Comscore Tracker

Gak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Sudah Toksik ke Diri Sendiri

Sebaiknya dicek, apakah kamu punya kebiasaan toksik ini?

Sering kali pembahasan perilaku toksik melibatkan interaksi dengan orang lain. Jarang disadari, bahwa toxic behavior bisa juga ditujukan ke diri sendiri, lho. Misalnya saja dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan negatif berikut ini.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa jadi bukti kalau selama ini kamu sudah sering berlaku toksik ke diri sendiri. Ingin tahu apa aja kebiasaan tersebut? Mari disimak!

1. Sering memendam emosi

Gak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Sudah Toksik ke Diri Sendiriilustrasi pria bersedih (pexels.com/Ron Lach)

Di antara alasan kenapa kamu sering memendam emosi, yakni karena gak mau merepotkan atau mengkhawatirkan orang lain, atau karena takut dibilang lemah. Padahal, kebiasaan memendam apa yang kamu rasakan, bisa merusak mental, lho.

Layaknya menyimpan racun dalam tubuh yang menyebabkan tubuh gak berfungsi normal, begitu pula jika kamu seringnya cuma bisa sedih atau kesal dalam diam. Itu sama saja menyimpan racun dalam hati, yang kemudian bisa merusak diri, misalnya jadi depresi.

2. Perfeksionis

Gak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Sudah Toksik ke Diri Sendiriilustrasi pria sedang bekerja (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Berusaha terbaik dalam melakukan apa pun memang sudah jadi hal yang seharusnya. Hanya saja, hindari sampai bersikap perfeksionis, karena bisa merugikan diri sendiri.

Menuntut segala sesuatu selalu berjalan dengan sempurna, membuat kamu jadi rentan stres. Akibatnya, kamu gak bisa meng-handle kegagalan dengan baik. Sebagai contoh, gampang terpuruk dan sulit bangkit.

Baca Juga: 5 Tanda yang Menunjukkan bahwa Kamu Termasuk Orang Toxic, Apa Saja?

3. Kebiasaan berkeluh kesah

Gak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Sudah Toksik ke Diri Sendiriilustrasi wanita berhak tinggi (unsplash.com/Hanna Postova)

Manusia memang makhluk yang penuh dengan keluh kesah. Karena itu, mengeluh merupakan hal yang wajar terjadi. Mengeluh juga gak selamanya negatif. Terkadang, dengan mengeluh bisa sedikit membantumu untuk merasa lebih ringan dari beban hidup.

Meskipun mengeluh mempunyai efek positif, tapi hindari menjadikannya kebiasaan. Selain bisa membuatmu gak disukai banyak orang karena menyebarkan aura negatif, hal itu juga akan semakin memberatkan kondisi mentalmu yang sedang letih akibat situasi sulit yang dihadapi.

4. Melakukan prokrastinasi

Gak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Sudah Toksik ke Diri Sendiriilustrasi nonton TV (unsplash.com/Alfred Rowe)

Siapa yang sering menunda-nunda pekerjaan? Sadar gak, sih, sebenarnya hal itu sama saja dengan berlaku toksik ke diri sendiri, lho!

Meskipun menunda tugas yang mesti kamu selesaikan bisa memberi kesenangan, tapi sifatnya sementara. Pikiranmu gak bisa sepenuhnya tenang, karena sadar bahwa apa yang kamu lakukan itu keliru. Kamu malah jadi rentan stres akibat dihinggapi rasa bersalah.

5. Terlalu memedulikan omongan orang lain

Gak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Sudah Toksik ke Diri Sendiriilustrasi pria merenung (unsplash.com/Mubariz Mehdizadeh)

Sebagai makhluk sosial, kamu memang gak bisa sepenuhnya lepas dari komentar orang lain. Komentar-komentar tersebut pun gak selamanya buruk. Karena ada pula komentar yang meski berupa kritikan, tapi sifatnya membangun, dan bisa membuatmu jadi pribadi lebih baik.

Menjadi toksik apabila kamu terlalu berlebihan menyikapi perkataan di sekitarmu. Sampai-sampai omongan orang lain kamu jadikan validasi dalam bersikap.

Padahal, mereka gak akan bertanggung jawab, lho, apabila pendapat mereka kamu pakai, dan ternyata salah, serta merugikan. Jadi, buat apa terlalu mementingkan opini orang yang gak ada sangkut pautnya dalam hidupmu?

 

Layaknya sikap toksik ke orang lain perlu dihindari, sikap toksik ke diri sendiri pun berdampak buruk, dan mesti kamu jauhi. Semoga dengan uraian tadi, bisa jadi upaya penyadaran diri supaya kamu bisa bersikap lebih baik ke diri sendiri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Toxic yang Dianggap Wajar, Segera Perbaiki Pola Pikir!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya