Comscore Tracker

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang Menanti

Percuma sikat gigi kalau kamu nggak berkumur!

Artikel ini dipersembahkan oleh IDNtimes dan LISTERINE®, untuk kamu yang ingin punya senyum indah dan sehat.

Sehabis makan dan sebelum tidur, seharusnya kamu menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash, tapi IDNtimes tahu kalau seringkali kamu malas melakukannya 'kan? Ada saja alasan saat malas membersihkan mulut dan gigi, entah mengantuk, capek, atau berpikir 'nanti saja ah'. Eits, jangan malas menjaga kesehatan mulut dan gigimu dong, kalau nggak nanti kamu bisa terkena 9 hal ini!

1. Bau mulut

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: gqindia.com

Waduh, yang satu ini gawat banget deh! Bau mulut bisa bikin lawan bicaramu pingsan saat ngobrol denganmu #lebay. Horor banget deh ketika kamu wawancara kerja atau nge-date dengan mulut yang berbau nggak sedap. Berkumurlah dengan mouthwash yang dapat membasmi kuman di mulutmu, sehingga napasmu pun akan menjadi lebih segar!

2. Gigi kuning

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: mojidelano.com

Ingin tersenyum lebar tapi gigi kuning karena jarang merawat gigi dan mulut? Jadi nggak percaya diri deh... #mingkem

3. Karang gigi

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: dentist-brampton.com

Dilansir dari alodokter.com, karang gigi adalah plak gigi yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras. Kalau kamu menyikat gigi dua kali dalam sehari ditambah dengan berkumur dengan mouthwash, plak gigi dapat kamu hindari. Karang gigi sebenarnya nggak terlalu mengganggu aktivitasmu, tapi bisa merusak penampilanmu karena karang gigi menimbulkan kekuningan pada gigimu.

4. Sariawan

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: lowrydental.com

Sariawan merupakan salah satu permasalahan mulut yang paling sering dialami oleh banyak orang. Penyebab utama sariawan adalah kebersihan mulut yang nggak terjaga dengan baik. Walaupun sariawan nggak menular, tapi pasti bikin kamu nggak nyaman 'kan? Oleh sebab itu kamu harus menggosok gigi dan berkumur dengan teratur.

5. Gigi berlubang

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: ezyhealth.com

Kamu yang pernah ke dokter gigi dan merasakan sakitnya gigi yang dibor untuk ditambal pasti merasa kapok 'kan? Ketika kamu nggak menyikat gigi dan berkumur secara menyeluruh, bakteri bisa timbul sehingga membuat gigimu mudah retak dan berlubang. Terlalu sering makan makanan yang manis juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.

6. Gigi sensitif

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: centurystonedental.com

Seharusnya, sikat gigi dilakukan dua hari sekali dan disertai dengan berkumur. Namun, kalau kamu nggak melakukan ini dengan rutin, karang gigi akan menumpuk sehingga gigimu bisa jadi rapuh dan menjadi lebih sensitif. Gigi sensitif pastinya akan mengganggu kegiatan makan dan minummu sehari-hari. Kamu akan merasakan ngilu dan nyeri yang hebat ketika makan makanan dingin, panas atau asam.

7. Gusi berdarah

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: shelbyrafitri.blogspot.com

Gusi berdarah disebabkan oleh menyikat gigi terlalu keras dan kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan gigi. Jangan menganggap remeh gusi berdarah ya karena bisa menjadi awal terjadinya sakit gigi dan bau mulut.

8. Sakit gigi

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: netdoctor.co.uk

Ketika kamu nggak rajin membersihkan mulut dan gigimu, bakteri pastinya akan timbul. Bakteri inilah yang akan menumpuk dan menimbulkan infeksi atau nanah, sehingga gigimu akan nyeri dan ngilu bahkan sampai sakit kepala. Nggak mau kan aktivitasmu terganggu gara-gara gigi yang nyut-nyutan?

9. Gigi ompong

Sikat Gigi adalah Usaha Sia-sia Jika Tak Dibarengi Berkumur, Ini 9 Bahaya yang MenantiSumber Gambar: kidsfirstaid.com.au

Penyebab utama gigi goyang dan mudah tanggal adalah plak dan bakteri yang berkumpul di gigi karena nggak membersihkan gigi secara teratur. Hii... nggak mau kan gigimu jadi nggak lengkap karena gigi yang gampang copot?

Nggak mau mengalami 9 hal ini? Nah, kamu harus rajin sikat gigi dan berkumur ya guys, karena menyikat gigi saja nggak cukup lho. Sikat gigi belum mampu membersihkan seluruh rongga mulut dan lidahmu, sedangkan mouthwash dapat menjangkau bagian yang nggak tersentuh ketika kamu menyikat gigi.

Mouthwash dapat mengangkat sisa kotoran setelah kamu menggosok gigi, sehingga perawatan gigi dan mulutmu menjadi lebih sempurna. Yuk, mulai rajin menjaga kebersihan gigi dan mulutmu, supaya kamu bisa hidup lebih sehat dan percaya diri!

Topic:

Berita Terkini Lainnya