Comscore Tracker

5 Solusi Simple saat Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Jangan Galau!

Tak semua hal bisa kamu kendalikan, lho #IDNTimesLife

Dalam hidup ini, tidak semua hal bisa dikendalikan. Walau teknologi sudah semakin canggih, ada saja hal yang membuat kamu sebagai manusia tidak bisa mengendalikan semuanya. Salah satu hal yang tak bisa dikendalikan adalah masalah suka atau tidak seseorang terhadap dirimu. 

Pastinya tidak semua orang menyukai dirimu. Namun, jangan galau dulu. Pikirkan lima hal ini saat seseorang tidak menyukaimu. Mungkin gebetan atau orang pada umumnya. 

1. Jangan menyalahkan diri jika memang bukan kamu yang salah

5 Solusi Simple saat Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Jangan Galau!Ilustrasi putus asa (pixabay.com/SEVENHEADS)

Ada banyak faktor orang jadi tidak menyukai kamu. Salah satunya adalah pernah berbuat salah kepada orang tersebut. Namun, jika kamu yakin tidak pernah berbuat yang salah pada orang tersebut, jangan lantas menyalahkan diri sendiri. Jika salah minta maaf yang tulus, jika tidak jangan paksakan. 

Karena kamu tidak bisa menyenangkan hati semua orang. Tunggu saja sampai dia akan bersikap biasa dan kamu bisa mengenal lebih dalam lagi. Jika memang tetap tidak cocok, it's okay!

2. Cari dan fokus terhadap orang yang menyukai kamu

5 Solusi Simple saat Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Jangan Galau!Ilustrasi acara keluarga (pixabay.com/sahinsezerdincer)

Sebaliknya kamu pun pasti ada yang menyukai. Nah, fokuslah kepada orang-orang yang menyukai kamu. Habiskan waktu bersama, ber-quality time, daripada galau memikirkan segelintir oranh yang tidak menyukai kamu. Akan lebih menyenangkan tentunya menghabiskan waktu bersama dengan orang yang sefrekuensi. Jadi, hidup terlalu singkat untuk menyenangkan semua orang, lho.

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!

3. Jadikan sebagai bahan masukan, bukan kutukan buat diri sendiri

5 Solusi Simple saat Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Jangan Galau!Ilustrasi wanita sendiri (pixabay.com/Free-Photos)

Saat ada orang yang tidak menyukaimu, jadikan itu sebagai bahan masukan, bukannya kutukan kepada diri sendiri. Rata-rata orang langsung menyalahkan dirinya sendiri, ketika ada orang yang tak menyukainya. Padahal belum tentu diri kamulah yang salah. Mungkin memang orang yang tak menyukaimulah yang memiliki masalah dalam hidupnya.

Jika memang dirimu mengakui harus ada perubahan lebih baik, tak masalah. Namun, jika memang orang tersebut hanya mencari kelemahanmu, jangan malah mengutuk diri sendiri. Kamu berharga dengan apa adanya dirimu. 

4. Maafkan dan jangan sekali pun menyimpan dendam

5 Solusi Simple saat Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Jangan Galau!Ilustrasi wanita karier (pixabay.com/GloriaAgostina)

Kenapa ini sampai perlu kamu lakukan juga, karena menyimpan sesuatu yang menyakitkan hatimu tidak akan berdampak baik pada kehidupan sehari-sehari. Kata-kata yang keluar dari mulutmu mungkin bisa menyakitkan, sukar bahagia, dll.

Maka janganlah menyimpan dendam dalam hati. Sebaliknya, maafkan dan lupakan. Anggap orang yang tak menyukaimu adalah hal normal dalam hidup.

5. Jangan pernah membalas untuk tidak menyukainya

5 Solusi Simple saat Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Jangan Galau!Ilustrasi pasangan bertengkar (pixabay.com/innamikitas)

Memang sikap manusia kamu akan menyuruh untuk balik tidak menyukai orang tersebut. Namun, cobalah untuk bersikap netral. Atau bahkan kamu tetap bersikap positif dengan tetap mau mengenal dia. Karena bukan tidak mungkin dia tidak menyukai dirimu karena belum terlalu kenal denganmu.

Jika ada waktu yang memungkinkan, perkenalan akan menentukan apakah dia akan menyukai dirimu atau tidak. Jika tidak berhasil, sekali lagi itu bukan salah kamu.

Seperti yin dan yang, dalam hidup juga pasti akan ada yang suka dan tidak. Itu wajar saja. Yang terpenting bersikap baiklah kepada semua orang. Pastilah persentase yang menyukaimu akan lebih banyak daripada yang tidak.

Baca Juga: 5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras Sendiri

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya