Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-orang Munafik

Jangan sampai kamu tertipu

Sebagai makhluk hidup tentu kita tak bisa lepas dari interaksi sosial. Dengan berinteraksi, pasti akan terjalin sebuah relasi. Sehingga kamu akan dikelilingi oleh banyak orang dengan berbagai karakter dan latar belakang yang berbeda.

Namun tak semua orang memiliki kepribadian yang baik. Terkadang orang yang sudah kamu percaya juga bisa saja berkhianat. Agar kamu tak tertipu dengan orang yang hanya bersikap manis di depan saja, ada baiknya kamu pahami beberapa tanda berikut yang menunjukkan jika kamu dikelilingi oleh orang yang munafik. Simak, ya!

1. Kamu sering mendengar mereka berbicara tentang kejelekan orang lain

5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-orang Munafikunsplash.com/Ben White

Jika di lingkungan sekitarmu ada orang yang berbicara mengenai kejelekan orang lain, maka dia termasuk orang yang munafik. Biasanya tipe orang seperti itu juga akan mencari kejelekanmu dan mengumbarnya di hadapan orang lain. Sehingga kamu perlu hati-hati karena kamu sudah dikelilingi oleh orang-orang yang munafik.

2. Mereka kerap melakukan kesalahan yang sama

5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-orang Munafikpexels.com/Min An

Ciri orang yang munafik salah satunya adalah gemar melakukan kesalahan yang sudah pernah dia lakukan. Bahkan bisa saja dia melakukan kesalahan tersebut secara sengaja. Apabila kamu berada di lingkungan dengan orang yang seperti itu maka kamu perlu hati-hati. Bisa saja kebaikan yang kamu lakukan dengan cara sering menoleransi kesalannya akan dimanfaatkan untuk kepentingannya.

3. Apa yang mereka ucapkan tak sejalan dengan tindakan

5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-orang Munafikpexels.com/rawpixel.com

Orang yang munafik cenderung berlawanan antara perkataan dan perbuatan. Biasanya dia akan berbicara dengan sangat indah seperti orang yang benar-benar baik. Namun setelah itu, dia tidak melakukan apa yang sudah dia ucapkan. Sehingga kamu harus benar-benar waspada. Sebab ucapan dia tidak bisa dipercaya sepenuhnya. 

Baca Juga: 7 Tanda yang Perlahan Ada Kalau Kamu Berteman dengan Orang Munafik

4. Tanpa kamu sadari, mereka ingin membuatmu melakukan kesalahan

5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-orang Munafikpixabay.com/Nissor

Setiap orang pasti tak pernah lepas dari kesalahan. Salah satu tanda orang munafik adalah membiarkanmu terjerumus dalam kesalahan saat kamu keliru, baik dalam ucapan maupun perkataan. Dia tak akan menegur kesalahanmu. Bahkan dia merasa senang dan akan mendukung kekeliruanmu dengan pembenaran yang kamu perbuat.

5. Kamu sering menerima penolakan saat memberi nasehat kepada mereka

5 Tanda Nyata Jika Kamu Dikelilingi Orang-orang Munafikpixabay.com/Free-Photos

Orang yang munafik tidak suka jika dinasehati. Sebab dia bukan orang yang tulus dalam menjalin relasi. Padahal sebagai manusia, sudah tugasnya untuk saling mengingatkan, memberi saran ataupun mengkritik demi kebaikan masing-masing individu. Jadi, saat kamu dikelilingi oleh orang yang munafik maka kamu harus siap mengalami penolakan saat memberi nasehat.

Itulah beberapa tanda nyata jika kamu dikelilingi oleh orang yang munafik. Ada baiknya kamu mencoba mengajak mereka berbicara dengan baik-baik agar sifat munafik mereka tak berlanjut terus-menerus. Namun jika mereka tetap seperti itu, lebih baik kamu menyingkir dari mereka ketimbang berada di zona yang mengancam dirimu sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Tulus Bedakan Orang Tulus vs Munafik. Sudah Tahu?

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You