Comscore Tracker

5 Cara Kekinian Menghargai Karya Orang Lain di Era Digital

Salah satu bukti jika kamu orang yang bertanggung jawab

Perkembangan teknologi informasi tentunya membuat semua orang dapat mengakses dengan mudah beragam konten yang tersebar di internet. Hal ini juga yang membuat para pembuat konten semakin banyak dan beragam berkat kemajuan internet yang semakin cepat setiap saat.

Salah satu permasalahan yang dikeluhkan oleh para content creator adalah rendahnya apresiasi dari masyarakat yang menikmati karya mereka. Mulai dari pembajakan, cacian, hingga stigma negatif dari masyarakat kerap mereka dapatkan.

Nah, sebagai kaum millennial yang dapat memberikan contoh kepada orang lain, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan kepada yang telah bersusah payah membuat sebuah karya.

1. Memberikan saran dan kritik yang membangun

5 Cara Kekinian Menghargai Karya Orang Lain di Era DigitalPexels.com/Rawpixel

Jika kamu menemukan sesuatu yang menurutmu adalah kekurangan dalam sebuah karya, kamu bisa memberikan saran serta kritik yang sopan dan bersifat membangun bagi pembuat karya tersebut. 

Tentunya, sebelum memberikan saran atau kritik, kamu bisa memulai kata-katamu dengan sejumlah kalimat bernada apresiasi positif terhadap karya tersebut. Dengan demikian, si pembuat karya akan merasa senang karena kamu bisa memberikan pujian sekaligus kritikan yang bisa meningkatkan kemampuannya. 

2. Meskipun tidak meyukai karya tersebut, diam adalah salah satu ide yang tepat

5 Cara Kekinian Menghargai Karya Orang Lain di Era DigitalPexels.com/Tirachard Kumtanom

Jika kamu tidak bisa memberikan saran atau kritikan ketika mengomsumsi karya orang lain, sebaiknya kamu tidak perlu menjelek-jelekan buatan orang lain apalagi melabelinya dengan sejumlah sebutan yang bersifat meredahkan martabat manusia.

Baca Juga: Ini Dia 5 Platform Digital Terkeren untuk Melejitkan Karya Musisi

3. Bukan pelaku atau penikmat karya bajakan

5 Cara Kekinian Menghargai Karya Orang Lain di Era DigitalPexels.com/Fox

Menikmati karya asli serta menghindari tindakan pembajakan merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada para konten kreator. Kamu juga tidak perlu berurusan dengan pihak yang berwajib jika suatu saat tertangkap akibat melakukan tindakan pembajakan maupun menggunakannya.

Selain itu, kamu bisa menikmati karya orang lain dari sumber aslinya atau sumber yang terpercaya dan kredibel. Misalnya di channel YouTube pembuat karya, Spotify, JOOX, bioskop, maupun di situs resminya.

4. Meminta izin kepada pembuatnya jika ingin menggunakan karyanya

5 Cara Kekinian Menghargai Karya Orang Lain di Era DigitalPexels.com/Rawpixel

Agar terhindar dari tindakan pembajakan, kamu bisa mengajukan izin kepada pembuat karya jika berniat untuk menggunakannya, baik untuk aktivitas komersial maupun individu.

Tentunya, kamu juga harus menghargai dan mematuhi apabila ada syarat yang diajukan oleh mereka. Kamu juga bisa mencantumkan link sumber atau nama pembuat karya tersebut.

5. Tidak menjiplak karya orang lain untuk membuat karya sendiri

5 Cara Kekinian Menghargai Karya Orang Lain di Era DigitalPexels.com/Pixabay

Mencari inspirasi lewat karya orang lain memang hal yang sah-sah saja untuk dilakukan. Akan tetapi, jika kamu berniat membuat karya yang memiliki kemiripan dengan karya orang lain, lebih baik buat karyamu sendiri sekreatif mungkin hasil pikiranmu sendiri.

Nah, agar inspirasi karyamu semakin banyak, tentunya kamu  memerlukan berbagai informasi dengan cepat dan tepat. Mencarinya lewat berselancar di internet merupakan salah satu solusi selain datang langsung ke pameran sebuah karya.

Kamu bisa menggunakan jaringan internet 4G Plus dari IM3 Ooredoo yang dijamin bikin kamu #MakinKuatInternetan dalam mencari berbagai informasi untuk inspirasi karyamu sendiri . Apalagi cakupan wilayah jaringan internet #4GPlusKuat dari IM3 Ooredoo sudah semakin luas dan stabil. Kamu bisa membuktikannya sendiri di situs resmi IM3 Ooredoo https://indosatooredoo.com/4gplus.

Nah, yuk mulai menghargai karya orang lain dengan melakukan 5 cara tersebut di atas.

Baca Juga: 7 Film Karya Sutradara Wanita Indonesia yang Wajib Kamu Tonton

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You