Comscore Tracker

5 Bentuk Journaling Kreatif untuk Membantu Salurkan Pikiran

Dari jurnal harian hingga jurnal seni

Journaling diketahui memilih banyak manfaat, di antaranya dapat menurunkan tingkat stres, membantu mengingat hal penting, latihan refleksi diri hingga membantu menetapkan dan mencapai tujuan. Orang-orang menggunakan jurnal karena berbagai alasan, mulai dari pengatur rencana hingga jurnal mood.

Ada banyak cara kreatif yang berbeda untuk membuat jurnal. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Berikut adalah 5 jenis jurnal kreatif yang bisa kamu gunakan.

1. Jurnal syukur

5 Bentuk Journaling Kreatif untuk Membantu Salurkan Pikiranilustrasi jurnal syukur (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Alih-alih membuat list tentang hal yang ingin kamu lakukan di masa depan, daftarkan hal-hal yang telah terjadi yang perlu disyukuri. Ini adalah cara yang bagus untuk membiasakan diri menghargai hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup.

Saat kamu merasa sedih, membaca jurnal rasa syukur yang sudah ditulis bisa membantu memperbaiki harimu. Kamu bisa mendaftarkan 3 hingga 5 hal yang disyukuri.

Cobalah untuk menulis secara spesifik. Kamu bisa menuliskan hal-hal besar, seperti mendapatkan pekerjaan baru, atau hal-hal kecil, seperti seseorang tak dikenal yang membantumu membuka pintu minimarket.

2. Jurnal harian

5 Bentuk Journaling Kreatif untuk Membantu Salurkan Pikiranilustrasi jurnal harian (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jurnal harian atau buku harian adalah suatu catatan yang digunakan untuk menuliskan hal-hal yang direncanakan atau untuk mencatat apa yang terjadi setiap harinya. Kamu dapat menulis tentang emosi serta reaksi pada peristiwa atau keadaan tertentu, termasuk menulis tentang hubungan pribadi, keraguan, perasaan, tujuan hidup, dan aspirasi.

Jurnal tipe ini dapat kamu jadikan tempat di mana kamu dapat membicarakan hal-hal yang mungkin tidak bisa kamu bicarakan dengan orang lain. Kamu dapat mengeksplorasi beragam perasaan di jurnal pribadimu. Hal menariknya, jika kamu kelak memiliki keturunan, jurnal ini dapat dibacanya untuk mengetahui gambaran kisahmu di masa lalu.

Baca Juga: Gali Potensi, Kiat Journaling untuk Kenalan Ulang dengan Diri Sendiri

3. Jurnal seni

5 Bentuk Journaling Kreatif untuk Membantu Salurkan Pikiranilustrasi jurnal seni (instagram.com/fylpz_40)

Jurnal seni sangat bagus untuk melatih keterampilan kreatif, mengembangkan gaya pribadi, dan mengumpulkan inspirasi visual. Jurnal seni adalah tempat di mana kamu dapat merekam pikiran, perasaan, ide, dan mimpimu sambil menghidupkan kreativitas.

Kamu bebas menggunakan media apa pun yang kamu sukai. Manfaatkan berbagai pena, spidol, kertas, dan hiasan lainnya untuk mempercantik jurnal dan menggambarkan pikiranmu. Pertimbangkan untuk berlatih kaligrafi atau cobalah mencampur berbagai warna untuk menciptakan suasana hati atau perasaan yang sesuai.

4. Jurnal perjalanan

5 Bentuk Journaling Kreatif untuk Membantu Salurkan Pikiranilustrasi jurnal perjalanan (pexels.com/charan sai)

Sangat membosankan bukan jika hanya memiliki foto-foto untuk mendokumentasikan liburan? Jurnal perjalanan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjaga kenangan dengan cara yang baru. Jika kamu adalah seseorang yang menyukai traveling, jurnal jenis ini mungkin akan cocok untukmu. 

Selain memasukkan foto, kamu juga dapat menggunakan jurnal untuk menuliskan daftar item yang harus dikemas atau rencana perjalananmu. Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa kamu tambahkan ke dalam jurnal :

  • Tiket pesawat/kereta/bus;
  • Tiket konser;
  • Bunga atau daun kering khas tempat yang dikunjungi;
  • Pembungkus makanan;
  • Stiker.

5. Bullet journal

5 Bentuk Journaling Kreatif untuk Membantu Salurkan Pikiranilustrasi bullet journal (unsplash.com/Estée Janssens)

Salah satu metode jurnal yang paling populer adalah bullet journal. Jurnal jenis ini sangat fleksibel karena memungkinkanmu mengatur beberapa tujuan ke dalam sistem yang sangat terorganisir. Ini dapat digunakan sebagai buku harian, kalender, manajer tugas, refleksi pribadi dan menulis hal-hal yang tidak ingin kamu lupakan.

Bullet journal cukup populer sehingga sekarang dapat dibeli dalam bentuk yang sudah memiliki template. Namun, kamu sebaiknya membeli jurnal grid kosong dan membuat sesuatu yang unik berdasarkan tujuan yang memang kamu perlukan. Bullet journal adalah cara terbaik untuk menjaga dirimu agar tetap teratur dan dengan mudah melacak tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang dalam satu buku catatan yang nyaman. 

Kamu dapat memilih salah satu dari lima jenis jurnal di atas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jenis jurnal terbaik untuk dimiliki adalah jurnal yang mewujudkan kepribadianmu dan memungkinkanmu untuk meletakkan pena di atas kertas semudah dan sebebas mungkin.

Baca Juga: 5 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Menurut Penelitian

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya