Comscore Tracker

Hidup Terasa 'Gitu-Gitu Aja', Lakukan 5 Hal ini Agar Jadi Lebih Baik

Kamu harus menyadari perubahannya

Dalam hidup, ada saat di mana kamu akan merasa berhenti pada satu titik. Dalam kondisi tersebut kamu akan merasa tidak ada perubahan yang berarti dalam hidup. Merasa bimbang untuk melakukan sesuatu, atau juga merasa ‘tidak berguna’, keduanya memang kerap menjadikanmu berkecil hati dan merasa jenuh.

Mungkin kamu juga merasa hidup selalu 'sama saja' dari masa ke masa, padahal kamu telah banyak berusaha untuk memberikan perubahan. Nah, jika memang demikianlah yang kamu alami, cobalah untuk tidak menyalahkan takdir, dan berusahalah untuk merubah hidupmu agar tidak terasa ‘gitu-gitu aja’ dengan melakukan 5 hal berikut ini.

1. Berhenti mengeluh, perbanyak bersyukur

Hidup Terasa 'Gitu-Gitu Aja', Lakukan 5 Hal ini Agar Jadi Lebih BaikPixabay/Engin_Akyurt

Banyak mengeluh tidak akan memberikan solusi dalam hidupmu. Sebaliknya, mengeluh malah akan memberikan dampak yang negatif terhadap pola pikir dan sikapmu. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap berubahnya mood, dan ekspresi wajahmu—menjadi murung, yang malah akan membuat orang lain menghindar. Dan, secara tidak langsung hal tersebut akan mengurangi rezeki dan juga kesempatanmu untuk mendapatkan hal-hal yang lebih baik.

Maka dari itu mulailah memperbanyak rasa syukur atas apa yang telah Tuhan berikan. Dengan begitu, kamu akan selalu merasa puas dan berkecukupan terhadap apa yang kamu miliki. Sehingga kamu pun akan menyadari perubahan dalam hidupmu meskipun baru hal-hal kecil, dan tidak akan lagi merasa jenuh serta berpikir bahwa hidupmu ‘gitu-gitu aja’.

2. Keluar dari zona nyaman

Hidup Terasa 'Gitu-Gitu Aja', Lakukan 5 Hal ini Agar Jadi Lebih BaikPixabay/Peggy_Marco

Keluar dari zona nyaman bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Merasa betah berlama-lama dengan hiruk-pikuk dan kebiasaan yang sudah mendarah daging tentu akan membuatmu merasa takut atau juga kesulitan jika ingin melakukan hal-hal baru dan menantang.

Namun, kamu perlu tahu, jika keluar dari zona nyaman ini akan memberikan banyak warna dalam hidup. Meskipun, tidak menutup kemungkinan kamu akan melewati banyak tantangan. Nah, sebenarnya di saat seperti itulah kamu akan merasakan perubahan dalam hidup. Sebab, tantangan yang akan kamu dapati saat keluar dari zona nyaman itu akan memberimu banyak rasa dan pengalaman, sehingga kamu tidak lagi merasa hanya berada pada satu titik kehidupan.

3. Stop membanding-bandingkan dirimu dengan keberhasilan orang lain

Hidup Terasa 'Gitu-Gitu Aja', Lakukan 5 Hal ini Agar Jadi Lebih BaikPixabay/Minanfotos

Semua orang punya jalannya masing-masing, begitu pun denganmu. Jika kamu hanya melihat pencapaian dan keberhasilan orang lain yang jauh di atasmu, yang ada kamu malah akan merasa tidak berguna. Padahal, semua orang sudah memiliki waktu tersendiri untuk mendapatkan sebuah pencapaian dalam berbagai aspek kehidupan. Dan, hal tersebut tidak bisa kamu gunakan sebagai bahan perbandingan dengan menganggap orang lain lebih sukses dibandingkan dirimu.

Nah, daripada kamu membanding-bandingkan dirimu dengan pencapaian orang lain, lebih baik kamu fokus terhadap target yang telah kamu tetapkan, dan cobalah untuk mewujudkannya apa pun yang terjadi. Percayalah pada dirimu sendiri, bahwa kamu juga akan berhasil mencapai impian yang sedang kamu perjuangkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dimiliki dalam Hidup, Bikin Tenang dan Bahagia Terus

4. Sadarilah perjalanan hidup itu tidak ada yang instan

Hidup Terasa 'Gitu-Gitu Aja', Lakukan 5 Hal ini Agar Jadi Lebih BaikPixabay/Free_photos

Rasa jenuh yang membuatmu berpikir bahwa hidup ‘gitu-gitu aja’ kerap kali berubah menjadi sebuah godaan agar kamu beralih tujuan. Kamu yang merasa tidak ada perubahan dalam hidup tentu akan memilih untuk melakukan hal-hal lain yang menurutmu akan lebih mudah untuk ditaklukkan.

Padahal, tanpa kamu sadari, perbuatan tersebut malah akan menjadikan hidupmu lebih terasa acak. Pasalnya, satu tujuan saja belum tercapai dan kamu malah memilih untuk menghidupkan tujuan baru. Alhasil, semua tujuanmu malah akan terbengkalai.

Nah, jika memang tidak ingin tujuan dalam hidupmu terbengkalai, sadarilah jika hidup itu bukanlah sesuatu yang ‘instan’. Semua butuh proses untuk mencapainya, termasuk perubahan hidup yang kamu harapkan akan menjadi lebih baik.

Jadi, cobalah untuk terus melangkah dan berproses tanpa berpikir semua yang kamu lakukan hanya berakhir dengan sia-sia.

5. Pilihlah satu keahlian untuk ditekuni

Hidup Terasa 'Gitu-Gitu Aja', Lakukan 5 Hal ini Agar Jadi Lebih BaikPixabay/Bals12

Salah satu cara agar hidupmu berubah adalah dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Namun, kamu tidak perlu repot-repot untuk melakukan semuanya. Cukup pilihlah beberapa keahlian yang kamu sukai. Tekuni keahlianmu itu dengan penuh suka cita.

Dengan begitu kamu akan merasa bahwa hidupmu tidak hanya berkutat pada satu titik saja. Karena menekuni suatu keahlian yang kamu sukai tentu akan memberikan sebuah manfaat dalam hidup. Dengan begitu kamu tidak akan lagi merasa hidupmu 'tidak berjalan'. 

Mulai sekarang jangan pernah merasa hidupmu hanya ‘gitu-gitu aja’, ya! Karena sebenarnya kamu hanya tidak ‘merasakannya’, bukan tidak ‘mendapatkannya’.

Cobalah sadari perubahan dalam hidupmu mulai dari  hal-hal kecil. Dan jika kamu tetap merasa jenuh dan berpikir bahwa kehidupanmu hanya berkutat pada satu titik, lakukan saja lima hal tersebut, dan rasakanlah perbedaannya.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak yang Bikin Hidup Lebih Bahagia & Semangat Dijalani

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya