Comscore Tracker

Udah Punya 5 Hal Ini? Buruan Sadar, Hidupmu Sudah Sangat Cukup!

Belajar bersyukur itu perlu dilakukan setiap hari

Hidup cukup tidaklah mudah didapatkan bagi sebagian orang. Seberapa besar gaji seseorang rasanya sulit sekali berucap ini cukup. Mungkin kamu salah satunya. Kenapa gak cukup? Karena dalam list belanja selain kebutuhan pokok terdapat pula keperluan jalan-jalan ke luar negeri, beli tas hermes, dan sebagainya.

Padahal dengan hanya lima kebutuhan pokok ini tercukupi, maka kamu wajib bersyukur karena sudah cukup. Apa saja?

1. Kesehatan

Udah Punya 5 Hal Ini? Buruan Sadar, Hidupmu Sudah Sangat Cukup!pixabay.com/Free-Photos

Kesehatan akhir-akhir ini menjadi hal yang sangat penting. Kesehatan bisa mengalahkan perekonomian yang kini benar-benar terpuruk. Maka jika kamu masih sehat, gak perlu sering-sering ke rumah sakit, hidupmu sudah lebih dari cukup. Buat apa kaya kalau yang bisa kamu lakukan hanya berobat ke rumah sakit?

2. Bisa makan dan minum

Udah Punya 5 Hal Ini? Buruan Sadar, Hidupmu Sudah Sangat Cukup!pixabay.com/Pexels

Untuk keperluan makan dan minum, kamu dan keluargamu gak kekurangan dan masih bisa makan nasi dengan lauk walau seadanya. Tak perlu merebus batu untuk menenangkan anak yang lapar. Kamu masih bisa belanja ke supermarket walau harus pakai masker dan uang pas-pasan, itu sudah lebih dari cukup.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Nyata Bahwa Kamu Masih Kurang Bersyukur dalam Banyak Hal

3. Memiliki pakaian yang layak

Udah Punya 5 Hal Ini? Buruan Sadar, Hidupmu Sudah Sangat Cukup!pixabay.com/wongyulee

Gak perlu branded, asal masih bisa ada pakaian yang layak dipakai, bisa melindungi kulit tubuh, maka hidupmu sudah sangat cukup. Bisa ganti pakaian setiap hari bahkan setiap mandi. Kamu akan merasa kurang, kalau kamu maunya hanya memakai barang branded saja, padahal penghasilan kamu sendiri kadang gak sebanyak dengan harga dan gengsi dari keinginan memiliki barang tersebut. 

4. Memiliki tempat tinggal

Udah Punya 5 Hal Ini? Buruan Sadar, Hidupmu Sudah Sangat Cukup!pixabay.com/expresswriters

Mau itu kos-kosan, apartemen, atau rumah sendiri walau masih KPR, bersyukurlah di masa pandemi ini kamu masih punya tempat tinggal pribadi untuk self quarantine. Coba bayangkan nasib tuna wisma saat ini. Maka bersyukurlah jika masih bisa punya tempat tinggal.

5. Bisa menempuh pendidikan dan punya pekerjaan

Udah Punya 5 Hal Ini? Buruan Sadar, Hidupmu Sudah Sangat Cukup!pixabay.com/Olichel

Pendidikan juga merupakan elemen yang belum bisa diakses seluruh anak Indonesia bahkan sampai ke pelosok. Masih banyak anak-anak yang perlu berjuang hanya untuk sekolah. Kamu sudah bisa sarjana, sekarang sudah punya pekerjaan tetap, masih saja merasa gak cukup, fix kamu serakah dalam hidup.

Maka dari itu kamu wajib mensyukuri jika lima poin di atas sudah kamu miliki. Belajarlah rasa cukup, karena jika kamu tidak memilikinya, kamu akan selalu stres dan gak bisa berbagi untuk sesamamu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bersyukur Itu Tidak Perlu Perbandingan, Sudah Tahu?

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya