Comscore Tracker

5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!

Jangan lakukan lagi!

Keterampilan menata hidup dan berperilaku baik terhadap sesama manusia sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup. Namun bagi sebagian orang, menerapkannya bukan hal yang mudah. Apalagi jika kamu memiliki sifat yang selalu ingin menang sendiri, bahkan tidak peduli dengan orang lain. Wajar saja jika hal ini membuatmu mengalami banyak kerugian dalam hidup. 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai dampak kalau kamu suka menang sendiri apalagi sampai tidak peduli orang lain. Harus kamu ubah nih pola pikirmu!

1. Mendapatkan hasil yang lebih sedikit

5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!pexels.com/ rawpixel.com

Tak heran kamu yang mau menang sendiri biasanya akan mendapatkan hasil yang sedikit. Apalagi jika dibandingkan dengan mereka yang mau mengalah, maka akan mendapatkan hasil yang jauh lebih banyak.

Hal ini dikarenakan kamu yang mau menang sendiri lebih menyukai pekerjaan yang lebih instan. Padahal hal tersebut akan berdampak buruk untuk kelangsungan hidupmu. Karena pada dasarnya proses yang baik akan menghasilkan hasil yang terbaik pula.

2. Selalu tidak puas atas pencapaianmu

5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!pexels.com/rawpixel.com

Ketika melakukan suatu pekerjaan, kamu yang mau menang sendiri akan cenderung mementingkan hasil akhir. Apalagi jika kamu mengalami kekalahan maka akan beranggapan bahwa kamu sedang terpojok. Bahkan, tidak akan mau menerima kekalahannya dan merasa iri atas prestasi orang lain.

Kamu yang mau menang sendiri akan memiliki banyak cara untuk menjatuhkan orang lain yang lebih berhasil. Hingga orang yang mendengarkannya pun akan ikut tidak senang dengan keberhasilan orang lain.

Baca Juga: Tak Peduli Perasaan Orang Lain, 6 Zodiak Ini Disebut Berhati Dingin

3. Melewatkan kesempatan emas

5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!pexels.com/ Clem Onojeghuo

Kamu yang tidak mau mengalah dan menang sendiri akan cenderung memaksakan kehendak. Walaupun hal tersebut sangat berdampak buruk bagi dirimu dan orang lain. Banyak cara yang kamu miliki bahkan sampai bersikeras melawan hal di luar kemampuan.

Jika dilanjutkan maka kamu tidak bisa fokus dengan usaha sendiri dan tim kerja pun akan merasa tidak semangat atas perilaku yang diterimanya. Akibatnya, kamu juga akan kehilangan kesempatan emas yang sebenarnya sangat kamu nantikan. 

4. Tidak tahu cara menurunkan ego

5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!pexels.com/ Pixabay

Saat beradu pendapat, kamu yang tidak mau mengalah akan memperpanjang perdebatan yang tidak ada habisnya. Berdebat dapat menjadi kegiatan sehari-hari tanpa memikirkan akibat dari setiap perkataanmu. Akhirnya banyak orang yang tidak suka dan akan menimbulkan dendam di hati orang lain.

Parahnya lagi, kamu biasanya tidak akan merasa bersalah dan enggan meminta maaf atas kesalahan. Hal inilah yang menyebabkan kamu akan kesulitan menurunkan ego yang bisa membuat orang lain tidak menyukaimu. 

5. Kehilangan hasil yang terbaik

5 Dampak Kalau Kamu Selalu Mau Menang Sendiri Tanpa Peduli Orang Lain!pexels.com/Carlos Pernalete Tua

Tidak sabaran untuk kamu yang mau menang sendiri akan berakibatkan kehilangan hasil yang terbaik. Menginginkan proses yang cepat dan instan tidak akan berdampak baik bagi hasilmu.

Apalagi dalam hal pekerjaan yang justru akan menghancurkan dirimu sendiri. Padahal, ketika kamu mau bersabar menjalani prosesnya maka akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik daripada melakukan yang instan.

Gimana guys, setelah membaca diatas masih mau menang sendiri tanpa peduli orang lain? Harus kamu hindari perilaku tersebut ya!

Baca Juga: Bikin Karyawan Gak Nyaman, Ini 7 Tanda Kamu Bos yang Egois dan Arogan

Ismi Marfuah Photo Verified Writer Ismi Marfuah

Mahasiswa Matematika Unnes 2016 || Menulis adalah hobi, dikerjakan waktu senggang~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You