Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Seseorang Sering Menjilat Ludahnya Sendiri

#IDNTimesLife Apa kamu termasuk salah satunya?

Di dunia ini, gak semua orang bisa memegang perkataannya sendiri. Bahkan orang yang berpendirian sekalipun sering terjebak kasus dimana dia harus menarik kembali ucapannya atau mungkin menjilat ludahnya sendiri.

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang pernah menjilat ludah sendiri? Alasannya mungkin salah satu dari lima poin berikut. Yuk, disimak!

1. Gak mikir panjang sama apa yang dikatakannya

5 Alasan Logis Kenapa Seseorang Sering Menjilat Ludahnya Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Inilah akibatnya kalau seseorang "asbun" alias asal bunyi. Dia gak pikir panjang sama apa yang akan keluar dari mulutnya. Sebab, yang terpenting adalah dia sudah mengatakan apa yang ada dalam hati dan pikirannya.

Mulai dari sekarang, berhati-hatilah dalam berbicara. Jangan sampai kamu dicap sebagai orang yang suka menjilat ludah sendiri, yang membuat orang lain kurang mempercayai omonganmu.

2. Terbawa suasana 

5 Alasan Logis Kenapa Seseorang Sering Menjilat Ludahnya Sendiripexels.com/Pressmaster

Seseorang bisa berkata yang gak baik karena dia terlalu gampang terbawa suasana. Perasaannya langsung kacau saat mendengar hal-hal yang gak disukainya terjadi, ditambah lagi omongan yang kurang enak dari orang di sekitarnya.

Itulah alasan pengendalian emosi itu penting dipelajari sejak sekarang agar kamu bisa mengontrol emosi dengan baik. Gak asal ngomong dan bertindak karena ujung-ujungnya kamu sendiri yang akan dirugikan.

3. Cuma menilai dari satu sisi, gak dari berbagai sisi sekaligus

5 Alasan Logis Kenapa Seseorang Sering Menjilat Ludahnya Sendiripexels.com/Sam Lion

Terlalu gampang menilai sesuatu bisa menjadi salah satu penyebabnya. Boleh menilai, tapi usahakan dari beberapa sudut pandang sekaligus. Kalau kamu cuma mengandalkan satu sudut pandang, gak ada hal yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Jadi, jangan terlalu gampang menilai orang lain karena kamu gak suka pada satu sifatnya. Lihatlah sifatnya yang lain, biasanya ada kebaikan yang tersirat juga disana.

Baca Juga: Bukannya Motivasi, 10 Meme Kata Bijak Ini Malah Tambah Masalah Hidup

4. Kamu membohongi perasaanmu sendiri

5 Alasan Logis Kenapa Seseorang Sering Menjilat Ludahnya Sendiripexels.com/Kamaji Ogino

Kalau bagus, katakan bagus, begitu pula sebaliknya. Kamu gak perlu yang namanya membohongi perasaan sendiri cuma karena malu, mau jaga image, atau gak mau orang salah tingkah saat mendengar pujian dari mulutmu.

Sebab, ini bisa membuatmu menjilat ludah sendiri dan dikatain gak punya pendirian. Awalnya kamu bilang kalau si A pelit, tapi setelah mengamati kebiasaan si A, kamu malah katain dia boros. Menjilat ludah sendiri kan namanya?

5. Efek karma

5 Alasan Logis Kenapa Seseorang Sering Menjilat Ludahnya Sendiripexels.com/Sora Shimazaki

Karma juga bisa membuatmu menjilat ludah sendiri, lho! Saat pertama kali kenal seseorang dan itu lawan jenis, misalnya. Awalnya kamu bilang kalau gak akan suka karena dia bikin kamu ilfeel, tapi setelah beberapa bulan kenal, dia punya sifat yang membuat hatimu luluh. Kena karma, kan?

Makanya jangan asal bilang gak suka, gak level, dan sebagainya. Sebab, yang sering terjadi justru kebalikannya dari perkataanmu, lho!

So, buat kamu yang pernah menjilat ludah sendiri, apa benar salah satu hal di atas adalah alasannya? Atau karena alasan lain, nih?

Baca Juga: Selalu Merasa Tidak Beruntung? 5 Tanda Kamu Punya Utang Karma

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya