Comscore Tracker

5 Hikmah saat Kamu Sadar Masa Depan Gak Bisa Dikendalikan

Kamu jadi terhindar dari rasa khawatir

Apabila dipahami lebih dalam, penyebab kamu kerap merasa cemas atau takut berlebihan dalam menjalani hidup ini adalah salah satunya karena khawatir mengenai masa depan.

Sesederhana kamu berusaha menebak-nebak apa yang akan terjadi pada hari esok, tentu bisa memicu perasaan gak tenang, bahkan overthinking. Bukankah hal demikian nantinya bisa berpengaruh pada kesehatan mentalmu?

Sehingga, sudah semestinya kamu memahami bahwa masa depan akan selalu jadi bagian dari perjalanan hidupmu yang gak akan pernah bisa dikontrol. Sebab, masa depan itu berisi ketidakpastian yang bisa memberikan sebuah kejutan tersendiri.

Jika kamu menyadari akan hal itu, maka kamu akan memperoleh pelajaran berharga yang bisa mendewasakanmu.

1. Kamu jadi terbebas dari bayang-bayang ketakutan akan masa depan

5 Hikmah saat Kamu Sadar Masa Depan Gak Bisa Dikendalikanilustrasi merasa tenang (pexels.com/John Diez)

Menyadari dengan baik perihal sifat dari masa depan yang gak bisa dikendalikan, akan membuatmu jauh dari rasa khawatir perkara masa depan. Dengan memahami hal tersebut, kamu cenderung akan menerapkan pola pikir bahwa segala kemungkinan bisa saja terjadi di kemudian hari. Sehingga, kamu akan jauh lebih siap menghadapi masa depan meskipun tak selaras dengan ekspektasi yang kamu dambakan.

Kamu juga akan sadar, bahwa gak selamanya masa depan bisa dijadikan tempat bergantung. Sehingga jika nanti kamu gagal, itu bukan masalah, bukan pula akhir dari segalanya. Kamu masih bisa menciptakan masa depan indah, selagi punya tekad kuat dan tidak putus asa.

2. Kamu menyiapkan banyak rencana cadangan

5 Hikmah saat Kamu Sadar Masa Depan Gak Bisa Dikendalikanilustrasi perempuan berpikir (pexels.com/Khoa Võ)

Gak ada yang bisa menebak perihal masa depan. Pun gak ada yang tahu akan menjadi seperti apa kamu di kemudian hari. Hal demikian yang cenderung memengaruhi dirimu sehingga tercipta rasa khawatir. 

Padahal, ketika kamu tahu bahwa masa depan selamanya gak bisa dikendalikan, maka kamu tentu akan menyiapkan banyak rencana dalam rangka menghadapinya. Hal itu sebagai bentuk antisipasi, apabila salah satu rencanamu gak terwujudkan, maka kamu bisa segera pindah haluan untuk melaksanakan rencana yang lain.

3. Kamu akan berusaha dengan lebih keras

5 Hikmah saat Kamu Sadar Masa Depan Gak Bisa Dikendalikanilustrasi bertekad kuat (pexels.com/Roberto Hund)

Setiap orang tentu punya kesempatan yang sama untuk mewujudkan masa depan yang dikehendakinya. Namun, proses yang dipilih terkadang berbeda. Ada yang memilih membiarkan diri terjebak dalam kekhawatiran mengenai masa depan, ada pula yang memilih untuk melawan segala ketidaknyamanan agar bisa bangkit dan memulai langkah baru.

Nah, mereka yang menentukan pilihan kedua termasuk sosok yang sadar bahwa masa depan gak akan bisa dipastikan. Sehingga, mau tidak mau kamu harus kerja keras dari sekarang. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Jujur pada Diri Sendiri, Hidup Lebih Bahagia!

4. Kamu menjadi lebih fokus pada setiap momen yang dilalui

5 Hikmah saat Kamu Sadar Masa Depan Gak Bisa Dikendalikanilustrasi merenung (pexels.com/Erik Mclean)

Penyebab kecemasan itu salah satunya datang dari ketidaktahuan akan sesuatu kemudian kamu gak bisa menerka kemungkinan yang bisa terjadi di kemudian hari. Sehingga rasa takut mengenai masa depan yang gak sesuai harapan mudah saja muncul

Meskipun masa depan gak bisa dikontrol, tapi kamu masih punya kesempatan untuk fokus dalam memaksimalkan setiap momen. Setidaknya hal tersebut bisa membawamu pada suatu perubahan tertentu.

5. Kamu menjadi sosok yang lebih hebat dari sebelumnya

5 Hikmah saat Kamu Sadar Masa Depan Gak Bisa Dikendalikanilustrasi tersenyum (pexels.com/Trần Long)

Ketakutan mengenai masa depan tentu dirasakan oleh setiap orang. Namun terlepas dari hal itu, sejatinya momen tersebut memberikan kesempatan padamu untuk bisa memanfaatkan setiap waktu dengan baik, supaya kamu gak menyesal di kemudian hari. Dengan begitu, sudah semestinya kamu menampilkan versi terbaik dirimu, guna meraih sesuatu yang jadi mimpimu di kemudian hari.

Belajarlah untuk menerima segala sesuatu dalam hidup ini dengan lapang. Karena hal tersebut bisa membuatmu terlatih untuk siap menghadapi masa depan yang punya sejuta rencana. Dengan begitu, hidupmu akan jauh dari rasa cemas atau khawatir, lantaran mendapatkan kedamaian hati dan pikiran.

Jadi, berhentilah takut terhadap masa depan. Lebih baik lakukan tindakan nyata pada masa sekarang, siapa tahu hal itu bisa mengubah masa depanmu menjadi lebih baik. Semangat!

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Selagi Muda, Bisa Jadi Penyesalan!

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya