Comscore Tracker

5 Cara Paling Mudah Mengubah Kebiasaan Buruk Tanpa Tersiksa

#ANGPOIN Jangan terlalu memaksa diri untuk berubah

Apa kebiasaan buruk yang paling ingin kamu ubah? Mungkin tidak jajan terlalu banyak dalam satu hari, atau mungkin tidak bermalas-malasan lagi. Umumnya, orang akan berusaha mengubah kebiasaan buruk dengan memaksa diri melakukan kebiasaan yang baik.

Namun ternyata, ada cara lain untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut tanpa kamu harus tersiksa melakukan segala hal yang baik lho. Pertanyaan sebenarnya, apakah kamu punya tekad 100 persen untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut?

Ini cara paling mudah untuk menemukan tekad dan mengubah kebiasaan buruk tanpa bikin kamu tersiksa.

1. Sesuaikan lingkunganmu dengan kebiasaan yang ingin kamu ubah

5 Cara Paling Mudah Mengubah Kebiasaan Buruk Tanpa Tersiksaunsplash.com/Bench Accounting

Misalnya nih, kamu ingin mengubah kebiasaan jajan yang tak sehat. Daripada menumpuk makanan sehat-sehat, akan jauh lebih mudah untuk tidak mengumpulkan makanan apa pun dan camilan. Pelan-pelan, kamu akan lebih terbiasa untuk tidak makan camilan apa pun. Tubuh juga jadi lebih sehat dan tidak gendut karena kamu makan sesuai porsi.

Atau kamu ingin mengurangi waktu bermain dengan smartphone. Daripada menaruh di tempat yang jauh, langsung saja uninstall aplikasi yang bikin kamu lihat smartphone itu terus. Dijamin deh waktu bermain smartphone-mu langsung berkurang.

Perubahan yang datang dari lingkungan akan lebih cepat membuat kebiasaan burukmu hilang. Tinggal dari kamu berani ambil langkah untuk melakukannya gak.

2. Beri tubuh satu hari istirahat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengubah kebiasaan buruk

5 Cara Paling Mudah Mengubah Kebiasaan Buruk Tanpa Tersiksaunsplash.com/Kinga Cichewicz

Pikiran yang penat akan menjamin kegagalan diri untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Karena itu sebelum melakukannya, ambillah satu hari total untuk beristirahat. Misalnya, cuti untuk liburan, atau hanya tidur-tiduran di rumah. Setelah beristirahat itu, baru besoknya lakukan cara terbaik untuk mengubah kebiasaan burukmu tanpa tersiksa.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Quality Time Dengan Diri Sendiri!

3. Pertanyakan kembali tujuanmu untuk berubah

5 Cara Paling Mudah Mengubah Kebiasaan Buruk Tanpa Tersiksaunsplash.com/Mimi Thian

Kalau kamu tidak tahu apa tujuanmu untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, jangan melakukannya. Percuma saja, gak lama kamu akan kembali melakukan kebiasaan buruk tersebut karena tidak ada goal yang jelas. Kamu harus tahu, demi apa dan siapa kebiasaan buruk itu harus berubah. Pertanyakan itu sebelum memutuskan untuk berubah.

Misalnya, kamu ingin mengubah kebiasaan jajan. Tujuanmu harus jelas entah itu untuk badan yang lebih sehat atau demi hemat. Sama dengan mengurangi waktu untuk bermain smartphone. Kamu harus bisa mengatakan entah itu supaya kerjamu lebih produktif, atau punya lebih banyak quality time dengan keluarga.

4. Temukan orang yang pasti mendukungmu

5 Cara Paling Mudah Mengubah Kebiasaan Buruk Tanpa Tersiksaunsplash.com/Felix Rostig

Mungkin kamu pernah mendengar saran cara paling cepat untuk mengubah kebiasaan buruk itu adalah berbagi tujuanmu ke orang lain. Efektif, namun jika kamu melihat orang lain melakukan hal yang ingin kamu ubah, pasti susah bagi kamu menahan diri untuk tidak melakukan hal yang sama.

Cara yang paling efektif sebenarnya adalah menemukan orang yang sejalan dan pasti mendukungmu. Misalnya nih, untuk mengubah kebiasaan jajan yang tidak sehat. Kamu dan teman-temanmu sepakat juga melakukan hal yang sama. Percaya deh, dengan adanya orang di sampingmu dan melakukan hal yang sama, kebiasaan burukmu akan lebih cepat berubah lho.

5. Jangan menyalahkan dirimu sendiri jika gagal

5 Cara Paling Mudah Mengubah Kebiasaan Buruk Tanpa Tersiksaunsplash.com/Nathan Dumlao

Namanya manusia, wajar banget jika meraih kegagalan. Karena itu jika kamu gagal mengubah kebiasaan buruk itu, tak masalah. Maafkan dirimu sendiri, ambil satu hari untuk istirahat, dan mulai lagi dari awal. Jangan menyerah dan lakukan yang terbaik untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Karena untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, kamu perlu percaya kalau dirimu mampu.

Memaksa melakukan kebiasaan yang baik tanpa ada tekad 100 persen dari dalam diri sendiri, tidak menjamin akan mengubah kebiasaan buruk tersebut. Lakukan cara di atas yang mudah banget supaya tidak gagal ya!

Baca Juga: Kamu Pemalu? Ini Dia 8 Cara Jitu Biar Lebih Percaya Diri

Liem Ling Photo Verified Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya