Comscore Tracker

5 Tips Mengakrabkan Diri dengan Orang Baru, Hilangkan Canggung!

Belajar beradaptasi, agar banyak relasi 

Bagi sebagian orang yang canggung, berkenalan dengan orang baru terkadang sulit. Penting untuk kita bisa beradaptasi dengan orang baru karena dengan begitu akan menambah pertemanan.

Banyak yang berkata orang yang pandai bersosialisasi didominasi orang-orang dengan kepribadian ekstrover. Padahal tentu saja tidak, orang yang pemalu juga bisa beradaptasi loh. Penasaran dengan tipsnya? Berikut lima tips hilangkan canggung untuk bisa akrab dengan orang baru.

1. Bertegur sapa dengan ramah 

5 Tips Mengakrabkan Diri dengan Orang Baru, Hilangkan Canggung!ilustrasi menyapa teman (pexels.com/Zen Chung)

Jika kamu bertemu dengan orang baru, bersikaplah ramah dan berikan senyuman terbaikmu. Hal ini dipercaya dapat memancing perhatian lawan bicara.

Selain itu juga, dengan bersikap ramah dan rendah hati menandakan keterbukaan diri yang membuat orang lain ikut terbuka dengan kita. Maka jangan sepelekan hal yang terkesan remeh ini ya, agar kamu bisa memulai langkah awal untuk berkenalan mengakrabkan diri.

2. Tampilkan kepercayaan dirimu 

5 Tips Mengakrabkan Diri dengan Orang Baru, Hilangkan Canggung!ilustrasi mengobrol (unsplash.com/Kevin Laminto)

Percaya diri sangat penting jika kamu ingin mengenal seseorang. Dengan memiliki tingkat kepercayaan diri yang bagus maka orang lain akan senang memulai pembicaraan denganmu.

Orang yang percaya diri akan memudahkan dirinya mendapatkan teman. Dengan percaya diri juga kamu bisa memulai memimpin pembicaraanmu saat perkenalan pertama.

Baca Juga: 5 Manfaat Berlibur Bersama Keluarga, Jadi Lebih Akrab!

3. Jadilah pendengar yang baik 

5 Tips Mengakrabkan Diri dengan Orang Baru, Hilangkan Canggung!ilustrasi mendengarkan (unsplash.com/Linkedln Sales Solution)

Menjadi pendengar yang baik merupakan hal yang terkesan mudah. Namun dalam praktiknya bagi seseorang yang belum terbiasa akan terasa sulit.

Usahakan saat kamu ingin mengenal seseorang jadilah pendengar yang baik. Pendengar yang baik ialah yang selalu menghargai obrolan lawan bicara dan tidak memotongnya. Manfaatnya kamu akan disukai orang yang sedang kamu ajak perkenalan.

4. Cari kesamaan hal yang disukai 

5 Tips Mengakrabkan Diri dengan Orang Baru, Hilangkan Canggung!ilustrasi bercerita (unsplash.com/Christina)

Agar obrolanmu dengan orang yang ingin kamu kenal dapat berlangsung dengan baik dan lancar, carilah suatu topik pembahasan yang menarik. Dan yang paling penting itu, topik menarik yang sama-sama sedang disukai.

Cari tahu topik apa yang disukai lawan bicaramu dan kembangkan menjadi sebuah obrolan. Dengan begitu fase perkenalanmu akan semakin hangat dan mengalir.

5. Hindari topik negatif 

5 Tips Mengakrabkan Diri dengan Orang Baru, Hilangkan Canggung!ilustrasi mengobrol (unsplash.com/Brooke Cagle)

Ketika obrolan dengan orang yang ingin kamu kenal sedang berlangsung, jangan coba-coba membahas topik negatif, sebab kamu akan dinilai sebagai seseorang yang tidak baik.

Kesan pertama sangat menentukan diterima atau tidaknya dirimu sebagai orang baru untuk lawan bicaramu. Pastikan pembahasan yang kamu pilih adalah positif.

Itu tadi beberapa tips agar mudah akrab dengan orang baru. Tips tersebut bisa kamu kembangkan sesuai keinginanmu yang pastinya bisa meangakrabkan diri dengan orang baru. Yuk, coba terapkan!

Baca Juga: 5 Manfaat Jika Mencoba Mengobrol dengan Orang yang Lebih Tua

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya