Comscore Tracker

Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmu

Jangan menyimpulkan sebelum mengetahui alasannya

Bagaimana perasaanmu saat dipandang sinis oleh orang lain? Tentu kesal dan membalas kesinisannya, tapi jauh dari lubuk hati yang paling dalam kamu bertanya-tanya kenapa mereka melakukannya. Dan di saat yang bersamaan, berbagai asumsi pun muncul di dalam kepalamu. Salah satunya adalah asumsi kalau mereka iri.

Tapi, kamu tahu kalau pandangan sinis tersebut gak selamanya karena iri. Ada alasan lain kenapa orang-orang bersikap sinis kepadamu. Penasaran?

1. Ada satu atau dua sifat yang berubah

Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmuunsplash.com/Alexander Scott Lambley

Introspeksi diri itu baik. Selain membuatmu jadi pribadi yang lebih baik, kamu juga tahu sifat apa saja yang berubah. Bisa jadi perubahan inilah yang membuat mereka sinis padamu, terutama yang berbau negatif. Misalnya, kamu dulunya rajin berubah menjadi malas.

2. Kamu bergaul dengan orang-orang yang menurut mereka harus dijauhi

Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmuunsplash.com/Helena Lopes

Tatapan sinis itu bisa muncul karena salah bergaul. Bukan karena mereka gak suka kamu punya banyak teman, tapi karena mereka takut kamu terbawa arus negatif. Pandangan sinis ini hanyalah isyarat yang mereka harap membuatmu peka karena mereka gak berani memberitahumu.

Baca Juga: Buang 5 Sikap Buruk Ini Kalau Gak Mau Dijauhi Teman- temanmu

3. Punya gaya yang terlalu nyentrik

Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmuunsplash.com/Sharon McCutcheon

Tampil unik dan berbeda itu sah-sah saja, tapi gak semua orang bisa maklum. Apalagi kalau kamu orang pertama dan satu-satunya yang bergaya seperti yang sekarang. Berbagai pandangan sinis pun akan datang silih berganti, bahkan gak sedikit orang yang membicarakanmu dari belakang.

4. Lupa aturan

Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmuunsplash.com/Allison Heine

Selagi tidak merugikan orang lain, maka break the rules itu sah-sah saja. Tapi apa yang kamu lakukan justru sebaliknya, gak sedikit orang rugi karena sikap egoismu yang hanya mementingkan diri sendiri. Jadi wajar kalau orang lain kesal dan bersikap sinis, bahkan gak sedikit yang jadi kurang respect terhadapmu.

5. Beredar gosip yang kurang baik tentangmu

Gak Melulu Iri, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Lain Sinis Terhadapmuunsplash.com/Ben White

Gosip itu cepat menyebar. Jadi kalau sempat kamu kena, tamatlah sudah. Predikat baik yang selama ini melekat dalam dirimu akan sirna dalam sekejap. Pandangan sinis pun akan bermunculan, omongan negatif ada di mana-mana, dan gak sedikt yang akhirnya menjauh perkara gosip buruk ini. Miris, kan?

Sekuat apa pun kamu berusaha untuk menjadi orang baik, pandangan sinis akan selalu ada. Untuk itu, introspeksilah. Kalau ternyata kamu gak melakukan apapun yang merugikan orang lain, maka abaikan pandangan sinis itu. Tapi kalau ada, perbaiki agar nama baikmu gak semakin tercoreng.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghindarkan Kita Menjadi Orang Sinis, Apa Saja?

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya