Comscore Tracker

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkan

Punya sahabat sejati itu penting banget, lho!

Selain dekat dengan keluarga, kamu juga perlu dekat dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Orang-orang inilah yang nanti bakal kamu jadikan sebagai teman untuk berbagi dalam suka maupun duka.

Sayangnya, gak semua orang cocok menjadi temanmu. Sering kali orang yang sudah dianggap teman malah menusukmu dari belakang, mengatakan hal-hal yang gak benar tentang dirimu, dan lain sebagainya.

Kalau kamu menemukan orang seperti ini, segera jauhkan dia dari hidupmu. Carilah sosok yang benar-benar bersedia menjadi sahabat sejatimu agar hidupmu jauh lebih bermakna.

Meskipun mencari sosok sahabat sejati sangat sulit, tapi inilah 6 alasan kenapa kamu harus memilikinya!

1. Sosok yang selalu ada dalam hidupmu. Gak hanya berbagi air mata, tapi juga tawa

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkanpexels.com/pixabay

Sahabat sejati akan selalu ada tanpa memandang keadaanmu saat ini. Dia bersedia menemani kamu untuk menaungi roda kehidupan yang terus berputar. Ketika kamu sedih, dia akan menghiburmu. Ketika kamu tertawa, dia juga akan tertawa bahagia untukmu.

Sahabat sejati berusaha untuk memahami kondisimu sampai ke akar terkeci dan tidak pernah bermaksud untuk meninggalkanmu.

2. Kamu bisa menjadi dirimu yang sebenarnya tanpa harus takut adanya judgement

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkanpexels.com/Adrienn

Mungkin kamu sering berpura-pura bersikap manis saat berada di depan orang lain, tapi tidak di depan sahabatmu sendiri. Kamu gak sungkan menunjukkan jati dirimu yang sebenarnya. Bahkan saat beradu argumen yang memicu terjadinya emosi tingkat tinggi.

Dia gak peduli dengan emosimu yang suka meledak-ledak, suara tawamu yang menggelegar atau sikapmu yang aneh. Kenapa? Karena dia mau menerima dirimu apa adanya. Gak heran kalau menghabiskan waktu bersama sahabat menjadi salah satu kebutuhanmu.

3. Sahabat sejati bukan sosok yang suka mengadu domba, tetapi selalu mengingatkan!

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkanpexels.com/rawpixel

Orang yang dianggap sebatas “teman biasa” mungkin akan percaya terhadap hal-hal miring yang disampaikan orang lain tentang dirimu. Atau mungkin berusaha untuk mengadu dombamu dengan orang lain agar terjadi perselisihan yang secara tidak langsung akan menurunkan reputasimu.

Sangat jahat memang, tapi sahabat sejati gak akan tega melakukan ini kepadamu.

Sahabat lebih suka mengingatkan agar kamu berhati-hati dengan sikap atau perbuatanmu. Jika perlu, dia akan membantumu berubah ke arah yang lebih baik. Sebab, dia gak mau kamu dibenci atau dimusuhi orang lain yang sama sekali gak tahu apa-apa tentang dirimu.

Baca Juga: Ini Lho 5 Tanda Nyata Sahabat Ternyata Menyukaimu!

4. Bahu-membahu dalam hal sekecil apapun, termasuk dalam keuangan

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkanpexels.com/Aleksa Bujišić

Topik tentang keuangan cukup sensitif untuk dibicarakan. Tapi kamu gak perlu takut kalau ingin membicarakan hal ini kepada sahabatmu. Dia gak akan nge-judge kamu karena terlalu boros atau apapun, melainkan segera meminjamkan uangnya untukmu agar kamu bisa bertahan hidup.

Hal yang sebaliknya juga berlaku ketika sahabatmu kehabisan uang. Kamu juga bersedia meminjamkan sebagian uangmu untuknya. Keinginan saling membantu ini muncul karena satu pihak gak ingin melihat pihak lain menderita, tapi bahagia.

5. Selalu merasa dekat walaupun terpisahkan oleh jarak yang cukup jauh

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkanpexels.com/rawpixel

Meskipun sudah berstatus sebagai sahabat, tapi kamu dan dia punya kesibukan dan tujuan hidup masing-masing. Entah itu kamu yang suka pergi ke luar kota atau sahabatmu yang sibuk terhadap bisnisnya. Kesibukan ini boleh saja membuat kalian jauh untuk beberapa saat, tapi kalian selalu menyisihkan waktu untuk bertemu. Ya, bisa dikatakan sekedar berbagi cerita dan canda tawa.

Jarak bukanlah hal yang harus dipermasalahkan. Meskipun jarak ibarat lembah pemisah, tapi ada saja cara untuk mempersatukan kalian kembali. Apalagi di era modern seperti sekarang, banyak media yang bisa digunakan untuk tetap terhubung satu sama lain walaupun jarak sangat jauh.

6. Mau memaafkan tanpa meninggalkan rasa dendam apapun di hatinya

Catat Ya, Ini 6 Alasan Kenapa Sahabat Sejati Selalu Dibutuhkanpexels.com/rawpixel

Jika kamu punya kesalahan kepada orang lain, apalagi kesalahannya besar, orang lain justru akan membencimu atau mengatai-ngataimu. Tapi, sahabat sejati justru akan memaafkan kesalahanmu agar hubungan kalian tetap sehat. Dengan catatan, kamu gak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Bagi dia, persahabatan kalian itu jauh lebih penting daripada masalah yang pernah menimpa. Ya, namanya juga manusia, gak ada yang sempurna. Ada saja kesalahan-kesalahan yang sering dibuat.

Kalau kamu sudah menemukan sosok sahabat sejati, jangan pernah dilepas! Jaga hubungan kalian agar tetap akur sampai kapanpun.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Pantang Dilakukan Saat Kumpul Bersama Sahabat

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You