Comscore Tracker

Perbedaan Orang Sombong vs. Percaya Diri yang Bikin Orang Bingung

So, kalian harus tahu letak perbedaannya!

Di dunia ini pasti kita menemui orang dengan karakter atau sifat yang berbeda-beda. Mulai dari pemalu, percaya diri, pendiam atau bahkan sombong. Di antara berbagai karakter yang ada, sering sekali orang salah menilai antara karakter percaya diri dengan karakter sombong. Apalagi keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis.

Sehingga, banyak di antaranya yang gampang menjudge seseorang hanya karena menilai dari gaya bicara atau sikap yang dimiliki. Nah, sebelum kalian juga salah menilai karakter seseorang, lebih baik ketahui letak perbedaan di antara karakter keduannya. Berikut adalah perbandingan antara karakter orang yang sombong dengan karakter orang yang percaya diri! 

1. Orang sombong menganggap dirinya yang terbaik, sedangkan orang percaya diri menganggap dirinya bisa melakukan suatu hal dengan baik

Perbedaan Orang Sombong vs. Percaya Diri yang Bikin Orang BingungPixabay/DanaTentis

Orang sombong selalu merasa dirinya yang terbaik. Karena perasaan itulah,  seringkali orang yang sombong meremehkan kemampuan orang lain. Mereka juga akan selalu mencari perbandingan untuk memperlihatkan bahwa dirinya memang yang terbaik.

Berbeda dengan orang yang percaya diri, mereka selalu yakin terhadap kemampuan yang dimiliki, tanpa merendahkan kemampuan orang lain. 

2. Orang sombong cenderung suka melebih-lebihkan pencapaiannya, sedangkan orang percaya diri bersikap apa adanya dengan pencapaiannya

Perbedaan Orang Sombong vs. Percaya Diri yang Bikin Orang Bingungunsplash.com/Trung Thanh

Saat orang sombong berhasil melakukan suatu pencapaian, mereka akan menceritakan segala pencapaiannya kepada orang lain agar orang lain tahu akan kemampuannya. Bahkan, mereka juga tidak segan untuk melebih-lebihkan cerita pencapaiannya untuk membuat orang lain terkesan padanya. Hal ini berbanding terbalik dengan orang percaya diri, mereka akan bersikap sewajarnya saja jika mendapatkan suatu pencapaian.

Karena bagi orang yang percaya diri, mereka tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain akan pencapaiannya. Sebab, mereka merasa bahwa pencapaiannya saja sudah cukup menjadi bukti bahwa mereka memiliki kemampuan, tanpa harus menceritakan secara berlebihan kepada orang lain. 

3. Orang sombong relatif close minded dan bersikap anti kritik, sedangkan orang percaya diri lebih open minded dan terbuka dengan kritikan

Perbedaan Orang Sombong vs. Percaya Diri yang Bikin Orang Bingungunsplash.com/rawpixel

Ciri orang sombong adalah menganggap dirinya yang paling benar dan mereka merasa bijak dalam melakukan segala hal. Hal ini menimbulkan sifat anti kritik yang ada pada dirinya. Akibatnya, mereka juga tidak akan mau menerima pendapat dari orang lain.

Nah, berbeda dengan orang percaya diri. Meskipun mereka sangat yakin akan kemampuannya, mereka juga tidak sungkan menerima kritikan dan pendapat orang lain sebagai masukan untuk dirinya sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Beruntung Pacaran Sama Cewek yang Percaya Diri

4. Sama-sama pintar berbicara, orang sombong selalu ingin mendominasi suatu pembicaraan, sedangkan orang percaya diri, mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik

Perbedaan Orang Sombong vs. Percaya Diri yang Bikin Orang Bingungunsplash.com/Headway

Orang sombong dengan orang percaya diri biasanya sama-sama memiliki kemampuan berbicara yang baik. Namun perbedaannya adalah orang sombong terkesan ingin mendominasi suatu pembicaraan agar terlihat paling unggul di antara yang lain.

Mereka juga tidak sungkan untuk memotong pembicaraan orang lain agar pendapatnya bisa tersampaikan dengan baik. Sedangkan orang percaya diri relatif bisa memberikan ruang untuk orang lain berbicara. Mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik terhadap lawan bicaranya.

5. Orang sombong sulit untuk mengakui kelemahannya, sedangkan orang percaya diri, tidak akan sungkan untuk mengakui kelemahannya

Perbedaan Orang Sombong vs. Percaya Diri yang Bikin Orang Bingungunsplash.com/Samuel Martins

Orang sombong cenderung berusaha menutupi kelemahannya dari orang lain. Sekalipun dalam kondisi terdesak, mereka cenderung sulit untuk mengakui kelemahannya. Justru mereka akan terus mencari kelemahan lawan dengan tujuan untuk menjatuhkannya. Berbeda dengan orang percaya diri, mereka tidak sungkan untuk mengakui kelemahannya jika memang benar ada yang lebih unggul dari dirinya. 

Nah guys, sekarang udah tahu kan bagaimana perbedaan karakter orang yang sombong dengan karakter orang yang percaya diri? Jadi jangan salah menilai ya! 

Baca Juga: Ini Lho 9 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Percaya Diri, Kamu Juga?

Mochamad Dohan Photo Writer Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya