Comscore Tracker

5 Tips untuk jadi Versi Terbaik dari Dirimu Sendiri

Batasanmu hanyalah kesuksesan

Tidak punya bakat, gak berarti kamu gak bisa jadi apa-apa. Kamu pasti pernah mendengar sebuah kalimat, bakat tanpa kerja keras, akan dikalahkan oleh kerja keras tanpa bakat.

Kalimat ini menunjukkan sebuah fakta bahwa siapa pun bisa menjadi apa pun. Kamu pun bisa menjadi apa pun yang kamu inginkan. Berikut lima tips, yang bisa membantumu menjadi versi terbaik dari dirimu walaupun kamu merasa gak punya bakat sama sekali.

1. Tentukan kecenderungan dari kemampuan kamu

5 Tips untuk jadi Versi Terbaik dari Dirimu SendiriIlustrasi sedang berdiskusi. (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Walaupun kamu selalu merasa tidak punya spesialisasi dalam bidang tertentu, bukan menjadi alasan kamu kehilangan harapan. Bukankah setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Kamu belum menemukan kelebihanmu, karena kamu belum mengenali sepenuhnya dirimu. Jadi hal yang paling pertama wajib kamu lakukan, adalah kenali dan temukan hal-hal istimewa dalam dirimu. Bukan gak ada, namun kamu belum mengenal dirimu lebih jauh.

2. Kenali dasar-dasar keilmuan dari aktivitas yang ingin kamu dalami lebih jauh

5 Tips untuk jadi Versi Terbaik dari Dirimu Sendiriilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Ron Lach)

Saat kamu telah mengenali dirimu lebih dalam, analisis secara khusus keistimewaanmu cenderung ke mana. Karena kamu baru bisa memulai perjalanan, saat kamu telah menentukan tujuan.

Setelah kamu yakin menemukannya, saatnya memulai langkah dengan belajar. Temukan hal-hal dasar yang wajib kamu pahami dan yang harus kamu bawa dalam perjalanan. Bekal yang cukup akan membuat prosesmu bisa lebih mudah.

Baca Juga: 5 Langkah Menjadi Versi Terbaik Dirimu, Gak Mudah Tapi Layak Dicoba!

3. Bergabung dengan kelompok atau komunitas

5 Tips untuk jadi Versi Terbaik dari Dirimu Sendiriilustrasi berolahraga (pexels.com/RUN 4 FFWPU)

Terkadang belajar sendiri menghadirkan kebosanan dengan titik jenuh yang cenderung lebih tinggi. Jika kamu termasuk seseorang yang menyukai keramaian, jauh lebih baik kamu bergabung dengan komunitas.

Pilih komunitas yang sesuai kenyamananmu. Termasuk biaya dan kualitas lingkungannya. Lingkungan yang tepat, sangat menentukan caramu bertumbuh.

4. Belajar dari mereka yang telah sukses

5 Tips untuk jadi Versi Terbaik dari Dirimu Sendiriilustrasi berolahraga (pexels.com/Sabel Blanco)

Salah satu cara paling jitu belajar suatu hal, adalah dengan belajar dari mereka yang sudah menjalani seluruh prosesnya. Kamu bisa belajar banyak hal dari mereka karena mereka tidak bicara sebatas teori.

Namun mereka sudah menjalani seluruh jatuh bangun untuk sampai ke titik puncak saat ini. Belajar dari mereka, jelas salah satu tips terbaik untukmu.

5. Banyak berlatih

5 Tips untuk jadi Versi Terbaik dari Dirimu Sendiriilustrasi berolahraga (pexels.com/pixabay)

Bakat akan dikalahkan oleh mereka yang bekerja keras. Ya, hanya mereka yang tidak bosan melatih diri, tidak jenuh meningkatkan kualitas diri yang mampu menaklukkan perjalanannya.

Apa gunanya bakat, jika tidak lagi belajar? Abai berlatih? Sedangkan kamu yang lahir tanpa bakat, kamu terus berlatih dan berlatih. Kamu bekerja keras, sampai akhirnya kamu jauh lebih berbakat dari mereka yang memiliki bakat sejak awal.

Demikian lima tips untuk kamu bisa terus belajar dan berjuang menggapai seluruh impian. Tidak ada batas bagi kamu yang terus belajar dan bekerja keras. Batasanmu hanya pada kesuksesan. Jangan kalah oleh lelah, ya.

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Telah Menjadi Versi Terbaik untuk Lingkunganmu

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya