Comscore Tracker

Biar Gak Menyakiti Hati, Pahami 5 Aturan Saat Ingin Bercanda

Sebab, bahan candaanmu gak selalu membuahkan tawa

Bercanda menjadi hal yang paling sering kamu lakukan, terutama dengan teman dekatmu. Tujuannya tak lain untuk mencairkan suasana agar sesi diskusi atau chit chat jadi lebih rileks. Namun, tak sedikit hal yang kamu anggap candaan malah menyakiti hati temanmu itu. Akibatnya, temanmu menjadi jengkel atau tidak mau lagi dekat-dekat denganmu.

Bagaimana perasaanmu? Pasti sedih, kan? Apalagi mencari sosok teman dekat itu bukanlah hal yang mudah. Agar candaanmu gak terkesan menyakiti, pahami 5 aturan bercanda berikut yuk!

1. Cari topik candaan yang pas

Biar Gak Menyakiti Hati, Pahami 5 Aturan Saat Ingin Bercandapexels.com/Bruce Mars

Sebelum bercanda, cobalah cari topik yang pas terlebih dahulu. Pastikan topiknya gak ada sangkut pautnya dengan kepribadian atau kehidupan teman. Kalau sampai ada kaitannya, kesannya bukan jadi bercanda, tapi lebih ke arah mengejek.

2. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada

Biar Gak Menyakiti Hati, Pahami 5 Aturan Saat Ingin Bercandapexels.com/Rebrand Cities

Mencairkan suasana dengan kalimat konyol sah-sah saja, tapi perhatikan sikon juga, ya! Jangan pula membuat candaan dalam situasi yang pelik atau genting. Yang ada, orang di sekitar akan memandangmu dengan sinis sambil berkata dalam hati ‘apa-apaan sih nih orang? Gak jelas banget!’, begitu.

Baca Juga: Kamu Humoris? 5 Adab Bercanda Ini Wajib Kamu Pahami Baik-baik!

3. Perhatikan mood orang yang diajak becanda

Biar Gak Menyakiti Hati, Pahami 5 Aturan Saat Ingin Bercandafactinate.com

Becanda lebih enak dilakukan kalau pihak yang terlibat sedang dalam mood yang bagus. Artinya lagi senang, bahagia, dan tergerak hatinya untuk becanda. Nah, kalau semisal mood orang di sekitarmu lagi jelek, sebaiknya urungkan niat untuk bercanda. Bukannya tertawa, yang ada temanmu malah merasa kesal dan ingin jauh-jauh darimu.

4. Perhatikan usia orangnya

Biar Gak Menyakiti Hati, Pahami 5 Aturan Saat Ingin Bercandapexels.com/creative vix

Perlu diingat, becanda itu ada batasnya. Bukan hanya topik saja yang harus dibatasi, tapi kepada siapa candaan tersebut akan diucapkan. Perhatikan kualitas candaan yang diucapkan. Jangan sampai terkesan konyol dan tidak masuk akal sehat orang yang menerimanya, sehingga sesi bercanda gak terkesan krik-krik.

5. Jangan kebanyakan bercanda

Biar Gak Menyakiti Hati, Pahami 5 Aturan Saat Ingin Bercandapexels.com/Bryllupsfotograf Forevigt

Bercanda ibaratkan intermezzo atau selingan agar suasana sekitar gak terlalu tegang dan kaku. Tapi, jangan kebanyakan bercanda, ya! Ada saatnya untuk bercanda dan ada saat untuk serius juga. Kalau kebanyakan bercanda, orang di sekitarmu pasti akan merasa gak nyaman.

Bercanda? Boleh-boleh saja kok asalkan tetap pakai aturan di atas, ya!

Baca Juga: Selain Agama, 6 Hal Ini Juga Tidak Boleh Dibuat Bercanda

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You