Comscore Tracker

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar Lingkungan

Jangan bisanya ngeluh panas aja

Pas lagi baca judul ini, pasti kamu rasanya udah bosen ‘kan denger topik ini? Come on guys, jangan berubah jadi orang yang apatis. Meski terkesan sepele, tapi faktanya masih banyak orang yang gak peduli dengan masalah ini. Bahkan ujung-ujungnya mereka bakalan ngeluh dengan cuaca yang selalu panas. Daripada hanya mengeluh, mendingan kamu lakuin beberapa aksi berikut ini deh.

1. Mulai pilah sampah

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar LingkunganShutterstock/photographeeeu

Kamu yang udah biasa buang sampah pada tempatnya, sekarang coba biasakan pilah sampah berdasarkan jenisnya ya, guys. Ini sangat membantu dalam proses pembauran sampah itu sendiri. Nah, kalau sudah dipilah, pasti bakal digabung lagi kan sama tukang sampah? Guys, jangan berikan sampah yang sudah kamu pilah itu ke tukang sampah. Karena mereka akan mengirim ribuan ton sampah itu ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang malah mengakibatkan kerusakan pada tanah dan pencemaran udara.

Untuk itu, jadikan sampah organik itu untuk pupuk tanaman kamu. Nah, kalau sampah anorganiknya berikan kepada komunitas daur ulang sampah, guys. Biar mereka mengkreasikan sampah tersebut menjadi barang-barang cantik.

2. Biasakan budaya paperless

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar LingkunganShutterstock/Little Pig Studio

Belakangan ini, sepertinya hampir sebagian perusahaan, sekolah atau pun instansi lainnya udah menerapkan budaya paperless. Mungkin sebelumnya, kita harus mengandalkan kertas untuk mencatat sebuah dokumen penting. Tapi kini semua sudah berbasis online. Kalau emang bisa diminimalisir, kenapa harus pakai kertas terus? 

3. Gunakan sapu tangan dibandingkan tisu

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar LingkunganShutterstock/deineka

Kamu di tim mana nih guys, tim tisu atau tim sapu tangan? Coba deh pelan-pelan kamu mulai kurangi penggunaan tisu dalam keseharianmu. Kenapa? FYI, tisu yang selama ini kamu pakai menggunakan bahan dasar kayu yang tentunya didapat dari hasil penebangan pohon. Jadi semakin banyak kamu menggunakan tisu, tanpa sadar ternyata kamu sudah merusak lingkunganmu sendiri.

4. Aksi menanam tanaman

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar LingkunganShutterstock/A3pfamily

Hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanam tanaman di rumah. Siapa bilang aksi ini membosankan? Justru ini seru lho, kamu pasti bakalan merasa happy ketika melihat tanaman yang selama ini kamu sirami ternyata tumbuh menjadi tanaman yang indah.

Tapi ternyata aksi ini gak cuma wacana semata lho, Djarum Foundation bahkan udah lebih dulu melakukannya dengan menanam 10.000 pohon trembesi di jalur tol Semarang-Batang, Jawa Tengah lewat program Djarum Trees For Life (DTFL) Trans Jawa. 

Gak cuma itu, IDN Times bahkan kagum dengan yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat penanaman pohon Trembesi didampingi oleh Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji, Legend Bulutangkis Hastomo Arbi, Program Associate Djarum Foundation Tania Arbi, Pimpinan Proyek PT. Jasa Marga Semarang-Batang Ir. R. Beni Dwi Septiadi, Bupati Batang Wihaji beserta Dirut BTN Maryono di Jembatan Kali Kuto, Batang, Jawa Tengah.

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar LingkunganIDN Times/Djarum Foundation

Gak cuma pohon trembesi, Djarum Foundation juga akan menanam jenis pohon berbunga dan pohon buah di beberapa ruas seperti interchange, rest area hingga kantor pengelola jalan tol. Siapa bilang ini cuma bertahan sebentar? Ternyata Djarum Foundation udah bekerjasama dengan pengelola tol untuk melakukan perawatan hingga tiga tahun ke depan. 

Gak Perlu Muluk-muluk, 4 Aksi Ini Buktikan Kamu Sadar LingkunganIDN Times/Djarum Foundation

Tuh guys, kamu yakin cuma bisa diam seperti ini setelah melihat aksi nyata ini? Kalau bukan kamu yang peduli dengan lingkungan, siapa lagi?

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Karsa Adiguna
  • Jordhi Farhansyah

Just For You