Comscore Tracker

Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!

Lakukan! Supaya kamu jadi teman yang kehadirannya dirindukan

Menjaga pertemanan itu tak mudah. Kadang kala ada perangai kita yang tanpa disadari membuat teman tak nyaman. Membuat kita jadi sosok yang tak disukai dan jadi dijauhi. Pastinya kamu gak mau, kan kalau ini sampai terjadi?

Untuk itu, kamu perlu tahu nih, langkah apa saja supaya bisa jadi teman yang asyik. Yang disukai banyak orang karena tingkah laku kita membuat orang lain nyaman. Yuk, kita simak bersama tipsnya apa aja!

1. Saat ditraktir

Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!unsplash.com/@spencerdavis

Mentraktir orang sudah jadi hal lumrah dalam hubungan pertemanan. Biasanya itu dilakukan untuk merayakan hari istimewa. Sebagai ungkapan bahagia, maka temanmu mentraktir.

Supaya nama baikmu tetap terjaga, dan temanmu pun gak kapok mentraktir, kamu harus tahu diri. Jangan pesan makanan yang mahal-mahal. Itu bisa kamu lakukan lain hari, saat kamu sendiri yang bayar.

Tapi kalau temanmu yang bayar, hindari itu. Meski dia tak melarang, tapi harusnya sih kamu bisa lebih pengertian. Malah lebih bagus lagi, kalau kamu minta temanmu saja yang pilihkan menu. Dengan begitu, dia bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dia miliki.

2. Cara menegur

Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!pexels.com/@olly

Namanya manusia, pasti pernah melakukan kesalahan. Begitu juga dengan temanmu. Hanya saja, niat baikmu untuk menegurnya sebaiknya juga dilakukan dengan cara yang baik. Hindari menegurnya di depan banyak orang.

Jika kamu lakukan, justru malah membuatnya malu dan menghancurkan harga dirinya. Kamu juga kalau di posisi dia, gak mau, kan ditegur di depan banyak orang?

3. Saat meminjam barang

Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!pexels.com/@philip-justin-mamelic-1397651

Nah, ini yang paling sering bikin teman kamu sebal dan misuh-misuh dalam hati. Kalau pinjam barang suka lupa dan berasa milik sendiri!

Pinjamnya kapan, balikinnya baru bertahun-tahun kemudian. Udah gitu, barang yang dipinjam kondisinya sudah tak karuan pula! Gimana orang gak kesal, kamu juga bakal sebal, kan kalau milikmu dirusak dan tak segera dikembalikan?

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Mudah Mendapat Banyak Teman, Fleksibel?

4. Saat bertengkar

Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!pexels.com/@shvetsa

Namanya juga pertemanan, gak ada yang berjalan mulus-mulus saja. Pasti pernah ada masa ketika kamu berseberangan sampai timbul pertengkaran.

Yang penting, semarah apa pun kamu dengan teman, jangan sekali-kali menyebar rahasia atau aibnya. Itu gak beretika, lho!

5. Saat jalan-jalan

Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!pexels.com/@freestockpro

Ini juga sudah jadi hal biasa, tapi tanpa sadar adalah perilaku yang menyebalkan dan bisa menyusahkan orang. Walaupun alasannya “cuma bercanda”, tapi sebaiknya hindari deh minta oleh-oleh sama teman yang sedang jalan-jalan.

Gak semua orang itu berada, lho! Bisa saja dia jalan-jalan karena dibayarin keluarga, bukan karena dia ada uang. Kalau kamu minta oleh-oleh padanya, bisa bikin dia serba salah. Dibeliin gak ada uangnya, gak dibeliin takut nanti dibilang pelit.

Selain itu, kebayang gak sih kalau setiap temannya minta oleh-oleh? Berapa banyak uang yang harus ia anggarkan. Belum lagi oleh-oleh buat tetangganya. Bisa-bisa lebih besar biaya oleh-oleh daripada biaya jalan-jalannya.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya jadi teman yang asyik dan dicintai banyak orang. Selamat mempraktikkan!

Baca Juga: 6 Hal yang Dilakukan Saat Teman-teman Pasanganmu Tidak Menyukaimu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya