Comscore Tracker

Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Ini

#IDNTimesLife Kelakuanmu bisa saja mengundang masalah

Sungguh merugilah orang yang semakin bertambah usia, tapi tak juga mengambil manfaat dari berbagai pengalaman hidupnya. Karena semakin kamu dewasa, ada banyak pelajaran hidup yang bisa kamu petik hikmahnya.

Saat masih belia, mungkin ada banyak ekspektasi yang kamu simpan. Tapi kini kamu sadar, bahwa sering kali, kenyataan hidup gak sesuai dengan harapan. Seperti kenyataan hidup berikut ini. Apa saja?

1. Terkadang lepas tangan adalah jalan yang terbaik

Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Iniilustrasi wanita duduk sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dulu, kamu masih begitu naif. Merasa mampu untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Masalahnya, perubahan permanen hanya akan berhasil jika niatan berubah itu lahir dari dirinya sendiri.

Dan ini yang kamu sadari ketika beranjak dewasa. Bahwa baik atau tidaknya seseorang, bukan tanggung jawabmu. Kalau beragam upaya sudah kamu lakukan untuk mendorongnya berubah, tapi dirinya sendiri gak mau ditolong, maka lepas tangan menjadi opsi yang terbaik. Karena memang ada sebagian manusia, yang harus jatuh ke jurang terdalam dulu, baru sadar.

2. Gak semua hal dalam hidup ini ada dalam kendalimu

Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Iniilustrasi pria memejamkan mata (pexels.com/Renan Lima)

Sudah merancang rencana dengan begitu rupa, tapi akhirnya gagal karena faktor tak terduga. Hati terasa dicabik-cabik. Dan ini pula, yang kerap membuatmu sampai trauma untuk mencoba.

Namun, berbagai pengalaman gagal, akhirnya membuat pikiranmu terbuka. Bahwa gak semua hal di dunia ini ada dalam kendalimu. Dari situ, kamu jadi berusaha untuk ikhlas. Yang penting usaha dulu, kalau memang hasilnya belum sesuai, ya sudah. Coba lagi dengan pendekatan baru.

Baca Juga: 5 Tips Menanamkan Kerukunan Antarsaudara biar Akur Sampai Dewasa

3. Kesulitan yang kamu alami saat ini, ternyata buah tanganmu sendiri

Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Iniilustrasi pria sedang muram (pexels.com/Alex Green)

Dulu kamu masih gengsi untuk mengakui, bahwa berbagai masalah hidup yang kamu alami saat ini, kalau mau jujur, ya karena ulahmu sendiri. Saat orang lain bekerja keras, kamu santai. Ketika mereka sudah dapat pekerjaan, kamu masih jadi pengangguran. Yang disalahkan, pemerintah, kondisi ekonomi yang buruk, dan sebagainya.

Kini, kamu sudah berhenti melakukan itu. Kamu telah berani mengambil tanggung jawab atas berbagai masalahmu. Dan kesadaran ini, yang membuatmu lebih berhati-hati dalam memilih keputusan hidup.

4. Gak semua orang akan bertindak sesuai dengan yang seharusnya

Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Iniilustrasi wanita berambut keriting (pexels.com/Cleyder Duque)

Dulu kamu beranggapan kalau kamu menolong dia, pastinya dia akan balik menolongmu. Kalau kamu ramah padanya, dia pun pasti ramah padamu. Kalau kamu bahagia dengan prestasinya, maka dia pun akan bangga dengan prestasimu.

Ternyata, gak seperti itu kenyataan hidup sebenarnya. Ada saja orang-orang yang bertindak dengan semaunya. Kamu sudah berusaha baik, tapi tetap dijahati.

Tapi, dirimu sudah sadar untuk tidak memusingkan hal-hal yang gak penting. Kalau mereka memang maunya bersikap buruk terus, nanti mereka juga yang bakal kena getahnya. Bodo amat aja, ah!

5. Terkadang kamu harus menunggu untuk memahami makna terselubung

Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Iniilustrasi pria sendirian (unsplash.com/Zakaria Zayane)

Semakin bertambah dewasa, kamu jadi sadar, bahwa gak semua hal itu bisa dijelaskan maknanya saat ini. Ada kalanya, waktu yang akan membuka segalanya.

Mungkin inilah cara Tuhan untuk mengajarkan hamba-Nya agar selalu ikhlas menerima segala keputusan. Karena ada banyak hal yang dulunya kamu kutuk, di kemudian hari baru tampak manfaatnya kenapa dulu, kamu mengalami hal yang tak mengenakkan tersebut.

Dari uraian di atas, semoga bisa mendorong kita memaknai hidup ini dengan lebih baik. Nah, menurutmu, ada kenyataan hidup apa lagi yang baru kamu sadari saat sudah dewasa?

Baca Juga: Kamu Dewasa jika Mampu Bersikap Begini saat Bermasalah dengan Pasangan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya