Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup Ini Pasti Kamu Dapatkan saat Usiamu Makin Tua

#IDNTimesLife Makin tua wajib makin dewasa

Berapa usiamu sekarang? Konon usia akan bertambah seiring berjalannya waktu. Dengan bertambahnya usia, kamu diharapkan semakin dewasa dan bijak dalam menyikapi masalah maupun mengambil keputusan. Dan semakin usiamu bertambah, semakin banyak pula pelajaran hidup yang didapat.

Dari sekian banyak pelajaran hidup, ini dia lima pelajaran hidup yang pasti kamu dan semua orang dapatkan. Kira-kira apa, ya?

1. Mimpi besar membawamu pada hal-hal besar

5 Pelajaran Hidup Ini Pasti Kamu Dapatkan saat Usiamu Makin Tuapexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak orang berkata kalau mimpi itu jangan ketinggian, nanti kalau gak terkabul bisa stres dan sakit. Hal ini benar adanya, tapi cuma berlaku kalau kamu terlalu memikirkan kegagalan tersebut dan gak move on

Sejatinya mimpi lah yang bisa bikin kamu semangat menjalani hidup. Mimpi yang besarlah yang akan membawa kamu pada hal-hal besar karena alam bawah sadarmu secara gak langsung menuntunmu ke sana. Jadi, mimpinya jangan yang biasa-biasa saja apalagi mimpi itu gratis. 

2. Semakin kamu mencampuri urusan orang lain, semakin banyak masalah yang datang

5 Pelajaran Hidup Ini Pasti Kamu Dapatkan saat Usiamu Makin Tuapexels.com/Buro Millennial

Sudah pasti, makanya kebanyakan orang dewasa berusaha menghindari masalah. Bukan karena mereka kalah atau gak mau tahu, tapi karena takut kalau mereka melibatkan diri masalah malah tambah besar. Dan hidupnya diselimuti banyak masalah.

Semakin kamu dewasa, semakin banyak masalah yang datang. Jadi, diam adalah opsi terbaik apalagi kalau masalah itu gak ada sangkut pautnya sama kehidupan kamu.

3. Satu-satunya orang yang bisa dipercaya cuma diri sendiri

5 Pelajaran Hidup Ini Pasti Kamu Dapatkan saat Usiamu Makin Tuapexels.com/Ivan Babydov

Mempercayai orang lain? Sebaiknya jangan karena di dunia ini gak ada satu orang pun yang bisa dipercaya, kecuali dirimu sendiri. Ada saja orang yang pura-pura baik untuk tujuan tertentu. Dan bila tujuan itu tercapai, dia akan menunjukkan sifat aslinya.

Makanya, jangan pernah memberitahu apa pun tentang hidupmu kepada orang lain, terutama yang masih baru dikenal. Sebaik-baiknya orang, akan ada saat dimana dia mencoba untuk balas dendam saat kamu terbukti menyakiti hatinya.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Kehilangan Motivasi dalam Bekerja

4. Kamu gak bisa mengembalikan waktu, jadi nikmatilah waktumu sekarang

5 Pelajaran Hidup Ini Pasti Kamu Dapatkan saat Usiamu Makin Tuapexels.com/Helena Lopes

Seiring bertambahnya usia, kamu sadar kalau waktu satu detik pun amat berharga. Gak hanya untuk mencari uang, tapi juga untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih. Buat kamu yang sering menyia-nyiakan waktu, kamu akan sadar kalau kamu telah melakukan kesalahan. 

Selagi usiamu masih muda, ayo nikmati masa mudamu. Bekerja keraslah, jelajahi hal-hal baru, pokoknya lakukan hal-hal positif yang berguna untukmu saat ini dan di masa mendatang. Jangan sampai ada penyesalan saat sudah tua karena kamu gak bisa memutar waktu.

5. Menabung sejak dini bikin keuanganmu stabil

5 Pelajaran Hidup Ini Pasti Kamu Dapatkan saat Usiamu Makin Tuapexels.com/maitree rimthong

Tujuan utamamu menabung gak lain supaya kamu bisa membeli barang yang diinginkan. Namun, seiring bertambahnya usia, kamu sadar kalau sikap hemat yang kamu terapkan sejak dulu membawa manfaat besar dalam hidupmu saat ini. Dimana kondisi keuanganmu menjadi lebih stabil karena menabung.

Kamu gak perlu takut atas masalah ekonomi dalam jangka pendek karena kamu masih punya persediaan uang untuk bertahan hidup. Padahal waktu muda dulu, disitu ada uang pasti langsung habis.

So, pelajaran hidup apa yang berhasil kamu dapatkan sejauh ini? Apakah salah satunya seperti yang disebutkan di atas atau kamu dapat pelajaran lain nih?

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya