Comscore Tracker

5 Amalan yang Dapat Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Yuk Dicoba!

Gampang kok, kamu pasti bisa melakukannya

Memiliki rezeki yang halal dan berlimpah menjadi keinginan banyak orang. Untuk mewujudkan keinginan itu, banyak orang rela kerja mati-matian agar memiliki kelebihan rezeki. Tapi yang namanya usaha, enggak akan lengkap kalau enggak dibarengi sama doa.

Dalam ajaran agama Islam, selain memanjatkan doa, kita juga disarankan untuk melakukan beberapa amalan yang dapat memperlancar bahkan dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah. Mau? Berikut ini lima amalan yang dapat mendatangkan rezeki berlimpah, yuk coba!

1. Rajin melaksanakan salat dhuha 

5 Amalan yang Dapat Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Yuk Dicoba!ilustrasi orang salat (unsplash.com/Rumman Amin)

Salat dhuha memang bukan salat wajib. Tapi cuma gara-gara bukan salat wajib, bukan berarti kamu bisa melewatkan ibadah satu ini begitu saja. Nih, ya buat kamu yang belum tahu, rajin salat dhuha bukan cuma bisa nambah pahala, tapi juga mendatangkan rezeki berlimpah lho! Rasulullah SAW bersabda:

Allah SWT berfirman: “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

2. Memperbanyak membaca surat Al-Waqi'ah  

5 Amalan yang Dapat Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Yuk Dicoba!ilustrasi orang mengaji (unsplash.com/Rumman Amin)

Membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya menjadi salah satu jalan ninja untuk mendapatkan banyak pahala. Ini karena pahala dari membaca Al-Qur'an tidak terbatas. Dari Abdullah bin Ma’ud RA, Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ (الـم) حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
(رواه الترمذي)

“Siapa saja yang membaca satu huruf dari Alqur’an maka ia akan memperoleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu dilipatgandakan pahalanya sampai 10 kali lipat. Saya tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu sebagai 1 huruf, akan tetapi ‘alif’ 1 huruf, ‘laam’ 1 huruf, dan ‘miim’ 1 huruf.” (HR. Tirmidzi)

Bukan hanya panen pahala, surat-surat dalam Al-Qur'an juga memiliki keutamaan yang berbeda-beda. Surat Al-Waqi'ah sendiri dikenal sebagai surat anti fakir, di mana pembacanya akan terhindar dari berbagai kesulitan, termasuk terhindar dari kesulitan dalam mencari rezeki.

Baca Juga: 6 Ayat Al-Qur'an yang Mengajarkan Muslim agar Tak Mudah Mengeluh

3. Memperbanyak sedekah 

5 Amalan yang Dapat Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Yuk Dicoba!ilustrasi orang berbagi (unsplash.com/Beth Macdonald)

Berbagi dengan orang yang membutuhkan merupakan perbuatan mulia. Dengan berbagi, kita bisa meringankan beban saudara kita yang membutuhkan.

Sebagai balasannya Allah SWT memberikan kita pahala yang besar, serta mengganti rezeki yang kita sedekah-kan dengan rezeki yang lebih besar, bahkan kita pun akan didoakan oleh para malaikat. Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)." (HR. Bukhari) 

4. Enggak lupa membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW 

5 Amalan yang Dapat Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Yuk Dicoba!selawat kepada Rasulullah SAW (unsplash.com/Rumman Amin)

Salah satu cara untuk tetap dekat dengan Rasulullah SAW adalah dengan rajin membaca selawat untuk beliau. Bukan cuma dekat dengan Rasulullah SAW, saat kamu ber-selawat satu kali, Allah SWT akan selawat untuk kamu sebanyak sepuluh kali. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Selawat dari Allah SWT ini berupa kemudahan rezeki, diberkahi hidupnya, dimudahkan segala urusannya, dan berbagai rahmat lainnya.

5. Rutin membaca doa Nabi Sulaiman 

5 Amalan yang Dapat Mendatangkan Rezeki Berlimpah, Yuk Dicoba!ilustrasi orang berdoa (unsplash.com/Jeremy Yap)

Dalam ajaran agama Islam, Nabi Sulaiman AS adalah seorang raja dari kerajaan yang sangat besar. Saking besarnya, kerajaan ini tidak pernah dimiliki oleh siapa pun di dunia. Usut punya usut, Nabi Sulaiman AS ternyata memiliki satu doa yang rutin beliau baca. Buat kamu yang penasaran, berikut doanya:

قَا لَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَ حَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْ ۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّا بُ

"Dia berkata, Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi." (QS. Sad 38: Ayat 35)

Untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah, usaha dan doa aja enggak cukup. Supaya makin sempurna, kamu bisa mencoba lima amalan di atas. Selain dapat mendatangkan rezeki berlimpah, kamu juga bakalan dapat banyak pahala. Yuk, biasakan mulai sekarang!

Baca Juga: 5 Pahala yang Diraih Ketika Meminjamkan Uang pada Orang Lain

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya