Comscore Tracker

Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!

Sikapmu akan menentukan citramu di mata orang lain!

Labil merupakan suatu istilah dimana seseorang masih memiliki sifat yang berubah-ubah baik dari suasana hati, pola pikir hingga tindakan yang dilakukan cenderung tidak konsisten. Sifat labil ini pada dasarnya bisa melanda siapa saja, apalagi bagi para remaja yang akan menginjak masa dewasa.

Hal tersebut dianggap masih wajar apabila sifat labil ini dimiliki oleh mereka yang remaja, karena nyatanya mereka memang sedang mengalami masa transisi. Namun hal tersebut akan terasa tidak wajar jika sifat labil itu masih melekat pada orang yang notabennya dianggap sudah dewasa.

Hal ini akan mengundang penilaian buruk bahkan hingga bisa menciptakan citra negatif yang akan melekat pada diri seseorang. Nah untuk itu, jika kamu juga tidak ingin dicap labil oleh orang lain, maka kamu wajib menghindari 5 sikap ini, apa aja sih? Yuk langsung saja simak ulasannya! 

1. Gampang terpengaruh dengan pendapat orang lain

Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!unsplash.com/Mimi Thian

Salah satu ciri orang yang labil adalah mereka cenderung mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa mereka masih memiliki pemikiran yang kurang matang sehingga rentan percaya dengan opini orang lain, yang padahal opini tersebut juga belum tentu benar adanya.

Untuk itu kamu wajib menghindari sikap seperti ini kalau kamu tidak mau image labil melekat padamu.

2. Tidak memiliki pendirian sendiri

Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!unsplash.com/rawpixel

Ini yang membedakan antara orang yang benar-benar bersifat dewasa dengan orang yang masih labil. Sejatinya, Orang dewasa pasti memiliki pendiriannnya sendiri dan selalu memegang teguh pendirian tersebut.

Berbeda dengan orang yang labil, mereka cenderung tidak punya pendirian dan lebih suka menjadi pengikut sebagai cara mereka menanggapi suatu hal.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Percaya Diri Jauh Lebih Penting dari yang Kamu Duga

3. Berubah-ubah dalam membuat keputusan

Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!thediscoveryway.com

Ini adalah salah satu hal yang sering diidentikkan dengan orang-orang yang labil. Ya, kebiasaan mereka yang seringkali tidak konsisten dalam membuat suatu keputusan. Hal ini disebabkan karena sifat mereka yang mudah terpengaruh faktor-faktor dari luar dirinya.

Sehingga, dalam membuat keputusan mereka cenderung untuk mengikuti keinginan belaka, dan bukan karena berdasarkan hasil pertimbangan yang matang. Ini adalah sifat yang patut kamu hindari, kalau kamu tidak mau dicap sebagai orang yang labil.

4. Sifat moody-an

Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!unsplash.com/Elijah O'Donnell

Moody merupakan istilah yang digunakan untuk orang dengan emosi atau suasana hati yang gampang berubah-ubah. Jika kamu memiliki sifat ini, mungkin sebaiknya kamu belajar untuk segera merubahnya.

Sebab, sifat ini cenderung dinilai tidak mencerminkan sebagai sifat layaknya orang yang dewasa. Justru sebaliknya, sifat ini seringkali disangkutpautkan terhadap orang-orang yang labil.

5. Tidak bisa menjaga komitmen

Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!pixabay.com/rawpixel

Mungkin ini adalah hal yang paling wajib untuk kamu hindari kalau kamu tidak ingin image labil melekat padamu. Sebagian besar orang sangat tidak menyukai mereka yang tidak bisa menjaga komitmen.

Hal tersebut  berlaku, karena orang-orang yang tidak bisa menjaga komitmen dinilai sebagai orang yang kurang bertanggung jawab serta tergolong masih labil dalam melakukan suatu tindakan. Oleh karena itu, komitmen merupakan suatu hal penting yang harus dijaga. Karena komitmen juga bisa menunjukkan kredibilitas serta citra kita dimata orang lain.

Nah, itu dia 5 sikap yang wajib untuk dihindari, jika kamu tidak ingin dicap labil oleh orang lain. Jadi gimana guys, apa kamu sanggup menjauhi lima sikap tersebut?

Baca Juga: Duh, Ini Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Dicap sebagai Toxic People

Mochamad Dohan Photo Writer Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya