Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Kamu Sadari saat Mampu Bangkit dari Luka Kehidupan

Akan ada beragam hal baik yang bisa kamu peroleh

Namanya hidup pasti akan selalu ada permasalahan yang dihadapi. Tak jarang, masalah-masalah itu mampu menggoreskan luka di hati. Sehingga, kita kerap merasa sedih bahkan terpuruk pada keadaan.

Tak bisa dipungkiri bahwa di fase tersebut kita akan merasa sulit untuk bangkit kembali. Seolah tidak ada lagi harapan di depan meskipun kita berusaha untuk berdiri dan memulai langkah.

Padahal itu semua hanya persepsimu semata. Jika tak dicoba untuk mengalahkan keterpurukan itu, siapa yang akan tahu? Sejatinya, mendorong diri untuk bangkit dari luka itu akan mendatangkan beragam hal baik yang akan kamu sadari seperti berikut.

 

1. Kehadiran luka dalam dirimu sejatinya untuk membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat 

5 Hal yang Akan Kamu Sadari saat Mampu Bangkit dari Luka Kehidupanilustrasi wanita tangguh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu berhasil bangkit dari luka kehidupan, hal pertama yang akan kamu sadari adalah perubahan sosok dirimu yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Mental kamu telah berhasil diuji melalui lika-liku tersebut sehingga ke depannya, untuk semua perjalanan hidup yang masih terus berlanjut, kamu akan lebih siap dalam menerima apapun yang terjadi.

Kamu juga mampu belajar dari pengalaman sebelumnya tentang bagaimana mengolah emosi ketika dihadapkan dengan kondisi yang sulit.

2. Segala sesuatu yang terjadi di hidup ini selalu memberikan pelajaran yang berarti

5 Hal yang Akan Kamu Sadari saat Mampu Bangkit dari Luka Kehidupanilustrasi merenung (pexels.com/Anthony Nguyen)

Orang yang merasa sulit bangkit dari keterpurukan cenderung memiliki pola pikir yang negatif. Sehingga, mereka semakin terjerumus dalam kesedihan, alih-alih bangkit untuk menata hari-hari berikutnya.

Namun, bagi kamu yang berhasil bertahan dalam kondisi sulit, pasti kamu akan mendapat pelajaran hidup yang bisa dijadikan bekal untuk langkah selanjutnya. Karena setiap hal yang terjadi selalu dapat diambil hal baiknya selama kita percaya.

Baca Juga: 5 Motivasi buat Kamu yang Ingin Menyerah, Ayo Bangkit!

3. Bangkit dari fase terburuk adalah awal dari perubahan pola pikir

5 Hal yang Akan Kamu Sadari saat Mampu Bangkit dari Luka Kehidupanilustrasi wanita berpikir (pexels.com/Q. Hưng Phạm)

Keberhasilanmu untuk bangkit dari luka kehidupan adalah suatu hal yang perlu diapresiasi karena tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. 

Ketika kamu berhasil, artinya kamu punya pola pikir yang positif. Pasalnya, tidak mudah berpikir mengenai kebaikan di saat kondisi yang bertentangan. Sehingga, kebangkitan itu menjadi awal perubahan pola pikirmu untuk menjadi lebih baik.

4. Nyatanya, akan selalu ada luka lain di setiap perjalanan hidup

5 Hal yang Akan Kamu Sadari saat Mampu Bangkit dari Luka Kehidupanilustrasi merasa sedih (pexels.com/Roberto Hund)

Ketika kamu berhasil melawan diri untuk segera bangkit dari titik terendah, maka ke depannya kamu mampu menyadari bahwa akan selalu ada luka-luka berikutnya dalam hidup ini sehingga dalam menyikapi persoalan hidup di kemudian hari, kamu cenderung lebih tenang.

Kamu percaya bahwa hal demikian hanyalah sementara yang tentunya tak dapat terpisahkan dari proses kehidupan.

5. Pada akhirnya, kamu akan menyadari bahwa kamu lebih dari apa yang dipikirkan

5 Hal yang Akan Kamu Sadari saat Mampu Bangkit dari Luka Kehidupanilustrasi seorang wanita (pexels.com/Khoa Võ)

Ketika kamu merasa sakit akibat luka dalam hidup, kamu cenderung berpikir bahwa tidak akan mungkin bisa melewati hal tersebut. Padahal kamu pun belum memulainya. Karena apabila kamu berhasil bangkit dari kesedihan itu, maka kamu akan tersadarkan bahwa ternyata kamu lebih dari apa yang ada di pikiran selama kamu mau mencobanya.

Berdamai dengan luka yang dialami bukan perkara mudah. Namun, selagi kita mau mengupayakannya, pasti kita bisa pulih. Ketahuilah, lima poin tersebut hanya bisa kamu rasakan ketika kamu berani bangkit. Jadi, jangan takut dan nikmatilah buah dari usahamu di masa mendatang. Semangat!

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Semangat Hidup yang Menurun, Yuk Semangat Lagi!

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya