Comscore Tracker

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!

#RamadanMasaKini Agama memberi kemudahan

Puasa di bulan Ramadan adalah ibadah wajib bagi umat Islam, yang mana mendapat pahala bila dikerjakan dan berdosa apabila ditinggalkan.

Puasa merupakan rukun Islam ke-3, meski hukumnya wajib, tapi Islam memberi keringanan bagi 7 jenis orang ini sesuai mazhab Imam Syafi'i,  di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Orang hamil

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!Pixabay/Pexels

Hamil adalah sebuah anugerah luar biasa dari Tuhan. Tapi terkadang kondisi fisik orang hamil berbeda-beda, ada yang memiliki fisik yang kuat sementara calon bayinya lemah, ada yang dua-duanya lemah, dan ada yang sama-sama kuat.

Kehamilan bukan suatu halangan untuk tidak berpuasa, selagi masih sehat dan tidak ada masalah dengan kandungannya, maka harus tetap berpuasa. Namun jika sebaliknya, maka Islam memberi keringanan untuk tidak berpuasa tapi harus mengganti di luar Ramadan bagi yang mengkhawatirkan dirinya saja.

Namun, jika mengkhawatirkan kandungannya maka harus mengganti atau meng-qadha dan membayar fidyah atau tebusan berupa memberi makan orang miskin setiap hari bulan Ramadan.

2. Ibu menyusui

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!Unsplash/Zach Lucero

Orang menyusui juga dihukum sama seperti orang hamil dalam berpuasa, tergantung pada kekhawatirannya pada siapa, baik pada dirinya saja atau cemas pada anak yang disusuinya.

3. Musafir

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!Pixabay/StockSnap

Musafir adalah orang yang sedang berada dalam perjalanan jauh. Jika seorang musafir tak sanggup berpuasa karena sangat kelelahan dan takut akan membahayakan dirinya, maka boleh tidak puasa dengan syarat harus mengganti sebanyak puasa yang dia tinggalkan di luar Ramadan.

Baca Juga: 5 Tips Berdoa di Bulan Puasa, Bikin Hajatmu Bisa Cepat Terkabul

4. Orangtua renta

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!Pixabay/jarmoluk

Orang tua renta adalah orang yang sudah uzur dan tidak memiliki fisik yang kuat untuk menjalankan ibadah puasa, maka boleh tak berpuasa dengan syarat membayar fidyah/ tebusan.

5. Orang sakit

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!Pixabay/Parentingupstream

Orang yang dalam kondisi sakit, maka tidak dipaksa untuk berpuasa karena ditakutkan akan membahayakan dirinya, tapi setelah sembuh, dia harus mengganti sebanyak puasa yang dia tinggalkan.

Apabila orang sakit tidak memiliki harapan untuk sembuh lantaran sakit keras, maka ia tidak mengganti puasanya, tapi cukup dengan membayar fidyah.

6. Wanita haid atau nifas

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!pexels/rawpixel.com

Wanita yang sedang datang bulan, dilarang untuk berpuasa begitu juga dengan yang sedang nifas (darah setelah melahirkan), maka ia wajib mengganti puasa di luar Ramadan.

7. Kondisi darurat

7 Orang Ini Dapat Dispensasi Tidak Puasa, Harus Kamu Tahu!Pixabay/geralt

Ada suatu kondisi di mana seseorang tiba-tiba tidak sanggup puasa, dikarenakan tiba-tiba sakit, atau badannya sangat lemas, maka dia boleh membatalkan puasanya, dengan syarat mengganti puasanya d luar Ramadan.

Ada juga suatu keadaan di mana seseorang mendapat bahaya serta diancam untuk dibunuh karena berpuasa maka ia dimaafkan untuk tidak berpuasa, dan juga harus mengganti di hari lain di luar Ramadan.

Gimana sahabat muslim? Sudah pahamkah? Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Jika lisan tak cukup mewakilkan, biarkan pena yang bicara lewat tulisan. Menulislah demi menebar manfaat!☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya