Comscore Tracker

Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malas

#IDNTimesLife Kalau untuk ini, malasnya jangan tanggung ya

Biasanya kata malas itu selalu disikapi dengan negatif. Ternyata, malas bisa juga positif lho. Bahkan untuk hal-hal tertentu, justru malas malah dianjurkan. Seperti malas dalam hal yang akan dibahas lebih lanjut berikut ini. Terus disimak ya.

1. Malas ngomongin aib orang 

Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malasfreepik.com/cookie-studio

Lebih dikenal dengan istilah gosip. Ada yang berdalih, lha itu kan emang kejelekan dia, bukan mengada-ada. Iya, makanya membicarakan aib atau kejelekan orang lain, dibilangnya gosip atau ghibah. Kalau membicarakan hal yang mengada-ngada, namanya fitnah. Keduanya tetap aja gak baik.

Kamu udah benar kok kalau selama ini termasuk malas ngomongin aib orang. Pikir deh, faedahnya apa sih? Dengan menyebarkan kejelekan orang, gak akan membuatmu terlihat mulia. Daripada membicarakan keburukan orang, mending membicarakan masa depan. Masa depan kamu dan dia misalnya.

2. Malas mager 

Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malaspixabay.com/free-photos

Malas lainnya yang justru harus semangat kamu jalani adalah malas mager (malas gerak). Mager ini bukan hanya malas keluar rumah, tapi juga pengennya rebahan aja, malas ngapa-ngapain. Mumpung sehat, masih muda, masih dianugerahi Tuhan bisa bernapas, isilah waktu dengan sebaik mungkin.

Kalau kebetulan kamu lagi stuck dengan tugasmu, lakukan hal lain yang positif. Misalnya olah raga atau berjalan kaki ke luar lihat pemandangan, supaya otakmu jadi segar dan tubuhmu kembali berenergi sehingga bisa melaksanakan tugasmu dengan lancar.

3. Malas jadi pendendam 

Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malasunsplash.com/@dre0316

Saat dikecewakan, sangat wajar jika kamu kesal dan marah serta ingin membalasnya. Namun jika perasaan ini dibiarkan, akan menguras energimu. Alih-alih fokus pada tujuan yang kamu targetkan, pikiranmu malah selalu terpaku memikirkan bagaimana cara membalas orang yang telah menyakitimu. Tentunya ini membuat kamu jadi tidak produktif bukan?

Malaslah jadi orang pendendam. Ingatkan dirimu, masih banyak hal penting lain yang harus kamu capai. Ngapain berlarut-larut dalam perasaan amarah. Toh tiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Buka pintu maafmu lebar-lebar, niscaya akan membawa ketenangan.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Terbuang Sia-sia Karena Sikap Malas, Segera Hentikan

4. Malas meladeni orang-orang julid 

Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malasunsplash.com/@kevcostello

Menjamurnya penggunaan media sosial, membuat kita banyak menemui orang-orang julid. Selalu repot mengurusi urusan orang lain dan dengan entengnya mengeluarkan komentar negatif tanpa berpikir bahwa kata-katanya itu bisa menyakitkan orang lain.

Menghadapi tipe orang seperti ini, paling mudah ya cuekin aja. Karena biasanya orang julid haus akan perhatian. Karena itu, mereka banyak melakukan hal negatif demi memancing respon sekitarnya. Ih, gak mau banget kan bikin mereka senang? Jadi, dimalesin aja kalau nemu tipe orang julid.

5. Malas mendramatisir keadaan 

Alasan Kenapa untuk 5 Hal Ini, Kamu Boleh Bersikap Malasunsplash.com/@officestock

Namanya juga hidup, pasti akan selalu ada masalah. Di situlah manusia diuji untuk menjadi pribadi yang tangguh.

Ada sebagian orang yang bisa tetap berkepala dingin ketika menghadapi masalah. Tapi ada pula yang lebay alias senang mendramatisir. Seolah-olah hanya dia yang mengalami.

Nah, kalau untuk hal ini, kamu boleh banget malas. Jadilah sosok yang tenang ketika menemui masalah. Selalu ingat, bahwa di tiap kesulitan itu akan selalu ada kemudahan.

Selama ini, kita selalu mengenal malas membawa keburukan, namun untuk kasus seperti yang sudah dijabarkan, malas malah bisa membawa kebaikan. Jika kamu mampu melakukannya, niscaya hidupmu akan jauh lebih bahagia, tenteram, dan produktif.

Baca Juga: Bukan Gak Peduli, 5 Sikap Ini Bikin Doi Jadi Malas Dengerin Curhatanmu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya