Comscore Tracker

5 Hobi yang Wajib Kamu Miliki agar Hidup Lebih Seimbang

Sudah punya semuanya? 

Hobi adalah suatu kegiatan yang seberat apa pun itu, seseorang tetap akan melakukannya dengan senang hati tanpa terpaksa. Agar hidup lebih seimbang, hendaknya kamu memiliki hobi yang bukan sekadar untuk mengisi waktu kosong saja tetapi juga memiliki manfaat lain. 

Kamu bisa baca artikel di bawah untuk memahami tentang lima hobi yang harus kamu miliki dalam hidup. Keep scrolling

1. Hobi untuk menghasilkan uang

5 Hobi yang Wajib Kamu Miliki agar Hidup Lebih SeimbangIlustrasi hobi yang menghasilkan (unsplash.com/Dan Counsell)

Beberapa orang memilih untuk meninggalkan hobinya agar bisa bekerja dan menghasilkan uang. Mereka beranggapan bahwa hobi tidak bisa menghasilkan uang. Padahal di zaman sekarang sudah banyak jenis hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Misalnya saja seperti hobi memasak, menulis, melukis dan lain-lain. Buat kamu yang hobi menulis, kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis di IDN Times, lho. Sangat menyenangkan bukan jika bisa melakukan hobi yang dibayar? 

2. Hobi untuk mengasah kreativitas

5 Hobi yang Wajib Kamu Miliki agar Hidup Lebih SeimbangIlustrasi berkreasi (unsplash.com/russn_fckr)

Hobi kedua yang harus kamu punya adalah hobi yang memiliki manfaat untuk mengasah kreativitas mu. Hobi kreatif berhubungan dengan sesuatu untuk menghasilkan inovasi baru.

Menjalankan hobi kreatif terasa menyenangkan jika kamu memiliki minat di bidang tertentu. Hobi-hobi seperti melukis, fotografi, merajut atau desain, dapat mengembangkan sisi kreativitas mu.

Baca Juga: 5 Tips Menanam Tanaman Mulai dari Benih, Yuk Hobi Berkebun!

3. Hobi untuk menjaga kesehatan

5 Hobi yang Wajib Kamu Miliki agar Hidup Lebih SeimbangBerenang (unsplash.com/Brian Matangelo)

Lebih dari sekadar memberi kepuasan, hobi ternyata juga bisa untuk menjaga kesehatan seseorang. Hobi yang satu ini harus kamu miliki karena kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Kesehatan bukan hanya tentang fisik tetapi juga mental, dan kamu harus menjaga keduanya. 

Hobi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik seperti berenang, bersepeda dan jenis olahraga lainnya. Sementara hobi yang bisa menjaga kesehatan mental adalah memelihara hewan, fotografi dan berkebun.

4. Hobi untuk mendapatkan pengetahuan baru

5 Hobi yang Wajib Kamu Miliki agar Hidup Lebih Seimbangilustrasi menonton (unsplash.com/Alicia Quan)

Pengetahuan dapat didapatkan dimana saja dan kapan saja. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkannya dengan menjalankan hobi lho. Menjalankan hobi mampu menstimulus otak agar selalu berkembang.

Membaca, menonton, memasak menu baru adalah beberapa hobi yang bisa membantu untuk mendapatkan pengetahuan baru. 

5. Hobi yang membantu membangun mindset

5 Hobi yang Wajib Kamu Miliki agar Hidup Lebih Seimbangilustrasi belajar (unsplash.com/Avel)

Mindset adalah sebuah pola pikir yang terbentuk berdasarkan pengalaman dan diperkuat dengan keyakinan sehingga dapat mempengaruhi kebiasaan berpikir dan perilaku seseorang. Karena akan berpengaruh terhadap diri seseorang, maka sangat penting untuk bisa membangun mindset yang positif. 

Salah satu hobi yang bisa membangun mindset adalah membaca. Dengan membaca, pola pikir seseorang akan berkembang sehingga menemukan banyak ide, gagasan dan ideologi. 

Lima hobi di atas harus kamu miliki untuk mendapatkan hidup yang seimbang. Meskipun terdapat lima poin, bukan berarti kamu wajib memiliki lima hobi yang berbeda karena ada beberapa hobi yang sudah mencakup lebih dari satu poin di atas.

Misalnya saja hobi menulis. Dengan menulis di IDN Times, kamu akan menghasilkan uang, mengasah kreativitas, membangun mindset dan menambah pengetahuan baru dari hasil riset sebelum menulis. 

Baca Juga: 5 Jenis Hobi yang Gak Bakal Rugi Kalau Kamu Tekuni dan Jadikan Skill

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya