Comscore Tracker

Tetaplah Optimis! Ada 5 Alasan yang Membuatmu Tak Boleh Menyerah 

Sesulit apa pun hidup, tetaplah optimis

Ada banyak alasan untuk membuat kamu menyerah. Situasi ekonomi yang sedang sulit, usiamu yang terlalu muda atau terlalu tua, belum memiliki skill, dan sebagainya.

Namun itu semua, balik kepada diri kamu sendiri. Apakah kamu ingin menyerah begitu saja. Atau malah bangkit dan terus berjuang. Buat kamu yang masih menyimpan secuil harapan, di bawah ini beberapa alasan untuk membuatmu tetap optimis dan tidak menyerah.

1. Kamu masih hidup hingga saat ini 

Tetaplah Optimis! Ada 5 Alasan yang Membuatmu Tak Boleh Menyerah unsplash.com/@nosoycesar

Selama Tuhan masih memberimu kesempatan untuk bisa bernapas hingga hari ini, maka tak ada alasan untuk menyerah. Tidak ada yang bisa menjamin besok, lusa, minggu depan, bulan depan atau tahun depan, kamu masih tetap hidup.

Oleh sebab itu, manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin dengan totalitas berusaha mencapai apa yang kamu inginkan. Karena sepelik apa pun masalah hidup, jika dibandingkan dengan misteri kematian, akan terlihat kecil. Jadi tetap semangat ya, berusaha demi dirimu dan orang-orang yang kamu cintai.

2. If you can dream it, you can achieve it 

Tetaplah Optimis! Ada 5 Alasan yang Membuatmu Tak Boleh Menyerah pixabay.com/Free-Photos

Familiar banget ya dengan pepatah di atas? Klise memang. Tapi ya kenyataannya gitu. Kalau kamu bisa memimpikannya, berarti kamu juga bisa mencapainya.

Sudah banyak kisah-kisah sukses mereka yang memiliki impian besar dan berhasil meraihnya. Contohnya Wright Bersaudara, penemu pesawat terbang.

Bayangin dong, mereka berani memiliki ide membuat mesin yang bisa membawa manusia terbang padahal saat itu transportasi masih dalam bentuk kereta kuda. Gak heran banyak orang yang ragu. Tapi buktinya, temuan mereka jadi sumbangan besar dunia penerbangan saat ini.

3. Kamu gak mau hidup dalam penyesalan seumur hidup 

Tetaplah Optimis! Ada 5 Alasan yang Membuatmu Tak Boleh Menyerah pexels.com/@geralt

Bayangin ketika kamu sudah berusia 80 tahun dan sedang duduk merenungkan masa lalu. Kemudian kamu bertanya pada dirimu sendiri, gimana ya kalau waktu dulu, kamu gak mengikuti rasa takutmu dan pindah kerjaan ke tempat yang lebih baik? Mungkin saja, masa tuamu akan lebih nyaman karena memiliki kondisi finansial yang lebih stabil.

Namun, nasi sudah jadi bubur. Waktu yang lewat sudah tidak bisa kembali. Akhirnya kamu hanya bisa hidup dalam penyesalan.

So, mumpung saat ini masih diberi kesempatan, gunakan sebaik-baiknya agar hidup bisa tenang tanpa ada penyesalan.

Baca Juga: Luar Biasa! 5 Aura Ini Akan Kamu Pancarkan Jika Bersikap Optimis 

4. Kegagalan itu biasa 

Tetaplah Optimis! Ada 5 Alasan yang Membuatmu Tak Boleh Menyerah pixabay.com/EliasSch

Coba deh sebutin, satu aja, orang sukses yang gak pernah gagal? Pasti gak ada. Di dalam kehidupan, kegagalan itu biasa.

Sebagai contoh, anak bayi. Sebelum bisa jalan, harus terjatuh berkali-kali dulu kan? Baru deh lancar jalannya. Jadi, jangan biarkan kegagalan masa lalu mendefinisikan masa depanmu. Selama kamu terus berusaha, tinggal tunggu waktunya kamu akan berhasil.

5. Menang itu enak lho 

Tetaplah Optimis! Ada 5 Alasan yang Membuatmu Tak Boleh Menyerah pexels.com/@olly

Kamu gak harus membayangkan yang besar-besar kayak memenangkan olimpiade. Berhasil melawan dirimu sendiri untuk terus mengerjakan tugas kuliah padahal mata udah lima watt, itu juga sebuah kemenangan. Meski lelah, tapi setelah tugas itu selesai, berasa puas banget kan?

Nah, saat kamu down, coba deh bayangin ketika kamu sudah berhasil meraih impianmu. Misalnya, ngebayangin wajah bahagia mama papa tercinta saat diberangkatkan umroh dengan uang hasil kerja kerasmu. Wah, segala lelah dan air mata pastinya terasa hilang saat lihat senyum terpancar dari wajah renta mereka. Iya apa iya?

Itulah beberapa alasan kenapa kamu gak boleh nyerah. Apa pun kesulitan yang kamu hadapi saat ini, tetaplah optimis. Karena setiap kesulitan itu selalu ada kemudahan. Yang penting usaha terus. Setuju?

Baca Juga: Urutan Zodiak dari yang Paling Optimis sampai Pesimis

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya