Comscore Tracker

5 Tips Membuat Dirimu Merasa Spesial, Gak Perlu Validasi Orang Lain!

Kamu akan jauh lebih bahagia setelahnya

Merasa spesial adalah sesuatu yang penting bagi banyak orang dan mungkin juga kamu. Berbagai cara dilakukan orang hanya untuk membuat dirinya spesial di mata orang lain.  Hal itu tentu melelahkan bukan? Sebenarnya tak selalu harus dari pengakuan dari orang lain untuk menjadi spesial.

Kamu adalah orang yang paling mengenali dirimu dan punya andil besar dalam mengelola perasaan kamu. Jika merasa spesial adalah hal yang penting untuk dirimu, tak perlu menunggu orang lain menyatakan pengakuannya sebagai validasi yang kamu inginkan. Gak percaya? Yuk, coba lima tips di bawah ini!

1. Kenali dan asah kelebihanmu

5 Tips Membuat Dirimu Merasa Spesial, Gak Perlu Validasi Orang Lain!ilustrasi membaca buku (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Semua orang mempunyai kelebihan masing-masing tak terkecuali dirimu. Kamu perlu mengenali kelebihan kamu dan menjadikannya hal yang patut kamu beri perhatian lebih. Jika kamu konsisten mengembangkan dan meningkatkan skil yang menjadi andalan kamu, maka peluang menjadi expert sangatlah besar.

Kamu tak harus mahir dalam banyak bidang sekaligus. Lebih baik jika kamu fokus pada satu hal dan menguasainya dengan sangat baik. Ini akan memberi kamu nilai lebih dan kamu akan merasa spesial karena memiliki sesuatu yang tidak mudah dimiliki oleh setiap orang

2. Miliki peralatan pribadi khusus untukmu

5 Tips Membuat Dirimu Merasa Spesial, Gak Perlu Validasi Orang Lain!ilustrasi cangkir lucu (pexels.com/Alex Tim)

Mungkin hal ini terdengar tidak penting dan remeh tetapi sebenarnya memiliki efek yang luar biasa. Bukankah kadang-kadang perasaan luar biasa bisa didapatkan dari hal-hal sederhana?

Cobalah untuk memberi dirimu sendiri benda pribadi yang sangat khusus untukmu. Tidak selalu benda berharga mahal. Misalnya saja, kamu bisa memiliki satu cangkir khusus dengan motif atau bentuk yang mempunyai makna khusus untukmu. Setiap kali kamu memakainya untuk minum, kamu akan ingat bahwa kamu spesial.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Self-Respect, Gak Haus Validasi Orang

3. Sadari bahwa setiap orang berbeda

5 Tips Membuat Dirimu Merasa Spesial, Gak Perlu Validasi Orang Lain!ilustrasi bercermin (pexels.com/Min An)

Pada dasarnya tidak ada orang yang sama. Walau kamu sering melihat orang-orang yang mengagumkan, bukan berarti kamu tidak spesial. Dan kamu perlu menyadari bahwa menjadi spesial tidak identik dengan ketenaran. Jadi jangan salah mengartikan bahwa hanya orang-orang terkenal saja yang bisa menjadi pribadi spesial.

Kamu tak harus menjadi seperti orang terkenal yang kamu anggap spesial, kamu bisa menjadi diri kamu sendiri dan tetap spesial. Sebab, setiap orang berbeda dan bisa menjadi spesial dengan caranya masing-masing.

4. Self rewards

5 Tips Membuat Dirimu Merasa Spesial, Gak Perlu Validasi Orang Lain!ilustrasi belanja pakaian (pexels.com/cottonbro)

Jangan lupa untuk mengapresiasi dirimu sendiri untuk apa yang sudah kamu capai. Kamu berhak mendapatkannya. Rewards tak selalu berupa hal-hal besar atau benda-benda mahal.

Ketika kamu mencapai suatu goal yang sudah kamu targetkan, tak ada salahnya kamu menghadiahi diri kamu dengan sesuatu yang sangat kamu sukai. Contohnya, membeli buku atau jaket yang sudah lama kamu inginkan. Namun, jngan sampai hal itu justru menjadi beban kamu.

Self rewards tak harus tentang hal yang berhasil kamu capai. Saat kamu mengalami kegagalan padahal kamu sudah berusaha, tetaplah mengapresiasi dirimu atas semua usaha yang telah kamu lakukan.

Ketika kamu tak menyerah dan berusaha keras, sudah menunjukkan betapa spesialnya dirimu. Oleh karena itu bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan semua orang. Kamu bisa menghadiahi dirimu dengan secangkir cokelat hangat dan beberapa keping cookies favoritmu.

5. Perhatikan circle pergaulan

5 Tips Membuat Dirimu Merasa Spesial, Gak Perlu Validasi Orang Lain!ilustrasi hangout dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu perlu berhati-hati dalam memilih dengan siapa kamu bergaul. Bukan berarti kamu harus menjadi pemilih dan menutup diri terhadap orang baru. Namun, penting bagimu untuk memilih circle pergaulan yang tepat.

Pertahankan circle pergaulan yang memberi manfaat positif dan membuat kamu berkembang menjadi lebih baik. Hindari semua bentuk relasi yang bersifat toksik.

Hubungan atau pergaulan yang keliru di mana orang-orangnya sering tak menghargai orang lain akan membuat kamu merasa tidak berarti dan itu buruk untuk rasa percaya dirimu. Hal itu berisiko membuat kamu merasa tidak spesial bahkan merasa buruk.

Tak perlu memaksakan diri dalam segala hal dan tetaplah menjadi diri sendiri. Kamu harus tetap ingat, bahwa menjadi spesial bukan berarti kamu bisa menganggap orang lain tidak penting. Kamu sama pentingnya dengan semua orang dan tentu saja kamu spesial. Kamu bisa membuktikannya dengan menanyakannya kepada orang-orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Selalu Mencari Validasi dari Orang Lain!

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya