Comscore Tracker

5 Renungan untuk Kamu yang Mudah Tersinggung

Luaskan hatimu jangan mudah tersinggung

Apakah kamu adalah seseorang yang mudah sekali tersinggung? Jika iya, berarti kamu punya hati yang sensitif. Apa pun yang terjadi dalam hidupmu atau hal-hal yang dikatakan orang lain selalu dimasukkan dalam hati. 

Tak terkecuali hal-hal yang sebenarnya sepele, tapi kamu besar-besarkan hal itu hingga menjadi suatu masalah. Jika sifat itu melekat padamu coba baca tulisan ini untuk jadi bahan renungan agar kamu tak lagi seperti itu. 

1. Bedakan mana kritik yang membangun dan tidak

5 Renungan untuk Kamu yang Mudah Tersinggungilustrasi lelaki merenung (unsplash.com/Fernando)

Orang yang mudah tersinggung selalu menganggap bahwa semua perkataan orang lain itu jahat. Padahal tidak semua begitu, sebenarnya ada banyak kritik yang sebenarnya membangun.

Lantaran kamu yang tidak terbuka dalam pemikiran, alhasil jadiu sulit membedakan mana kritik yang membangun dan tidak. Latihlah mulai sekarang agar dirimu memiliki mental yang kuat.

2. Jangan mudah melayang karena pujian karena itu melelahkan

5 Renungan untuk Kamu yang Mudah Tersinggungilustrasi senang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang sensitif ketika mendapatkan pujian dari orang lain akan sangat bahagia. Kebahagiaan membuat dirinya berbangga diri secara berlebihan. Padahal, ini tidak baik, lho. Sebab, pujian itu bisa membuatmu lupa diri sesaat.

Sebenarnya pujian orang lain hanya sepanjang lidahnya saja. Bisa jadi orang memuji hanya untuk menyenangkan hatimu saja, bukan karena tulus memuji. Jadi, jangan mudah melayang begitu saja ketika diberi pujian, ya.

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Menanggapi Pujian Secara Berlebihan

3. Berhenti berusaha mengontrol perilaku orang lain karena itu sia-sia

5 Renungan untuk Kamu yang Mudah Tersinggungilustrasi menyuruh berhenti (freepik.com/drobotdean)

Orang yang sensitif atau mudah tersinggung sebenarnya memiliki sisi keras kepala. Sebab, biasanya orang seperti ini selalu menginginkan hal yang disenangi dan tidak mentoleransi hal-hal yang tak diinginkan. 

Berusaha menolak semua yang menurutnya tidak baik termasuk perilaku orang lain. Ia tak segan untuk mengontrol perilaku orang lain yang menurutnya tidak pas. Secara tidak langsung hal itu juga memaksa orang lain untuk mengikuti kemauanmu. Padahal itu semua sia-sia, malah membuat diri menjadi terbebani lantaran harus mengatur orang lain.

4. Lebih baik fokus pada diri sendiri agar hidupmu bahagia

5 Renungan untuk Kamu yang Mudah Tersinggungilustrasi bahagia (freepik.com/benzoix)

Kuatkan mentalmu dari sikap mudah tersinggung dengan bangun prinsipmu sendiri. Fokuslah pada apa yang ada dalam dirimu dengan mengembangkan potensi.

Daripada merespon hal yang tak penting dari orang lain, ingatlah utamakan diri itu lebih baik. Sebab, dirimu jauh lebih berharga dari mereka yang harus selalu kamu senangi hatinya.

5. Belajar untuk bersikap bodo amat itu gak ada salahnya

5 Renungan untuk Kamu yang Mudah Tersinggungilustrasi tidak peduli (freepik.com/benzoix)

Orang yang sensitif atau mudah tersinggung akan merasakan capek yang luar biasa. Tenaganya pun terkuras habis karena hal-hal sepele.

Nah, supaya hidupmu lebih tenang, coba terapkan sikap bodo amat pada hal-hal yang seharusnya tak diurus. Tentu, hal itu bisa sekali-kali kamu lakukan agar tidak selalu merasa tertekan.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu renungkan agar dirimu sadar bahwa mudah tersinggung itu tidak baik untuk kehidupanmu seterusnya. Hilangkan sikap itu dan bangkitlah menjadi orang yang bermental kuat.

Baca Juga: 5 Tips Jika Kamu Tidak Ingin Mudah Tersinggung, Tenang

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya