Comscore Tracker

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen Z

Dimulai dari diri sendiri saja, yuk!

Kita saja bisa menilai kamar yang selalu digunakan untuk kita bekerja atau beristirahat. Namun, bagaimana dengan kabar bumi yang menjadi tempat tinggal kita selama ini? Apakah kita pernah mengecek kondisinya? Terkadang kita lupa bahwa seiring perkembangan teknologi, bumi juga semakin tercemar akibat kurangnya perhatian manusia akan lingkungan sekitar.

Maka tak heran, seruan untuk go green dan recycle sudah banyak digalakkan untuk merehabilitasi lingkungan sekitar kita. Langkah ini tentunya bisa diawali dari diri sendiri. Apalagi sebagai kaum milenial yang harusnya menjadi awal agen perubahan. Berikut lima langkah kita sebagai kaum milenial melakukan aksi nyata hidup go green di zaman ini. 

1. Jika jaraknya dekat, jangan malas buat jalan kaki saja

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen ZIlustrasi jalan kaki (Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron)

Jalan kaki merupakan #OneGreenStep pertama yang bisa kita lakukan. Normalnya kita pasti menggunakan moda transportasi umum untuk beraktivitas, jika belum memiliki kendaraan sendiri. Nyatanya kegiatan ini sangat memiliki dampak yang banyak juga, lho. Di antaranya, mengurangi polusi udara dari bahan bakar kendaraan, lebih hemat dan efisien, serta untuk tubuh juga jauh lebih sehat.

Jika memang kondisi memungkinkan dan jaraknya pun masih bisa ditolerir, maka cobalah untuk berjalan kaki. Awalnya pasti berat, panas, dan lainnya. Namun dengan rangkaian produk dari Garnier, pastinya kita tetap bisa merawat kulit, mendapatkan tubuh yang sehat, sekaligus ikut mendukung go green. Karena produk Garnier sudah tak menggunakan lembaran plastik pada kemasannya sejak tahun 2019 dan ini terbukti mengurangi sampah plastik. 

2. Bawa tempat bekal sendiri saat beli makan 

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen ZIlustrasi membawa tempat bekal (Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron)

Jangan malu dipandang lucu oleh orang lain saat kita membawa tempat bekal dan air minum dari rumah. Karena, dengan hal ini berarti kita ikut berpartisipasi dalam pengurangan limbah dari bungkus makanan.

Selain itu kita dapat memastikan kebersihan dari tempat makan dan minum yang kita bawa sendiri, mengingat saat pandemik ini, kesehatan adalah yang utama. 

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Mudah Jaga Kelestarian Lingkungan dari Rumah

3. Ganti tas plastik dengan tas khusus untuk belanjaan

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen ZIlustrasi membawa tas belanja (Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron)

Saat ini sudah banyak sekali toko yang tidak menggunakan kantung plastik sebagai tas belanja. Namun, di beberapa tempat belanja, sebagian masih menggunakan plastik. Nah, kita bisa jadi agen perubahan dengan tak lupa selalu membawa tas belanja berbahan kain yang pastinya bisa dipakai berulang dan tidak menambah limbah plastik. 

Produk Garnier sendiri sudah bekerja sama dengan eRecycle untuk mengajak masyarakat yang ada di Jakarta dan Depok serta daerah lain akan segera menyusul, untuk mengumpulkan sampah plastik. Caranya tinggal download eRecycle dan selanjutnya bisa menentukan jumlah sampah dan titik penjemputan. Selengkapnya info tentang ini dan komitmen Garnier mengenai kunjungi www.garnier.co.id atau melalui link berikut ini https://erecycle.id/program/.

4. Pilih produk yang mendukung kegiatan go green

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen ZGarnier Serum Mask (Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron)

Salah satu produk yang mendukung gerakan ini adalah Garnier. Dengan hashtag #GarnierGreenBeauty, kita bisa mengetahui bahwa misi Garnier tidak hanya ingin menjaga kesehatan kulit orang-orang, namun juga ingin ikut serta dalam menjaga lingkungan. 

Produk dari Garnier sendiri sudah menggunakan bahan yang ramah lingkungan pada kemasannya. Sejak tahun 2019, Garnier telah menghilangkan lembaran plastik pada kemasan dan produk masker. Dengan langkah ini terbukti bisa menghemat hingga 32 ton plastik. Sungguh mengagumkan, bukan? Untuk lebih mengetahui selengkapnya tentang apa saja yang sudah dilakukan Garnier sebagai upaya hidup go green, bisa cek di sini htttps://www.garnier.co.id/green-beauty. 

5. Cobalah mendaur ulang sampah menjadi sebuah karya

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen ZIlustrasi karya daur ulang (Dok.Pribadi/Laurensius Aldiron)

Tak bisa dimungkiri, sampah plastik, kertas, dan lainnya, masih terdapat di sekitar kita. Maka dari itu sebagai langkah recycle, kita bisa mendaur ulang beberapa bahan yang biasanya menjadi limbah rumah tangga. Seperti misalnya kardus, plastik, kertas, dsb.

Contohnya bisa dibuat miniatur rumah untuk dekorasi saat peringatan acara tertentu. Kegiatan ini juga bisa melatih kreativitas dan juga kedekatan antar anak dan orangtua. Selain itu, yang tadinya kita pikir hanya akan menjadi sampah, malah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dekoratif. 

6. Menyumbangkan karya lain sebagai wadah kampanye hidup go green

#GreenBeauty 6 Langkah Mendukung Hidup Go Green Ala Gen ZIlustrasi pekerjaan (pixabay.com/lukasbieri)

Karya lain ini bisa berupa hal yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Seperti contohnya melalui video atau dalam bentuk artikel seperti ini. Semakin banyak kita aktif menyuarakan masalah hidup go green kepada khalayak, maka pasti keinginan atau kesadaran masyarakat akan bisa meningkat, walau itu perlu waktu.

Bersama dengan #GarnierxIDNTimes, kita bisa menyerukan kampanye ini dalam akun yang kita miliki. Dengan demikian sebagai gen Z, kita sudah mengambil bagian dan aksi nyata dalam rangka perubahan pola hidup yang lebih sehat dan go green

Jadi, sebagai generasi gen Z, kita seharusnya juga bisa menjadi agen untuk mendukung hidup go green. Pastinya harapan kita, anak cucu nanti masih bisa menikmati lingkungan yang bersih, sehat dan juga berkualitas. Jangan lupa juga untuk selalu mendukung produk yang sudah terbukti ingin menyelamatkan dunia dari ancaman sampah dan polusi, seperti Garnier.

Selain bisa memperoleh kulit yang sehat dari bahan-bahan organik yang digunakan Garnier, penggunaan produknya sendiri sudah terjamin sudah mendukung hidup go green. Jadi tunggu apa lagi? Jangan sampai kampanye ini hanya berhenti di sini. 

Baca Juga: #GreenBeauty Kita Punya Kesempatan Sama untuk Lestarikan Bumi Tercinta

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya