Comscore Tracker

5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui Kegagalan

Kegagalan demi kegagalan alasanmu untuk sukses

Kegagalan selalu berpotensi hadir dalam setiap prosesmu. Sebuah kondisi yang kadang membuat seseorang kehilangan harapan dan enggan melanjutkan langkah. Akhirnya ia benar-benar gagal.

Kegagalan selalu hadir pada siapa pun. Jika kamu mendengar cerita banyak orang sukses, banyak cerita mereka tentang kegagalan di awal. Ini menjadi bukti, kegagalan tidak seharusnya membuatmu berhenti melangkah.

Namun justru membuatmu semakin percaya diri lebih dekat dengan tujuanmu. Jika kegagalan benar-benar hadir saat ini, berikut lima respons terbaik yang bisa kamu lakukan.

1. Mengambil jeda untuk beristirahat

5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui KegagalanIlustrasi pria sedang berpikir. (pexels.com/Greta Hoffman)

Kamu telah melangkah begitu jauh. Jika prosesmu saat ini menghadiahkan kegagalan, saatnya hentikan langkah sejenak.

Saatnya kamu membebaskan jiwa dan pikiranmu dari semua beban mencapai target. Kembalikan semangatmu dengan jeda, dan lanjutkan langkah.

2. Melakukan evaluasi pada setiap tahapan yang sudah kamu lewati

5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui Kegagalanilustrasi suasana diskusi (pexels.com/RF._.studio)

Jika kamu telah melalui proses dan sukses, namun tiba-tiba kamu gagal pada tahapan tertentu, saatnya melakukan evaluasi. Coba analisis perjalanan yang telah kamu lalui.

Lakukan evaluasi seluruh proses yang telah kamu lakukan dan tentukan apakah semua proses telah berjalan sesuai keinginanmu. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, saatnya merencanakan ulang dan melangkah bersama kualitas yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Langkah Efektif Bangkit dari Kegagalan, Yakin Bisa Perbaiki!

3. Melakukan evaluasi pada kesungguhanmu melalui semua proses

5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui Kegagalanilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Ron Lach)

Kegagalan bukan saja dari luar dirimu. Kadang kegagalan justru datang dari dalam dirimu sendiri. Kamu bersikap abai pada setiap proses yang kamu lalui.

Kini kamu tidak lagi peduli pada hasil apa pun yang kamu dapatkan. Jika hal ini yang terjadi, saatnya kamu mengevaluasi kesungguhanmu. Jangan sampai kamu membuang energi dan waktumu untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kamu inginkan.

4. Melakukan evaluasi pada niatmu meraih kesuksesan

5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui Kegagalanilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Tim Gouw)

Kamu sangat berambisi menggapai kesuksesan. Kamu bahkan menantang setiap kegagalan yang berani menghalangi perjalananmu.

Namun kamu tidak selamanya mulus menghadapi kegagalan. Kamu akhirnya stres dan tertekan. Jika ini yang terjadi, ambil waktu sejenak evaluasi niatmu. Niat baik akan menghadiahkan proses yang menyenangkan dan akhir yang sempurna. Namun jika yang terjadi sebaliknya, saatnya memperbaiki niatmu kembali.

5. Melakukan evaluasi pada tujuan yang ingin kamu raih

5 Respons Terbaik Saat Kamu Menemui Kegagalanilustrasi suasana diskusi (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Kegagalan bisa juga kamu temui dalam wujud ketidakpuasanmu pada hasil yang telah kamu capai. Jika ini yang terjadi, saatnya evaluasi tujuan yang telah kamu raih.

Apakah ini benar-benar menjadi tujuanmu sendiri, ataukah hanya demi kepuasan orang lain? Karena bagaimanapun kamu dikatakan sukses, jika kamu tidak bahagia, kamu tetap gagal.

Kesuksesan selalu disertai kegagalan. Kegagalan demi kegagalan akan selalu menyertai setiap langkah menuju kesuksesan. Caramu memberikan respons dalam setiap kegagalan, sangat menentukan bagaimana langkahmu mencapai akhir. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 10 Hal Positif dari Kegagalan yang Membuatmu Bakalan Sukses

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya