Comscore Tracker

5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah 

#IDNTimesLife Asal caranya benar dan tujuannya baik 

Mendengar seseorang punya cita-cita menjadi orang kaya dan tenar mungkin bikin risi sebagian orang. Terkesan terlalu mengejar kesenangan dunia dan mementingkan diri sendiri. Namun benarkah begitu? Atau sebenarnya kita hanya terlalu cepat berburuk sangka?

Nah, kalau kamu juga punya keinginan menjadi orang kaya dan tenar, kamu gak perlu lagi merasa malu. Sejauh kamu berusaha mewujudkannya dengan cara-cara yang benar dan punya tujuan baik, itu malah bagus. Ini 5 alasannya.

1. Kalau kita kaya, kita gak jadi beban buat orang lain 

5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah Pexels.com/cottonbro

Penting banget lho, untuk kita bisa berdiri di atas kaki sendiri. Sebab kalau mau menggantungkan hidup pada orang lain, belum tentu juga ada yang bisa dan mau dijadikan tempat bergantung, kan? Semua orang punya kebutuhan hidup masing-masing.

Terlebih kalau kita sudah pernah merasakan betapa susahnya hidup dengan keterbatasan ekonomi. Kita tentu ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Bisa dibilang, berusaha menjadi mapan itu kewajiban. Berlebih dalam harta itu bonus.

2. Bukannya jadi beban, kita malah bisa menolong banyak orang 

5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah Unsplash.com/thisisengineering

Memang, gak kaya secara harta pun kita masih bisa menolong orang lain. Tinggal mau atau gak. Namun tentu saja kita akan lebih leluasa melakukannya jika secara materi lebih mapan.

Ada lebih banyak orang yang bisa ditolong, tanpa mengganggu pemenuhan kebutuhan kita sendiri. Sehingga kekayaan kita juga bermanfaat untuk orang banyak. Gak perlu terlalu khawatir sifat kikir akan tumbuh seiring harta yang dimiliki.

Khawatirlah jika kita sebenarnya punya potensi besar, tetapi gak bisa memaksimalkannya untuk diri sendiri maupun orang lain.

3. Sedikit banyak, harta yang dimiliki juga penting untuk masa depan anak-anak kita 

5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah Pexels.com/cottonbro

Siapa pun tahu hidup ini gak selamanya. Kita akan menua, sakit-sakitan, lalu dari ada menjadi tiada. Dan saat itu terjadi, kapan pun waktunya, meninggalkan anak-anak dengan bekal yang cukup jelas lebih baik ketimbang sebaliknya.

Pendidikan karakter tentu amat penting sebagai fondasi mereka melangkah. Namun soal materi juga gak bisa dipandang sebelah mata. Pasangan dan anak-anak kita membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan melanjutkan pendidikan.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Diprediksi Lapang Rezeki, Makin Kaya di 2021 

4. Dengan ketenaran yang dimiliki, kita lebih bisa memengaruhi orang lain dalam kebaikan 

5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah Unsplash.com/laurachouette

Setelah kekayaan, sekarang kita beralih ke soal popularitas. Benar, kita gak perlu menghalalkan segala cara demi mengejar ketenaran. Namun jika berkesempatan menjadi orang tenar, kita punya pengaruh yang lebih besar ketimbang kebanyakan orang.

Pilihan ada di tangan kita. Kita bisa bersikap masa bodoh akan dampak popularitas kita. Namun kita juga bisa menjadikannya modal besar untuk memengaruhi orang lain dalam kebaikan. Kata-kata kita lebih didengar dan setiap tindakan kita mendapatkan perhatian.

5. Saat kita bisa kaya, tenar, sekaligus tetap rendah hati dan punya jiwa sosial; kita akan menjadi panutan orang-orang 

5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah Pexels.com/olly

Tentu saja gak ada orang yang sempurna. Akan tetapi dalam hidup ini, kita harus punya keinginan untuk terus berusaha mendekati kesempurnaan itu. Janganlah hidup sekali kelewat pasrah.

Kita punya kehendak, kebebasan untuk memilih di samping ada takdir yang sudah digariskan. Kalau kita bisa kaya, tenar, tetap rendah hati, dan punya jiwa sosial; orang-orang akan terinspirasi.

Bukan berarti sejak awal kita terlalu ingin dicontoh oleh orang lain. Namun bila kita bisa menjadi magnet yang menarik mereka, mengapa tidak? Makin banyak orang yang tergerak setelah melihat sepak terjang kita, akan makin besar pula akibat positif yang tercipta.

Jadi, ayo hidupkan mimpimu! Bekerjalah dengan lebih giat dan bersungguh-sungguhlah dalam berkarya. Niatkan hidupmu agar bemanfaat untuk orang banyak.

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Diperlukan Agar jadi Kaya Raya, Wajib Dipelajari!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya