Comscore Tracker

5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup 

#IDNTimesLife Sudah nonton belum?

Di hari Natal 2020 lalu, Pixar meluncurkan film terbarunya berjudul Soul. Film animasi ini berkisah tentang Joe Gardner yang bercita-cita menjadi musisi, namun terancam pergi dari dunia sebelum berhasil mewujudkan impiannya tersebut.

Di balut dengan kisah yang ringan, Soul mampu menggaet hati banyak penonton, termasuk yang telah berusia dewasa. Bagaimana tidak, film ini memiliki pesan bermakna yang relevan dengan kehidupan kita saat ini.

Lantas apa saja pesan yang bisa dipetik dari film berdurasi hampir 2 jam ini? Berikut beberapa di antaranya!

1. Jangan pernah menyerah dalam mengejar mimpimu

5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup dok. Pixar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Joe Gardner memiliki cita-cita menjadi musisi Jazz sejak kecil. Ia berjuang untuk meraih impiannya tersebut, meskipun banyak ditolak, dicemooh, dan juga diremehkan. Pada akhirnya, Joe benar-benar berhasil meraih impiannya tersebut.

Perjalanan Joe menjadi musisi Jazz bukanlah hal yang mudah, namun ia tidak pernah menyerah. Tentunya, sikap ini patut banget menjadi contoh untuk kita. Hayo ngaku, siapa yang di sini gampang banget menyerah saat keadaan mulai terasa susah?

2. Obsesi bisa membuatmu buta akan hal-hal baik di sekitarmu

5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup dok. Pixar

Joe memang pantang menyerah terhadap impiannya. Namun, ia tak sadar bahwa impiannya tersebut malah memunculkan obsesi yang kurang sehat. Hidupnya hanya tertuju pada Jazz sampai buta akan hal-hal baik lain yang ada di hidupnya.

Dari sini, kita perlu belajar bahwa pantang menyerah itu baik, tapi jangan sampai terobsesi. Belajar berkata cukup, dan belajar menghargai setiap progress kecil yang kita alami. Dengan begitu, kamu akan lebih bahagia saat berhasil mendapatkan impianmu.

3. Setiap orang memiliki keunikan dan perannya tersendiri di dunia

5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup dok. Pixar

Saat terjebak dalam the Great Before ( tempat di mana jiwa-jiwa di bentuk sebelum lahir ke bumi), kita diperkenalkan dengan berbagai macam jiwa dengan karakter yang berbeda-beda. Dari sini, kita bisa melihat bahwa setiap orang memang lahir dengan keunikannya sendiri.

Keunikan ini lantas membuat tiap jiwa memiliki peran di dunia ini. Gak peduli peranmu besar, atau pun kecil, kamu tetap layak untuk hidup dunia ini kok!

Baca Juga: Disebut 'Pure Soul', 7 Alasan Spesialnya Pribadi ENFP dari V BTS

4. Gak semua yang kita harapkan adalah yang terbaik untuk kita

5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup dok. Pixar

Semua orang tentu punya harapan, dan mereka berusaha mewujudkannya. Sayangnya, terkadang hidup membawa kita menuju arah yang berbeda dari harapan kita. Meskipun begitu, bukan berarti arah yang berbeda ini lebih buruk dari harapan kita lho!

Pesan ini digambarkan dari kisah Dez, seorang tukang pangkas rambut dan juga teman Joe. Dez ingin menjadi seorang dokter hewan, tapi impian itu tidak memungkinkan sehingga hidup mengharuskannya menjadi seorang tukang potong rambut. Ternyata, perubahan itu membawanya pada keahlian baru dan kebahagiaan yang didapatkannya saat ini.

5. Hidup mengalir apa adanya itu gak apa-apa

5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup dok. Pixar

Apakah selama ini kamu galau dengan tujuan hidupmu di dunia ini? Bagaimana kalau memang kamu gak punya misi khusus. Kamu hanya perlu menikmati hidupmu setiap menitnya.

Pesan inilah yang menjadi pesan inti dari film Soul. Pada dasarnya, kamu gak butuh tujuan hidup untuk hidup di dunia ini. Gak apa hidup mengalir dan mensyukuri hal-hal kecil yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu bisa hidup lebih bahagia.

Itu tadi pelajaran film Soul yang bisa kamu petik. Manakah yang paling pas dengan realita hidupmu saat ini?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya