa bahwa hal tersebut tidak membuahkan hasil yang baik, segalanya terlihat suram, dan semakin hari semakin membuat kamu merasa tidak nyaman. Maka, mungkin kamu perlu untuk berhenti mengejar dan merelakannya.

Lakukanlah hal yang kamu anggap baik untuk diri kamu. Ingat, hal terpentingnya adalah bahwa kamu telah berjuang sebaik yang kamu bisa. Tetaplah teguh, jangan tutup potensi diri yang ada, ambil napas dalam-dalam, dan istirahatlah sejenak. Kumpulkan energi dan bersiap untuk terbang lagi. Karena sejatinya begitulah hidup.

5. Terkadang dalam menjalani hidup, kita perlu memiliki sisi humor terhadap diri kita sendiri

5 Pelajaran Hidup dari Lagu That's Life Karya Frank Sinatrailustrasi orang tertawa (unsplash.com/Alicia Jones)

But if there's nothin' shakin' come this here July
I'm gonna roll myself up in a big ball a-and die

Pada bagian akhir lagu ini, Frank Sinatra bukan serta merta digambarkan ingin menyerah. Melainkan ungkapan candaan dia tentang apa yang terjadi pada dirinya. Yang artinya, terkadang untuk melewati masa-masa sulit, hal sederhana yang hanya perlu kita lakukan adalah dengan menertawai dan mencandainya. Sekali lagi, karena begitulah hidup.

Kita perlu untuk memiliki sisi humor terhadap diri kita sendiri dalam menjalani kehidupan ini. Karena secara tidak langsung, dengan hal tersebut kita membangun perasaan positif di tengah perasaan negatif yang sedang kita alami. Selanjutnya, dengan perasaan positif, kita cenderung bisa lebih mudah untuk tenang dan mendapatkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Dari kelima pelajaran hidup yang bisa diambil dari lagu ini, semoga bisa menyadarkan kita akan makna kehidupan dan senantiasa mengintrospeksi diri untuk menjadi lebih baik lagi. Sekarang, yuk, dengerin lagunya dan resapi maknanya!

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Matematika, Penuh Motivasi Berharga!

Irfan Maulana Wahyudi Photo Writer Irfan Maulana Wahyudi

A future chemical engineer and astrophysicist.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya