Comscore Tracker

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!

Cari penghasilan tambahan kalau gaji selalu kurang

Salah satu sumber penyesalan seseorang berkaitan dengan keuangan. Misalnya saja, ada karyawan yang bekerja di perusahaan dengan posisi bagus dan gaji besar. Merasa aman, ia gak pernah berpikir untuk menyisihkan tabungan atau berinvestasi menyiapkan sumber penghasilan lain, jaga-jaga bila ada masalah dengan sumber pendapatan yang sekarang.

Karena cara pengelolaan keuangan yang buruk, meski sudah bergaji besar, namun gak punya dana darurat atau tabungan yang memadai. Ia baru sadar pentingnya itu setelah mengalami PHK akibat kondisi ekonomi yang memburuk, sehingga perusahaan bangkrut.

Hidup dengan penyesalan pasti gak enak, kan? Untuk mencegahnya, berikut financial checklist yang dapat membantu kamu cara mengatur keuangan dengan lebih bijaksana, sehingga kondisi finansialmu aman. Ini dia poin-poin pentingnya!

1. Analisa semua hutang dan berusaha lunasi. Tidak maslaah sekarang mesti mengencangkan ikat pinggang, tapi setidaknya keuanganmu sehat

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

2. Buat anggaran realistis yang gak terlalu strict, namun tidak terlalu longgar juga. Berusahalah disiplin menerapkannya sehari-hari

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi kelola keuangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

3. Catat keuangan selama ini dan batasi pengeluaran-pengeluaran yang gak terlalu penting. Alokasikan uang tadi ke tabungan

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi celengan (unsplash.com/Konstantin Evdokimov)

4. Buat tujuan keuangan, misalnya untuk mencicil rumah. Supaya ketika godaan foya-foya itu datang, kamu bisa lebih mampu melawannya

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi kunci rumah (pexels.com/Kindel Media)

5. Siapkan dana darurat supaya ketika ada hal tak terduga gak mengganggu tabungan jangka menengah dan jangka panjangmu

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi ATM (pexels.com/RODNAE Productions)

Baca Juga: 5 Persoalan Keuangan dalam Pernikahan yang Dapat Memicu Perceraian

6. Siapkan asuransi kesehatan karena gak ada yang bisa menebak kondisi masa depan. Biaya kesehatan itu mahal, lho!

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi UGD (pexels.com/Pixabay)

7. Buat anggaran untuk liburan. Hindari menggunakan fasilitas paylater karena artinya kamu hanya menambah hutang konsumtif

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi traveling (pexels.com/Te lensFix)

8. Tentukan seperti apa kamu ingin menghabiskan masa pensiun. Persiapkan dana yang dibutuhkan sejak sekarang, ya!

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi orang tua (pexels.com/SHVETS production)

9. Kalau keadaan keuanganmu selalu stuck, cari penghasilan tambahan atau pekerjaan yang bisa memberikan gaji besar. Gak ada salahnya, lho!

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com/Ivan Samkov)

10. Sisihkan bujet untuk upgrade diri, misalnya mengikuti workshop atau seminar. Ingat, dunia itu terus berubah, maka skill pun harus berkembang

10 Financial Checklist agar Masa Depan Aman Tanpa Penyesalan, Lakukan!ilustrasi seminar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Dengan adanya checklist di atas, kamu jadi tahu poin-poin apa saja yang mesti kamu siapkan dari sekarang. Agar masa depan aman dan gak hidup dalam penyesalan. Semangat, ya!

Baca Juga: Tips agar Generasi Sandwich Tetap Merdeka Finansial

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya