Comscore Tracker

5 Hal yang Menurunkan Kepercayaan Diri, Kejar Kesempurnaan

Hindari beberapa hal ini, ya

Kepercayaan diri memang perlu dijaga dalam setiap diri manusia. Karena memang kepercayaan diri perlu dimiliki dalam menjalani hidup. Pentingnya menjaga hak itu maka jangan sampai kepercayaan diri itu menurun. 

Untuk mengantisipasi terjadinya penurunan kepercayaan diri, berikut beberapa hal akan dibahas mengenai hal-hal yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri. Simak tulisan di bawah ini ya. 

1. Berbicara negatif pada diri sendiri

5 Hal yang Menurunkan Kepercayaan Diri, Kejar Kesempurnaanilustrasi pria menutup mata (pexels.com/Cup of Couple)

Pikiran merupakan aspek terpenting dalam setiap diri seseorang. Karena dari pikiran ia akan mempengaruhi tindakan yang akan dilakukan. Jika memikirkan hal-hal yang positif maka secara otomatis tindakan yang dilakukan juga akan positif. 

Begitu juga dengan sebaliknya ya pikiran yang negatif akan menunjukkan tindakan yang negatif pula. Seperti contoh berbicara negatif. Ketika seseorang berbicara negatif pada dirimu sendiri otomatis itu akan menimbulkan kepercayaan diri menurun. 

2. Hanya fokus ke hasil tidak menghargai proses

5 Hal yang Menurunkan Kepercayaan Diri, Kejar Kesempurnaanilustrasi wanita bermimpi (pexelas.com/Ron Lach)

Proses merupakan hal yang penting dalam mencapai impian. Jika tidak mau menjalani proses akan tidak mungkin seseorang bisa menggapai yang impiannya. Maka dari itulah pentingnya menghargai suatu proses. 

Jika hanya fokus saja pada hasil, maka ia sama saja tidak berusaha. Kaitanya dengan menurunnya kepercayaan diri ialah pada saat seseorang tidak mau berusaha dalam menggapai impiannya maka bukan tidak mungkin dia itu hanya berpangku tangan. Sehingga tidak ada upaya yang bisa dibanggakan. Jadi mudah saja orang semakin turun kepercayaan dirinya terkalahkan dia tidak mau mengusahakan sesuatu. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Kepercayaan Diri Tinggi, Selalu Yakin!

3. Berusaha menjadi orang lain

5 Hal yang Menurunkan Kepercayaan Diri, Kejar Kesempurnaanilustrasi wanita merenung (pexels.com/Pablo Serrano Arenas)

Diri sendiri merupakan tanggung jawab diri kita sendiri. Bukan keluarga, bukan lingkungan, dan juga bukan pasangan. Diri sendiri seharusnya mempunyai value yang bisa dibanggakan. 

Dibentuk dan diciptakan oleh diri sendiri merupakan value yang harus dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang dasarnya memang berbeda-beda, tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Maka dari itu jika ada orang yang berusaha menjadi orang lain sebenarnya dia itu tidak memiliki kepercayaan diri. Bisa jadi karena kepercayaan dirinya yang menurun dia berusaha menjadi orang lain. 

4. Scrolling media sosial untuk membandingkan diri

5 Hal yang Menurunkan Kepercayaan Diri, Kejar Kesempurnaanilustrasi wanita melihat sosmed (pexels.com/mikoto.raw)

Usaha membandingkan diri dengan tujuan untuk memotivasi diri itu boleh-boleh saja. Yang tidak boleh adalah membandingkan diri secara berlebihan. Hal ini bisa dilakukan secara mudah seperti scrolling media sosial. 

Dengan melihat banyak post orang lain, akan sangat mudah bagi orang untuk insecure dengan kehidupan. Inilah yang dapat membuat kepercayaan diri menurun. Karena tidak bisa bersyukur pada apa yang dipunyai. 

5. Mengejar kesempurnaan

5 Hal yang Menurunkan Kepercayaan Diri, Kejar Kesempurnaanilustrasi wanita (pixabay.com/ailolo)

Orang yang terlalu mengejar kesempurnaan dapat menjadikan kepercayaan diri yang muncul bisa menurun. Karena merasa tak cukup pada yang saat ini ada. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan. 

Sebab hal seperti ini tanpa sadar dilakukan. Orang yang terlalu menuntut sempurna sejatinya tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup. Makanya ia akan merasa percaya diri hanya ketika merasa sempurna.

Untuk hal-hal yang memicu turunnya kepercayaan diri, perlu dijauhi, ya. Contohnya beberapa hal di atas. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Hilangkan Kepercayaan Diri, Hindari!

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya