Comscore Tracker

24 Jam Sehari itu Cukup Kalau Lakukan 5 Hal Ini

Waktunya sama, cara memanfaatkannya yang berbeda 

Tiap orang memiliki waktu yang sama setiap harinya. Meski demikian, beda orang beda pula caranya dalam memanfaatkannya. Ada yang bisa mengerjakan banyak hal dalam satu hari, namun ada pula yang merasa 24 jam itu kurang.

Yang jadi masalah bukan ada di waktunya, tapi lebih ke cara menggunakannya. Agar bisa memaksimalkan waktu yang ada, coba ikuti kelima cara berikut ini.

1. Buat jadwal kegiatan yang sudah disusun berdasarkan skala prioritas 

24 Jam Sehari itu Cukup Kalau Lakukan 5 Hal Iniilustrasi membuat jadwal (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Kesalahan umum yang sering dilakukan dalam mengelola waktu adalah tidak ada jadwal kegiatan. Alhasil, kita seringkali bingung apa yang harus dikerjakan sekarang. Ada banyak tugas, namun bingung harus mulai dari mana.

Buat daftar kegiatan yang harus dikerjakan, kemudian diurutkan berdasarkan kepentingan dan tingkat urgensi. Masukkan kegiatan tersebut ke dalam jadwal harian. Kita akan jadi lebih terarah dalam menjalani hari dan memanfaatkan waktu yang ada.

2. Dalam mencapai tujuan tertentu, buat perencanaan yang realistis 

24 Jam Sehari itu Cukup Kalau Lakukan 5 Hal Iniilustrasi membuat rencana (unsplash.com/QArea Inc.)

Banyak impian yang ingin dicapai kadang membuat kita memasang target yang tinggi. Meski dengan daya juang yang tidak kalah tinggi, target sebaiknya dibuat secara realistis. Hal ini termasuk dalam membuat rencana untuk mencapainya.

Alih-alih ingin turun berat badan drastis dalam waktu singkat, lebih baik fokusnya adalah fokus olahraga dan jaga pola makan setiap hari. Dengan rencana yang realistis, kita akan lebih termotivasi untuk berusaha. Alhasil, target jadi lebih mudah tercapai.

Baca Juga: 5 Bedanya Kerja Keras vs Kerja Cerdas, Lebih Efektif Mana?

3. Tidak harus dikerjakan sendiri, delegasikan beberapa tugas pada orang lain 

24 Jam Sehari itu Cukup Kalau Lakukan 5 Hal Iniilustrasi kerjasama (unsplash.com/Jason Goodman)

Kita hidup di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, tidak jarang, aktivitas kita akan membuat kita berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Hal ini kemudian jadi kesempatan kita untuk mendelegasikan tugas.

Dengan memasrahkan tugas tertentu kepada orang lain, hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan terhadap orang lain namun juga menghemat waktu yang ada. Hal ini memberikan kesempatan bagi kita untuk melakukan kegiatan lain yang lebih mendesak.

4. Atur waktu penggunaan media sosial dengan bijak 

24 Jam Sehari itu Cukup Kalau Lakukan 5 Hal Iniilustrasi media sosial (unsplash.com/stereophototyp)

Di sela-sela hari, kadang ada waktu kosong yang kemudian membuat kita bingung dalam memanfaatkannya. Tidak jarang, kita memilih untuk mengakses media sosial. Awalnya kita berencana beberapa menit. Nyatanya, bisa sampai hitungan jam.

Dengan potensi menimbulkan pemborosan waktu, ada baiknya kita mulai belajar untuk memiliki waktu khusus untuk mengakses media sosial. Hal ini akan membantu kita untuk secara maksimal menjalani hari dan mengerjakan tugas-tugas yang ada.

5. Miliki waktu tidur yang cukup agar bisa maksimal dalam mengerjakan setiap tugas 

24 Jam Sehari itu Cukup Kalau Lakukan 5 Hal Iniilustrasi orang tidur (unsplash.com/Tânia Mousinho)

Dalam proses belajar tentang manajemen waktu, hal ini tidak melulu tentang membuat jadwal. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan tidur yang kita miliki. Bagaimana hal ini bisa berpengaruh?

Dengan memiliki tidur yang cukup, tubuh kita akan jadi lebih prima dalam menjalani hari. Alhasil, kita bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas dengan maksimal. Tidak perlu lagi diulang atau diperbaiki karena sudah yang terbaik.

Proses belajar mengelola waktu 24 jam dalam sehari merupakan sebuah proses. Tidak perlu bingung caranya, kita bisa mulai dengan ikuti lima tips ini.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Waktu agar Tidak Terbuang Sia-Sia, Wajib Tahu!

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya