Comscore Tracker

Hambat Kemajuan Hidupmu, Ini 5 Cara Berhenti Overthinking

Kalau gak sekarang, kapan lagi hentikan kebiasaan buruk ini?

Kebiasaan membiarkan pikiran melanglang buana akhirnya sering membuatmu jadi mikir berlebihan atau overthinking.  Hal ini khususnya terjadi ketika menghadapi situasi yang gak ideal. Umumnya, pikiran yang datang pun melibatkan kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Tanpa sadar, kebiasaan overthinking ini bisa menghambat kemajuan hidupmu. Sudah tak terhitung kesempatan emas yang terlewat begitu saja, akibat cara berpikirmu yang terlalu kompleks.Agar tidak terus-menerus merugikan, berikut ini beberapa cara untuk berhenti overthinking. Apa saja?

1. Cek faktanya

Hambat Kemajuan Hidupmu, Ini 5 Cara Berhenti Overthinkingilustrasi wanita merenung (pexels.com/Los Muertos Crew)

Setiap kali kamu berpikir yang tidak-tidak atau mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi, coba tanya pada diri sendiri, apakah ini sesuai fakta. Bisa jadi, pikiranmu yang "super kreatif" itu sebenarnya cuma prasangka semata.

Dengan selalu mengandalkan fakta, kamu jadi terhindar dari buruk sangka terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sebab umumnya, prasangka buruk itu biasanya gak benar. Jadi, cuma bikin kamu khawatir doang!

2. Mencoba berdamai pada kekurangan

Hambat Kemajuan Hidupmu, Ini 5 Cara Berhenti Overthinkingilustrasi pria di pantai (unsplash.com/Stefan Spassov)

Sering kali pemicu kebiasaan overthinking adalah kamu yang menuntut diri sendiri untuk menjadi sempurna. Akibatnya, kamu sama sekali tidak menoleransi adanya kesalahan atau kegagalan.

Untuk mengatasinya, coba mulailah berdamai dengan diri sendiri. Terima, kalau kamu itu manusia yang pasti punya kekurangan. Dengan begitu ketika gagal, kamu gak menyikapinya secara berlebihan. Apalagi sampai trauma dan membuatmu takut mencoba.

Baca Juga: 5 Sisi Positif dari Sikap Overthinking, Gak Selalu Buruk, Kok!

3. Memastikan tubuhmu cukup istirahat

Hambat Kemajuan Hidupmu, Ini 5 Cara Berhenti Overthinkingilustrasi bangun tidur (pexels.com/cottonbro)

Lelah fisik, juga bisa memengaruhi kondisi mental. Saat badanmu lelah karena gak cukup istirahat, sulit untuk bisa berpikir dengan jernih dan objektif. Di kepalamu, malah berkecamuk ide yang tidak-tidak. Padahal itu semua hanya berbasis praduga. Gak ada faktanya sama sekali.

4. Terimalah fakta bahwa kamu gak bisa meramal masa depan

Hambat Kemajuan Hidupmu, Ini 5 Cara Berhenti Overthinkingilustrasi wanita duduk sendirian (pexels.com/Hoàng Chương)

Sematang apa pun kamu berencana, tetap tak bisa menghilangkan fakta bahwa siapa pun gak bisa meramal masa depan. Kemungkinan hal-hal tak terduga akan selalu ada.

Menerima fakta ini bisa membantumu untuk lebih berani mengambil keputusan yang akan berdampak baik terhadap hidupmu. Selama ini, hal itu selalu tertunda karena kamu sudah keburu menghakimi diri sendiri. Padahal yang terjadi nanti belum tentu seperti yang kamu bayangkan sekarang.

5. Pikirkan dampaknya

Hambat Kemajuan Hidupmu, Ini 5 Cara Berhenti Overthinkingilustrasi pria merenung (pexels.com/Roberto Lee Cortes)

Cara lain untuk menangkis kebiasaan overthinking adalah pikirkan dampak dari kebiasaan tersebut selama ini. Ada berapa banyak pekerjaan bagus yang kamu tolak karena sudah berpikir tak mampu, padahal teman-temanmu merasa kalau kamu bisa. Ada berapa banyak teman yang sakit hati, akibat kamu berburuk sangka pada mereka.

Lewat langkah ini, kamu jadi sadar betapa kebiasaan buruk overthinking sudah menghancurkan dan menghambat kesuksesan hidupmu. Maka dari itu, hentikan sekarang.

Sering kali, kita begitu fokus pada kisah kemarin dan yang akan datang, sampai terlupa dengan apa yang terjadi saat ini. Padahal, kisah yang lalu gak bisa diulang, sementara masa depan, tergantung pada yang kita persiapkan sekarang.

Overthinking bisa membuatmu jadi mengabaikan momen saat ini dan justru melayang ke kisah-kisah lampau atau pada masa depan yang tak bisa diprediksi. Yakin, mau terus begitu?

Baca Juga: 9 Tips Meditasi Ampuh untuk Kamu yang Suka Overthinking

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya