Comscore Tracker

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20

Dewasalah dan berbahagialah!

Memasuki usia 20 merupakan awal perjalanan hidup yang sesungguhnya. Ada banyak perubahan yang terjadi baik dari segi fisik maupun segi psikis. Menjadi dewasa berarti menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Ada beberapa hal yang harus bisa kamu hentikan saat beranjak dewasa.

Berikut beberapa kebiasaan yang harus kamu tinggalkan saat menginjak usia 20.

1. Membandingkan diri dengan orang lain

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/brucemars

Mari berdamai dengan dirimu sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan menimbulkan pikiran negatif yang membawa perasaan tidak bahagia. Tetaplah jadi diri sendiri dan syukuri segala hal yang ada pada dirimu, ya?

2. Bergantung pada orang lain

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/moosephotos

Semakin dewasa maka kamu harus melatih diri untuk tidak bergantung pada orang lain, termasuk pada kedua orangtuamu. Kamu harus belajar mandiri dan menentukan jalan hidupmu sendiri. Gantungkan harapan pada Tuhan dan fokuslah untuk meraihnya.

3. Mengeluh

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/energepic.com

Kebiasaan mengeluh adalah kebiasaan buruk yang harus segera kamu tinggalkan, millenials. Usia 20 adalah usia produktif yang harus kamu isi dengan energi positif dan hal-hal bermanfaat. Pacu potensi dirimu dan jadilah lebih baik.

4. Memaksakan kehendak pada orang lain

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/rawpixel.com

Kamu tidak dapat memaksakan kehendak sesuka hatimu terhadap orang lain. Kamu harus menjadi orang yang toleran dan menghargai orang lain. Memaksakan kehendak akan membuat orang di sekitarmu menjadi tidak suka padamu, lho.

Baca Juga: Catat! Ini 8 Life Goals yang Harus Kamu Raih Saat Berada di Usia 20an

5. Menyalahkan orang lain

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20Pexels/VeraArsic

Buang jauh-jauh sikap burukmu yang satu ini, ya. Memang sangat mudah melempar kesalahan pada orang lain, namun sulit untuk melihat kesalahan sendiri. Semakin dewasa kamu harus lebih peka terhadap perasaan orang lain sebelum nanti menyesalinya.

6. Sensitif berlebihan

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/rawpixel.com

Pribadi yang sensitif adalah hal yang wajar. Namun, di usia 20 ini kamu harus lebih menempa mental dan perasaan untuk lebih kuat dan tegar. Jangan mudah goyah dengan perkataan atau sikap sensi seseorang. Kamu harus lebih santai dalam menanggapi hal-hal begitu.

7. Marah berlebihan

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/pexelslicense

Apabila sudah terlanjur sensitif dan sakit hati, maka kamu harus bisa mengontrol emosimu. Jangan sampai emosimu membuat hubungan pertemananmu menjadi rusak. Belajarlah untuk saling memaafkan.

8. Menyia-nyiakan hidupmu

8 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Saat Menginjak Usia 20pexels/GeorgeDolgikh

Tidak akan datang kesuksesan pada mereka yang bermalas-malasan. Jangan hanya tiduran, carilah kegiatan produktif untuk mengisi waktu luangmu. Kamu harus segera memulai, sebelum semua terlambat dan kamu hanya bisa menyesalinya.

Nah, itu tadi kebiasaan yang harus mulai kamu tinggalkan ya, millenials. Yuk semangat menjadi pribadi yang lebih baik!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Belum Ketemu Jodoh di Usia 20an Itu Bukan Akhir Dunia

Marissa Yolanda Photo Community Writer Marissa Yolanda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You