Comscore Tracker

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesama

Karena berbagi itu indah

Sebuah lembaga yang bernama Wealth-X menghitung 10 orang terkaya di dunia serta bagaimana mereka memanfaatkan kekayaan mereka untuk tetap berbagi terhadap sesama. Dari data yang dirilis, dengan asumsi satu dolar AS setarang dengan 13.500 rupiah, total harta yang disumbangkan orang kaya tersebut mencapai 71,4 miliar dolar AS atau sekitar 963 triliun rupiah!

Jumlah ini setara dengan hampir separuh separuh dari APBN Indonesia yang mencapai 2.000 triliun rupiah. Artinya, donasi dari mereka saja bisa menghidupi separuh dari belanja negeri ini. Wah, siapa saja mereka dan untuk keperluan apa saja yaa donasi yang mereka berikan?

1. Bill Gates

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamahistorythings.com

Kekayaan Bersih : 84,2 miliar dolar AS (1.136 triliun rupiah)
Total Donasi : 27 miliar dolar AS (364,5 triliun rupiah)

Sekitar 32 persen dari kekayaan Bill Gates ternyata didonasikan ke berbagai organisasi sosial, seperti Unicef, WHO, atau untuk melawan berbagai penyakit seperti TBC dan malaria di negara berkembang. Co-founder Microsoft ini juga mendirikan lembaga Bill & Melinda Gates Foundation, lho untuk memberi bantuan di sektor pendidikan, pertanian, kesehatan global, hingga melawan kemiskinan.

2. Warren Buffett

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamalifehack.org

Kekayaan Bersih : 61 miliar dolar AS (823 trilun rupiah)
Total Donasi : 21,5 miliar dolar AS (290 triliun rupiah)

CEO dari perusahaan besar Berkshire Hathaway ini bukan hanya orang terkaya di dunia. Ia juga orang paling dermawan di dunia dengan menyumbangkan sekitar 35 persen dari kekayaannya untuk berbagai aksi amal dunia, lho. Bahkan pada tahun 2006, ia menyumbangkan sekitar 86 persen dari kekayaannya saat itu ke lembaga Bill & Gates Foundation. Hasilnya ia justru semakin kaya, bukan?

3. George Soros

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamageorgesoros.com

Kekayaan Bersih : 24,4 miliar dolar AS (329,4 triliun rupiah)
Total Donasi : 8 miliar dolar AS (108 triliun rupiah)

Orang yang disebut-sebut sebagai kapitalis ini telah berhenti dari pekerjaannya sebagai Founder dan CEO Soros Fund Management. Kini ia berfokus pada lembaga amal yang didirikannya bernama Open Society Foundation yang berfokus pada pembangunan, pendidikan, kesehatan, dan hak asasi manusia atas kebijakan apartheid di Afrika Selatan.

4. Gordon Moore

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamaalchetron.com

Kekayaan Bersih: 6,5 miliar dolar AS (87 triliun rupiah)
Total Donasi : 5 miliar dolar AS (67 triliun rupiah)

Gordon Moore merupakan Co-founder dari perusahaan TI, Intel. Namun, saat ini ia telah pensiun dari perusahaan tersebut dan berfokus menjadi filantropi Gordon and Betty Moore Foundation bersama istrinya. Dengan mendonasikan sekitar 77 persen dari kekayaannya tersebut, ia berfokus pada berbagai amal untuk pelestarian lingkungan, khususnya bawah laut.

5. Michael Bloomberg

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamaesquire.com

Kekayaan Bersih : 37,7 miliar dolar AS (508 triliun rupiah)
Total Donasi : 3 miliar dolar AS (40,5 triliun rupiah)

Founder sekaligus CEO dari perusahaan media Bloomberg ini juga mendirikan Bloomberg Foundation. Sebuah lembaga amal yang berfokus pada pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Penerima dana amal ini antara lain John Hopkins University dan WHO.

Baca Juga: Ternyata Jenius Bukan Tentang IQ, Ini 7 Tanda Kamu Punya Otak di Atas Rata-rata

6. Paul Allen

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamamoney.cnn.com

Kekayaan Bersih : 17,3 miliar dolar AS (233,5 triliun rupiah)
Total Donasi : 2 miliar dolar AS (27 triliun rupiah)

Ia merupakan Co-founder dari Microsoft. Namun, saat ini ia adalah chairman dari Vulcan, perusahaan yang berfokus pada investasi. Dengan mendonasikan sekitar 12 persen dari kekayaannya, ia berfokus pada berbagai masalah kesehatan, seperti penelitian tentang penyakit Alzheimer.

7. Mark Zuckerberg

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamawired.com

Kekayaan Bersih : 40,7 miliar dolar AS (549 triliun rupiah)
Total Donasi :1,6 miliar dolar AS (21,6 triliun rupiah)

Sebagai salah seorang miliuner terkaya di dunia, pendiri sekaligus CEO Facebook ini telah berjanji untuk menyumbangkan separuh dari kekayaannya untuk berbagai aksi kesehatan dan pendidikan, lho. Seperti misalnya ia dan istrinya menyumbang 25 juta dolar AS untuk aksi melawan ebola.

8. James Simons

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamawildonwallstreet.com

Kekayaan Bersih : 12,3 miliar dolar AS (166 triliun rupiah)
Total Donasi : 1,2 miliar dolar AS (16,2 triliun rupiah)

Ia merupakan chairman dari Renaissance Technologies dengan aset perusahaan yang mencapai 65 miliar dolar AS. Pada tahun 2009 ia memutuskan pensiun dari perusahaan tersebut dan membangun Simons Foundation yang mendukung berbagai program pendidikan serta kesehatan, seperti riset untuk autism.

9. Michael Dell

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamainc.com

Kekayaan Bersih: 18,9 miliar dolar AS (255 triliun rupiah)
Total Donasi : 1,1 miliar dolar AS (14,8 triliun rupiah)

Chairman sekaligus CEO Dell, perusahaan computer besar di dunia ini, telah mendirikan Michael and Susan Foundation. Lembaga ini kemudian berfokus pada berbagai masalah pendidikan, kesehatan, dan aksi sosial kemanusiaan lainnya. Sebagai contoh, keduanya berencana untuk membangun sebuah rumah sakit pendidikan di Austin, Texas.

10. Pierre Omidyar

Para Miliuner Ini Membuktikan Mereka Tetap Kaya Walau Berbagi Harta pada Sesamacip.directory

Total Kekayaan : 6,2 miliar dolar AS (83,7 triliun rupiah)
Total Donasi : 1 miliar dolar AS (13,5 triliun rupiah)

Ia adalah Co-founder sekaligus chairman dari eBay. Pada tahun 1998, ia dan istrinya mendirikan Omidyar Foundation yang berfungsi sebagai lembaga amal yang berfokus pada isu hak asasi manusia, makanan dan energi, hingga games dan teknologi. Pada tahun 2012, keduanya juga menyatakan untuk mendonasikan sebagian besar dari kekayaan mereka kepada lembaga amal yang didirikan oleh Bill Gates dan Warren Buffett.

Orang-orang kaya di atas telah membuktikan bahwa dengan berbagi tidak akan pernah menurunkan derajat kekayaan mereka, namun sebaliknya. Jadi, mari mulai berbagi terhadap sesama yang membutuhkan karena jika mereka saja bisa, kenapa kita tidak?

Baca Juga: 6 Founder Startup Indonesia yang Mengenyam Bangku Kuliah di Amerika Serikat

Topic:

Just For You